Tim Proliga 2024 Voli Putri Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia Resmi Diluncurkan, Optimis Juara I

18 April 2024 10:40 / Komunikasi Korporat PG / 5911x dilihat

Menyambut kompetisi Proliga 2024, Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia meluncurkan tim bola voli putri "Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia" atau GPPI. Grand launching dilakukan langsung oleh Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo di Gresik, Jawa Timur, Rabu (17/4/2024)sore.

Dwi Satriyo menyampaikan bahwa, grand launching ini menjadi salah satu bukti bahwa Petrokimia Gresik memiliki kepedulian yang besar bagi prestasi olahraga di tanah air. Termasuk voli yang menjadi concern Petrokimia Gresik sejak 22 tahun atau lebih dari dua dasawarsa silam.

"Kami juga bersyukur, saat ini dengan prestasi yang banyak diraih, tim putri bola voli GPPI menjadi kebanggaan bagi masyarakat Gresik. Tentu hal ini berdampak positif bagi perusahaan yang memiliki komitmen untuk memajukan olahraga di Indonesia," tandas Dwi Satriyo.

Ia menambahkan, Pupuk Indonesia sebagai perusahaan induk dari Petrokimia Gresik juga memainkan peran penting dalam tim klub bola voli ini. Melalui produk unggulan Phonska Plus yang menjadi sponsor bagi Persatuan Bola Voli (PBV) Petrokimia Gresik pada Proliga 2024, diharapkan Phonska Plus dapat membawa atmosfer positif dan semangat bagi pemain untuk memperoleh hasil maksimal.

"Dengan dukungan Phonska Plus yang menjadi produk andalan kami, Petrokimia Gresik dapat meneruskan komitmen penuh dalam mendukung tim PBV Petrokimia Gresik. Berbagai dukungan yang kami lakukan yaitu dengan menyediakan fasilitas lengkap untuk latihan, memberikan bimbingan pelatihan intensif, serta menjaga kualitas asupan para pemain, yang kami pastikan bergizi dan seimbang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PBV Petrokimia Gresik, Koko Sudiro menyampaikan bahwa GPPI dibentuk dengan komposisi lengkap, terdiri dari pemain asing, pemain nasional, dan pemain binaan. Tim telah melakukan pelatihan secara intensif di bawah asuhan Pedro Bertholomeus Lilipaly selaku Kepala Pelatih.

Adapun pemain asing yang memperkuat GPPI yaitu Bohdana Annisova dari Ukraina dan Polina Rahimova asal Azerbaijan. Selain itu, juga diperkuat dua pemain tim nasional (timnas), antara lain Aulia Suci N dan Mediol S. Yoku. Turut memperkuat juga Shintia Alliva Maulidina yang pernah masuk dalam timnas, serta Dhea Cahya Pitaloka yang pernah mencicipi training center timnas.

Pemain berikutnya yang menjadi line up tim GPPI untuk Proliga 2024 antara lain Nabila Purwita, Bela Sabrina, Siti Romadhani, Ria Mayasari, Alridhania Risqamara, Ajeng Nur Cahya, Geofanny Eka Cahyaningtyas, Putri Nur Hidayanti Agustin, dan Janitra Ascarya. Sementara pemain yang disiapkan untuk cadangan yaitu Lasta Nurantara dan Anggun Anggraini.

Koko menambahkan, tim ini dibentuk sekaligus sebagai wadah pembinaan. PBV Petrokimia Gresik membagi pembinaan dalam tiga jenjang yaitu Academy, Junior dan Profesional. Klasifikasi dibedakan berdasarkan usia, kualifikasi, dan pengalaman pemain.

"Proliga 2024 ini akan menjadi acuan pengembangan tim menjadi yang lebih baik serta meningkatkan program pembinaan bagi atlet-atlet muda untuk menunjang prestasi tim PBV Petrokimia Gresik yang akan dicapai di masa depan," terangnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, menyambut Proliga 2024 pihaknya telah melakukan pengembangan kompetensi baik individu maupun secara tim. Ia pun optimistis bisa meraih target sebagai Juara I.

Menurutnya target ini realistis karena pada Proliga 2022 sebelumnya tim binaanya mendapatkan Juara II, dan Proliga 2023 pada posisi Peringkat III. Selain itu timnya telah menjuarai Livoli Divisi Utama 2023 bulan Desember kemarin dan Juara Piala Gubernur Jawa Tengah Februari 2024. Terbaru, akademinya yang dikenal dengan nama Petrokimia Volleyball Academy juga menjadi yang terbaik atau Juara 1 di ajang Nusantara Cup 2024 yang juga digelar oleh PBVSI Pusat.

"Tentu kemenangan ini mampu memotivasi seluruh pemain voli binaan Petrokimia Gresik untuk terus berprestasi di ajang-ajang berikutnya, termasuk di Proliga 2024," tandasnya.

Sementara Kepala Pelatih, Pedro membenarkan jika tim GPPI dalam laga Proliga 2024 nanti diisi pemain muda. Kendati demikian, ia meyakini timnya mampu memberikan performa terbaik untuk menjadi juara.

"Pemain muda-muda semua ini, satu usia. Apalagi kita ditambah Teh Sinsin (Shintia Alliva Maulidina) dan Teh Au (Aulia Suci N). Kita akan berjuang semaksimal mungkin untuk prestasi kedepan," ujarnya.

Launching Academy dan Apparel

Dalam grand launching ini juga dilakukan peluncuran Petrokimia Volleyball Academy sebagai bentuk komitmen untuk menciptakan atlet dan talenta muda di bidang voli. Petrokimia Volleyball Academy merupakan sebuah akademi bola voli U-15 di bawah binaan Petrokimia Gresik.

Pendaftaran untuk akademi ini dimulai pada tanggal 17 hingga 30 April 2024 secara online yang dapat dilihat melalui akun Instagram @petrovoli.academy. Selain mendapatkan fasilitas yang memadai, para peserta akademi juga mendapatkan kesempatan berlatih dengan pemain profesional dan terlibat dalam event voli sebagai panitia (Livoli dan Proliga).

Selain itu, dalam grand launching ini juga digelar peluncuran apparel yang akan digunakan seluruh pemain saat bertanding dalam Proliga 2024. GPPI bekerja sama dengan brand lokal ALITO SPORTWEAR yang merupakan Official Apparel PBV Petrokimia Gresik dan KARGE FOOTWEAR atau Offical Shoes PBV Petrokimia Gresik sebagai bentuk sinergi. Kerja sama ini juga selaras dengan tema grand launching tim, yaitu "Synergy of Rising Stars".

Adapun Proliga sendiri merupakan kompetisi bola voli profesional tahunan di Indonesia yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2002. Keikutsertaan Petrokimia Gresik di tahun 2024 mendatang merupakan yang ke-21 setelah absen satu kali di tahun 2020 dan ditiadakannya kompetisi tahun 2021 karena pandemi Covid-19.

Berita Terbaru

08 Jun 2024
Peringati Hari Lingkungan Hidup, Petrokimia Gresik Komitmen Perangi Sampah Plastik
08 Juni 2024 07:53 / Komunikasi Korporat PG / 102x dilihat
04 Jun 2024
Petrokimia Gresik Hadirkan Program TJSL Solutif untuk Kesejahteraan Masyarakat yang Berkelanjutan
04 Juni 2024 08:33 / Komunikasi Korporat PG / 125x dilihat
03 Jun 2024