PG Peduli Pendidikan, Bunda PAUD Jadi Sasaran

20 November 2017 13:56 / Humas PG / 5741x dilihat

Sebanyak 50 peserta pelatihan, tengah hadir di ruang Auditorium Departemen Pengembangan SDM PG pada hari ini, Senin (20/11). Pelatihan ini ditujukan untuk para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kelompok Belajar (KB) maupun Taman Kanak-Kanak (TK), atau biasa disebut Bunda PAUD. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara PG dengan IHF (Indonesia Heritage Foundation) yang telah berlangsung sejak tahun 2009.

Pelatihan ini dilaksanakan mulai tanggal 20-23 November 2017. Kegiatan ini meliputi pelatihan di dalam kelas selama tiga hari dan diakhiri dengan kunjungan lapangan ke TK/PAUD Persatuan di Tuban pada hari terakhir. Hadir GM Umum PG, Dwi Tjahjo Juniarto, didampingi Sekretaris Perusahaan, Yusuf Wibisono, mewakili manajemen PG secara resmi membuka rangkaian acara yang akan dilaksanakan selama 4 hari ini. “Pelatihan dengan tema Pendidikan Holistik Berbasis Karakter ini merupakan salah satu bentuk program CSR bidang pendidikan. Semoga ini dapat bermanfaat bagi para guru PAUD dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang berkarakter, cerdas dan kreatif,” ungkap GM Umum Dwi Tjahjo.

Manager CSR, Sugito Siswojo, dalam laporannya menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan kali ke-lima dilaksanakan. Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan serupa di tahun 2009 yang diikuti 19 guru dari 11 sekolah, tahun 2011 diikuti 34 guru dari 7 sekolah, tahun 2013 diikuti 47 guru dari 25 sekolah, tahun 2015 diikuti 57 guru dari 29 sekolah dan kini kembali digelar pada tahun 2017 dengan diikuti oleh 50 guru dari 43 sekolah. Kegiatan rutin dua tahun sekali ini telah diikuti oleh sekolah yang ada di Kecamatan Gresik, Kebomas dan Manyar Kabupaten Gresik serta Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. “Tahun ini terdaftar 50 peserta pelatihan yang berasal dari 43 sekolah. Khusus untuk sekolah yang baru terdaftar menjadi peserta di tahun ini, kami akan beri bantuan hibah peralatan edukasi, seperti sekolah-sekolah lain di tahun sebelumnya,” terang Manager CSR Sugito.

Turut hadir pula Camat Gresik, Nurul Puspita Wardani, dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Edi Djauhari, “Lembaga yang berkualitas itu harus aman bagi keselamatan anak-anak didik, suasananya kondusif untuk belajar, nyaman dan menyenangkan. Terima kasih kepada PG yang tetap konsisten dalam mendukung dunia pendidikan khususnya di wilayah sekitar perusahaan,” tutur Edi.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu wujud kepedulian perusahaan di bidang pendidikan, khususnya di tingkat PAUD/KB/TK. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru PAUD/KB/TK dalam membentuk karakter dasar terhadap anak-anak di usia emas.

PG bekerjasama dengan IHF dalam melaksanakan pelatihan ini. IHF merupakan organisasi nirlaba/non profit yang didirikan oleh Dr. Ratna Megawangi dan Dr. Sofyan Djalil, pada bulan Juni tahun 2000. Kegiatan yang dilakukan IHF meliputi Program Semai Benih Bangsa, Pendidikan Holistik Berbasis Karakter, Sekolah Karakter, dan pelatihan yang mencoba membuat terobosan-terobosan baru bagaimana mewujudkan insan berkarakter mulia melalui pendidikan 9 Pilar Karakter, serta pengembangan beberapa strategi pendidikan untuk menciptakan generasi kreatif dan berdaya pikir tinggi (Higher Order Thinking Skills) untuk mewujudkan bangsa berkarakter, cerdas, dan kreatif. Ria Hermila

Berita Terbaru

14 Mar 2024
Anugerah BUMN 2024 Petrokimia Gresik Menjadi Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam Transformasi Digital
14 Maret 2024 08:40 / Komunikasi Korporat PG / 396x dilihat
11 Mar 2024
NPK Phonska Plus & Urea Petro Menjadi Merk yang Dipilih dan Direkomendasikan Petani
11 Maret 2024 08:26 / Komunikasi Korporat PG / 758x dilihat
07 Mar 2024
Menyambut Ramadan 1445h, Petrokimia Gresik Salurkan Bantuan Untuk Ratusan Tempat Ibadah dan Lembaga Sosial
07 Maret 2024 11:08 / Komunikasi Korporat PG / 481x dilihat