Evaluasi Penerapan GCG

Perusahaan melakukan penilaian penerapan GCG (GCG assessment) dengan tujuan mengukur kedalaman implementasi praktek GCG sekaligus mendapatkan umpan balik bagi perbaikannya di masa mendatang. Pengembangan dan penerapan GCG merupakan wujud komitmen perusahaan untuk meningkatkan keberhasilan usaha dan akuntabilitasnya dalam jangka panjang yang diharapkan dapat meningkatkan nilai perusahaan, berupa peningkatan kinerja dan penciptaan kinerja perusahaan yang baik. Penilaian penerapan GCG (GCG Assessment) dilakukan oleh Assessor Eksternal dan Assessor Pupuk Indonesia Group yang pelaksanaannya dikoordinir oleh PT Pupuk Indonesia (Persero) dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:

  1. Berdasarkan Keputusan Sekretaris Kementerian BUMN Nomor: SK-16/S.MBU/2012 tentang Indikator Parameter Penilaian dan Evaluasi Atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) Pada Badan Usaha Milik Negara yang diterbitkan pada tanggal 6 Juni 2012 (BUMN Scorecard).
  2. Berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI Index) oleh The Indonesian Institute Of Corporate Governance (IICG).

Penilaian berdasarkan SK-16/S.MBU/2012, PT Petrokimia Gresik memperoleh kategori “Sangat Baik” dalam 3 tahun terakhir dengan skor, sebagai berikut :

Penilaian berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI) oleh The Indonesian Institute of Corpaporate Governance (IICG), sebagai berikut :

Tahun
Tema

Kategori

Skor
2011GCG Dalam Perspektif manajemen Risiko
.....
Trusted Company
.....
80,04
2013GCG Dalam Perspektif Organisasi Pembelajar

Trusted Company

80,40
2015GCG Dalam Perspektif Nilai Tambah

Trusted Company

81,65
2018Transformasi Model Bisnis Dalam Kerangka GCG

Trusted Company

83,78