15 Hari Mengabdi, Tim Medis Satgas Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur Tangani Lebih Dari 2.100 Warga Terdampak Gempa di Bawean

08 April 2024 21:42 / Komunikasi Korporat PG / 589x dilihat

Selama 15 hari mengabdi, tim medis dan relawan yang diberangkatkan Petrokimia Gresik bersama Satgas Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur, dan Anggota Satgas lainnya telah membantu pemulihan sebanyak 2.126 warga terdampak gempa bumi di Bawean. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur, Senin (8/4/2024).

"Masa pemulihan juga menjadi masa berat yang harus dilalui bagi masyarakat Bawean pascabencana gempa bumi. Apalagi bagi mereka yang berada di pengungsian, tentu membutuhkan pengawasan atau perhatian ekstra secara medis dan psikologis," ujar Dwi Satriyo.

Ia menambahkan, dari laporan tim medis yang bertugas di Bawean, pasien tersebut berasal dari berbagai usia, mulai dari balita hingga lansia. Rata-rata masyarakat Bawean pascabencana mengalami myalgia atau nyeri-nyeri pada otot tubuh, hipertensi, vertigo, Iritasi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), sakit kepala biasa, dan penyakit lainnya.

"Selain memberikan pengobatan gratis, tim relawan kami juga menggelar program trauma healing bagi masyarakat Bawean. Khususnya untuk usia balita dan anak-anak, sehingga mereka bisa tetap happy meski saat ini berada di tengah keterbatasan pascabencana," tandas Dwi Satriyo.

Sementara itu, tim relawan Petrokimia Gresik bersama Anggota Satgas lainnya langsung berangkat sehari pascagempa bumi terjadi di Bawean. Total ada 41 relawan yang bertugas bergantian mulai tanggal 23 Maret hingga 6 April 2024 atau selama 15 hari.

Mereka terdiri dari dokter, perawat, apoteker, psikolog dan tim relawan lainnya. Beberapa tenaga kesehatan berasal dari Rumah Sakit IHC Grup di bawah PT Petro Graha Medika, PT Cipta Nirmala, PT Nusantara Medika Utama, PT Pelindo Husada Cita dan PT Nusantara Sebelas Medika. Selain itu juga tim dari RSUD dr. Soediono Madiun di bawah PT Wijaya Karya (Persero).

"Alhamdulillah tim relawan kami bisa berkontribusi untuk membantu percepatan pemulihan masyarakat Bawean pascabencana Bawean. Kami akan terus berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Jawa Timur maupun Kabupaten Gresik untuk men-support kebutuhan-kebutuhan masyarakat Bawean pascabencana," ujar Dwi Satriyo.

Sementara itu, selain mengirimkan tim relawan, Petrokimia Gresik bersama Anggota Satgas lainnya juga mengirimkan bantuan barang ke Bawean, mulai dari sembako dan bahan pangan lainnya, obat-obatan, pampers, terpal, selimut dan lainnya. Bantuan ini merupakan kontribusi aktif dari PT Petrokimia Gresik, PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III), Perum Pegadaian, PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Telkom (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Cabang Gresik, PT Wijaya Karya (Persero).

"Kami akan terus memberikan perhatian untuk masyarakat Bawean sehingga proses pemulihan pascabencana yang dijalankan Pemerintah bisa lebih cepat dan lancar," pungkas Dwi Satriyo.

Lampiran
FileTipeUkuranUnduh
15 HARI MENGABDI TIM MEDIS SATGAS BENCANA NASIONAL BUMN WILAYAH JAWA TIMUR TANGANI LEBIH DARI 2 100 WARGA TERDAMPAK GEMPA DI BAWEAN pdf 214 KB Unduh

Berita Terbaru

08 May 2024
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin Apresiasi Program TJSL Petrokimia Gresik di Ajang "CSR & PDB Award 2024"
08 Mei 2024 18:51 / Komunikasi Korporat PG / 192x dilihat
02 May 2024
Pengelolaan Komunikasi Petrokimia Gresik Kembali Mendapat Apresiasi di Tingkat Nasional
02 Mei 2024 15:35 / Komunikasi Korporat PG / 947x dilihat
30 Apr 2024