Program Unggulan



Sumbersari Industri Sapi (Suri Insap)
Pemberdayaan masyarakat peternak sapi dalam memanfaatkan potensi peternakan dan pertanian di Desa Sumbersari melalui pengembangan usaha kelompok ternak untuk peningkatan ekonomi dan kemandirian masyarakat.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas peternak muda dalam mengelola dan memasarkan produk ternak sapi dan usaha lainnya, serta menjadi tempat edukasi peternakan sapi yang layak dikunjungi.

Kampung Pisang

Pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan melalui optimalisasi potensi pohon pisang di Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo, Lamongan, dengan tujuan penciptaan desa wisata untuk peningkatan ekonomi dan kemandirian masyarakat.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, menciptakan hubungan sosial yang terarah, serta menciptakan circular economy.

Ekowisata Mangrove Kali Lamong
Pemberdayaan masyarakat pesisir di Kali Lamong, Lamongan, melalui ekowisata mangrove untuk pelestarian sempadan sungai, penataan lingkungan kumuh dan terciptanya alternatif lapangan kerja.

Program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat desa yang tinggal di sempadan sungai, pelestarian sempadan pantai, sempadan sungai dan pulau kecil (Pulau Galang), penataan kawasan kumuh di bantaran sungai, serta terciptanya alternatif lapangan kerja.


Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove Mengare
Pemberdayaan masyarakat pesisir melalui konservasi ekosistem untuk mengurangi laju abrasi, meningkatkan produktivitas perikanan dan terciptanya alternatif lapangan pekerjaan, sarana penelitian melalui eduwisata pesisir terpadu.

Program ini bertujuan mengurangi laju abrasi laut, memperbaiki kondisi dan lingkungan untuk kegiatan perikanan, pengembangan kapasitas masyarakat mengenai pengelolaan lingkungan, menjadi objek edu-wisata baru di wilayah Kabupaten Gresik.


Bestro
Beasiswa Petro (Bestro) full cover diberikan kepada siswa-siswi berprestasi dari keluarga kurang mampu di sekitar perusahaan. Program ini bertujuan untuk mendukung pengembangan SDM warga sekitar untuk menempuh pendidikan lebih tinggi dan memaksimalkan potensi akademik dan non akademik.

Pada tahap awal, Petrokimia Gresik mengirimkan surat pemberitahuan dan formulir
pendaftaran kepada sekolah yang dituju. Selanjutnya, pihak sekolah melakukan penja- ringan awal kepada siswa-siswi SMA/SMK berprestasi di bidang akademik serta memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Selanjutnya, peserta akan melewati serangkaian seleksi yang dilakukan oleh Petrokimia Gresik.

Untuk Bestro S1, Petrokimia Gresik memberikan uang kuliah dan operasional sampai lulus. Sedangkan untuk jenjang SMA/K diberikan uang operasional pendidikan sampai dengan kelulusan. Program ini berjalan sejak tahun 2012 untuk jenjang S1 dan tahun 2014 untuk jenjang SMA/K.

Hingga tahun 2020, peserta program Bestro untuk jenjang S1 berjumlah 115 orang dengan total nilai beasiswa mencapai Rp13,1miliar. Sedangkan untuk jenjang SMA/SMK sejumlah 221 orang dengan total nilai beasiswa Rp6,2miliar.


Kampung Sehat
Kampung Sehat merupakan program kesehatan yang menjadi media preventif, promotif, dan kuratif untuk meningkatkan kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat masyarakat sekitar perusahaan yang selaras dengan The Sustainable Development Goals (SDGs) 3 : Good Health and Well Being.

Dalam pelaksanaannya, PT Petrokimia Gresik bekerjasama dengan Rumah Sakit Grha Husada. Program ini juga melibatkan Kader Kesehatan di Kelurahan/Desa, Posyandu, Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik.

Kampung Sehat telah dimulai sejak tahun 2012, dan hingga tahun 2017 kegiatan berfokus pada tindakan kuratif dengan mengadakan pengobatan gratis. Tahun 2018, Kampung Sehat berfokus pada tindakan preventif dengan mengadakan penyuluhan rutin berbagai tema setiap bulannya. Tahun 2019-2020 program disusun berdasarkan pedoman pencapaian Indikator Keluarga Sehat (IKS) dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan tujuan preventif dan promotif kesehatan.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya, Senam GERMAS rutin setiap minggu, pemberian makanan tambahan dan vitamin balita, bantuan mini medical checkup (Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat, mural ajakan hidup sehat, pemeliharaan TOGA, pengobatan gratis dan vaksinasi influenza, khitan gratis, Sekolah Kader Kampung Sehat , dan Terapi Anak Berkebutuhan Khusus.


Lolapil
Loka Latihan dan Keterampilan (Lolapil) sudah dilaksanakan sejak tahun 1981, diresmikan oleh Menteri Perindustrian Abdul Raoef Soehoed dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Harun Al Rasyid Zain pada 7 April 1981 di Gresik.

Program ini merupakan bentuk dukungan Petrokimia Gresik terhadap program pemerintah yang tengah menggalakkan pendidikan dan pelatihan industri berbasis kompetensi guna menjawab tuntutan industri dan persaingan global.

Peserta merupakan siswa lulusan SMA/sederajat yang terlebih dulu lulus tahap seleksi Lolapil yang cukup ketat. Peserta mendapat pendidikan dan pelatihan praktis dan intensif selama 6 (enam) bulan. Mereka dididik menjadi tenaga muda terampil, profesional dan siap kerja di industri.

Selain pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman kerja atau hard competency, siswa juga mendapat materi soft competency seperti pembentukan sikap, perilaku, kedisiplinan, pembinaan fisik, hingga mental.

Hingga saat ini, Petrokimia Gresik telah meluluskan 1.371 orang tenaga terampil di berbagai bidang keahlian, seperti ahli las, bubut, analis kimia, listrik, instrumen, mekanik, alat berat, otomotif dan lainnya. Saat ini, mereka telah bekerja di berbagai perusahaan sesuai bidangnya, baik di Petrokimia Gresik maupun perusahaan lainnya.


Updated, 10022021