Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Sebagai Obyek Vital Nasional Sektor Industri, PT Petrokimia Gresik menempatkan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai komitmen yang tercermin dalam urutan pertama Tata Nilai Perusahaan (Corporate Values).

Penerapan K3 dalam berbagai program kerja terus diupayakan untuk mencapai Safety, Health, Environmental (SHE) Excellence” sebagai faktor pendukung penerapan “Operation Excellence” di PT Petrokimia Gresik.

Komitmen Manajemen Puncak dalam hal penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja tertuang dalam integrasi sistem manajemen dalam bentuk “Kebijakan Sistem Manajemen PT Petrokimia Gresik”, sebagaimana tercantum di bawah ini.

KEBIJAKAN SISTEM MANAJEMEN PT PETROKIMIA GRESIK

PT Petrokimia Gresik bertekad menjadi produsen pupuk dan produk kimia lainnya yang berdaya saing tinggi dan produknya paling diminati konsumen, dengan kinerja unggul dan berkelanjutan, melalui penerapan berbagai sistem manajemen antara lain: Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Sistem Manajemen Keselamatan Proses, Sistem Manajemen Lingkungan, Sistem Manajemen Mutu, Sistem Manajemen Energi, Sistem Jaminan Halal, Sistem Manajemen Keamanan Pangan serta Sistem Manajemen Pengamanan secara terintegrasi dengan komitmen:

  1. Menempatkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) sebagai priorotas utama dalam setiap aktifitas dan seluruh kegiatan siklus hidup produk.
  2. Mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta kerusakan sarana dan prasarana dengan mengilangkan atau mengurangi risiko melalui analisa dan pengendalian semua potensi bahaya serta peningkatan kompetensi karyawan sehingga tercipta budaya dan sistem kerja yang aman.
  3. Melakukan pengendalian aspek dampak lingkungan yang didasarkan pada perspektif siklus hidup. Melakukan penge-lolaan, perbaikan dan perllindungan secara terus menerus guna mencegah dampak pencemaran lingkungan signifikan dengan upaya pengurangan pencemaran emisi konvensional dan emisi Gas Rumah Kaca (GRK), efisiensi air dan pe-ngurangan beban pencemaran air limbah, pengurangan dan pemanfaatan limbah B3, reduce, reuse, recycle (3R) limbah padat non B3, pemanfatan sampah serta perlindungan keanekaragaman hayati.
  4. Menjamin kepuasan pelanggan dengan menyediakan produk pupuk, produk kimia dan jasa tepat mutu, tepat jumlah, tepat jenis, tepat tempat, tepatwaktu, dan tepat harga.
  5. Mentaati dan mematuhi Peraturan Perundangan dan persyaratan lainnya yang berlaku; tanggap terhadap isu-isu K3, lingkungan global dan konservasi sumber daya alam; menerapkan Responsible Care dan Corporate Social Responsibility (CSR).

Beberapa program kerja dan sistem yang telah dan akan diimplementasikan di PT Petrokimia Gresik untuk mencapai “SHE Excellence” di bidang Petrochemical dan Manufacture, antara lain :

  1. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), berdasarkan PP 50/2012
  2. Responsible Care Indonesi (RCI)
  3. International Fertilizer Association (IFA) Product and Stewardship Program
  4. ISO 45001:2018 Safety Management System
  5. ISO 14001:2015 Enviroment Managemen System
  6. Zero Accident
  7. LTI-free manhours
  8. Program Pola Hidup Sehat (PHS)
  9. Contractor Safety Management System (CSMS)
  10. Process Safety Management (PSM) OSHA 3132
  11. Behaviour Based Safety (BBS)
  12. Petro Virtual Sport (PVS) bersama VIRAL500K (supported by Strava)
  13. Lomba dalam rangka Bulan K3 Nasional

BAGIAN PEMADAM KEBAKARAN

Departemen LK3 PT Petrokimia Gresik memiliki Bagian Pemadam Kebakaran yang berkewajiban untuk mengidentifikasi dan mitigasi potensi risiko kebakaran, menyediakan dan melakukan pemeriksaan berkala terhadap peralatan pemadam kebakaran di seluruh area perusahaan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan tentang penanggulangan kebakaran kepada semua karyawan dan mitra kerja PT Petrokimia Gresik.

Bagian Pemadam Kebakaran juga merupakan pusat Rescue and Response Team PT Petrokimia Gresik.

Sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) dan wujud kepedulian terhadap warga sekitar perusahaan, Tim Pemadam Kebakaran, serta Resque and Response Team PT Petrokimia Gresik siap memberikan bantuan pertolongan apabila terjadi kebakaran di lokasi warga dengan radius sekitar 5 km dari wilayah perusahaan.

Permintaan bantuan dapat dilakukan melalui nomor telpon : 031-3982100, 3982200, pesawat 1222, dan 2222

updated 17092019