Insan Petrokimia Gresik Terapkan Pancasila Sebagai Landasan Nilai Akhlak

01 Juni 2022 11:30 / Komunikasi Korporat PG / 611x dilihat

Indonesia peringati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni. Istilah Pancasila mulai diperkenalkan dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Cosakai. Penetapan pancasila melalui sejarah panjang hingga menjadi sebagai dasar negara dan ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Pancasila adalah suatu ideologi dan dasar negara Indonesia yang menjadi landasan dari segala keputusan bangsa dan mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Sehingga arti Pancasila secara harfiah adalah bulir – bulir yang dicetuskan oleh para pendiri bangsa dengan tujuan agar Indonesia mempunyai pondasi yang kuat dalam menjalankan pemerintahan. Artinya, dengan adanya Pancasila maka Indonesia memiliki dasar atau pondasi dalam bernegara sehingga tidak mudah dipengaruhi dan dijajah oleh bangsa lain. Dasar negara Indonesia tersebut dilambangkan dengan Garuda dimana terdapat gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas, yang mencerminkan arti dari kelima butir Pancasila.

Menyadari akan pentingnya peran Pancasila untuk bangsa Indonesia membuat Menteri BUMN, Erick Thohir, merancang AKHLAK sebagai core values bersama bagi Kementerian BUMN, BUMN, dan Anak Peusahaan BUMN. AKHLAK sendiri dibentuk melalui makna lima sila Pancasila yang menjadi landasan nilai inti dari AKHLAK. Banyak perwujudan nilai luhur dalam konteks budaya kerja yang diturunkan melalui core value AKHLAK pada semua perusahaan BUMN, salah satunya Petrokimia Gresik. Nilai AKHLAK ini telah diterapkan pada selurun Insan Petrokimia Gresik, baik secara individu maupun kolektif. Petrokimia Gresik juga memiliki visi yaitu “Menjadi Produsen Pupuk dan Produk Kimia Lainnya yang Berdaya Saing Tinggi dan Produknya Paling Diminati Konsumen”, didukung dengan misi yang dimiliki Petrokimia Gresik, yaitu “Mendukung Penyediaan Pupuk Serta Meningkatkan Hasil Usaha dan Mengembangkan Potensi Usaha Milik Perusahaan”.

AKHLAK yang menjadi value di Petrokimia Gresik merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Enam kata tersebut memilki makna yang berarti dan isinya menyerupai dengan apa yang terkandung dalam nilai Pancasila.

Amanah

Memegang teguh kepercayaan yang diberikan serta bertanggung jawab terhadap wewenang dan kewajiban, konsisten antara perkataan dan perbuatan seta mematuhi peraturan yang berlaku di perusahaan.

Kompeten

Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas dalam meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah dan menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik serta dapat mengelola waktu dalam penyelesaian pekerjaan.

Harmonis

Saling peduli dan menghargai perbedaan dari tiap orang apapun latar belakangnya dan membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Loyal

Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta menjaga nama baik sesama karyawan, pimpinan BUMN, dan negara.

Adaptiif

Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan hingga cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik.

Kolaboratif

Membangun kerja sama yang sinergis dan memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi hingga menghasilkan hasil yang lebih baik.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di lingkungan Petrokimia Gresik dapat dijadikan sebagai cerminan Insan Petrokimia Gresik dalam penerapan nilai AKHLAK pada kehidupan sehari-hari. (*/Fidela/WA)

Berita Terbaru

30 Sep 2022
Menteri BUMN Erick Thohir Apresiasi Program "Sekolah Makmur" Petrokimia Gresik
30 September 2022 17:01 / Komunikasi Korporat PG / 31x dilihat
25 Sep 2022
Satu Tahun Mangga Petrokimia Gresik Menyasar Pelajar SD Di Sekitar Perusahaan
25 September 2022 14:32 / Komunikasi Korporat PG / 24x dilihat
25 Sep 2022