9 Cara Amankan Tingkat Kolesterol

01 November 2012 08:40 / http://www.mediaindonesia.com / 1635

TINGKAT kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyebab masalah penyakit kardiovaskular seperti stroke dan lainnya. Selain menjadi pemula penyakit kardiovaskular, kolesterol yang berlebih juga akan menimbulkan penyumbatan dalam aliran darah. Untuk menjaga tingkat kolesterol tetap aman, beberapa langkah berikut bisa menjadi rekomendasi. Seperti yang dikutip dari Healthmeup.

1. Diet sehat. Konsumsi makanan yang berlemak dan berminyak menjadi salah satu penyebab bertambahnya tingkat kolesterol. Untuk itu, kurangi konsumsi makanan yang menjadi penyebab kolesterol tinggi, seperti daging merah, mentega, keju, dan kue manis lainnya.

2. Kurangi berat badan. Obesitas merupakan salah satu penyebab kolesterol tinggi. Berat badan berlebih akan meningkatkan tringliserida yang pada akhirnya akan menyebabkan penyumbatan darah.oleh karena itu, kurangi berat badan dengan berolahraga minimal 30 menit sehari. tidak perlu intensitas berat. Olehraga ringan seperti berjalan kaki juga sudah berperan dalam menurunkan berat badan.

3. Jangan menjadi pemalas. Orang yang menghabiskan hidup mereka duduk atau berbaring sepanjang hari berada pada risiko besar kolesterol tinggi. Hidup aktif dapat menurunkan trigliserida dan juga membantu Anda menjaga berat badan.

4. Hindari rokok. Mengonsumsi rokok memainkan peranan penting dalam meningkatkan jumlah kolesterol. Karena, merokok merupakan salah satu cara yang bisa mengakibatkan menurunnya tingkat kolesterol baik.

5. Masa rentan kolesterol tinggi. Setelah menopause, perempuan bisa memiliki tingkat yang lebih tinggi dari kolesterol dibandingkan pria. Oleh karena itu jika Anda telah mengalami masa menopause, jaga pola hidup tetap sehat seperti aktif berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

6. Hati-hati terhadap penggunaan obat. Beberapa obat-obatan dapat meningkatkan tingkat trigliserida. Dengan demikian, sebelum mengonsumsi beragam pil, konsultasikan dengan dokter Anda.

7. Jauhi alkohol. Mengkonsumsi alkohol secara sering dapat merusak otot hati dan jantung, yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan menyebabkan tingkat kolesterol dalam tubuh meningkat.

8. Usahakan untuk tidak stres. Ketika orang stres mereka biasanya menghibur diri dengan merokok, minum alkohol atau makan makanan berlemak. Oleh karena itu, stres berkepanjangan dapat menyebabkan kolesterol darah meningkat.

9. Penyakit tertentu seperti diabetes dan hipotiroidisme akan menambah tingkat kolesterol dalam tubuh. Utnuk itu, lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, untuk menjaga tingkat kolesterol.

Tips berikut merupakan cara untuk menghindari ancaman tingginya tingkat kolesterol. Jaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan perbanyak aktivitas fisik. (Healthmeup/*/OL-06)

http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2012/10/30/5775/4/9-Cara-Amankan-Tingkat-Kolesterol

Berita Terbaru

Upacara Hari Pahlawan
11 Nov 2019
Upacara Hari Pahlawan
11 November 2019 10:47 / Humas PG / 56
Memperkuat Konsep Eco Masjid Nurul Jannah PG
08 Nov 2019
Memperkuat Konsep Eco Masjid Nurul Jannah PG
08 November 2019 14:17 / Humas PG / 105
Bersinergi Untuk Mandiri
08 Nov 2019
Bersinergi Untuk Mandiri
08 November 2019 09:58 / Humas PG / 122
Strategi Komunikasi dan Marketing Petrokimia Gresik Diganjar Apresiasi
05 Nov 2019
Strategi Komunikasi dan Marketing Petrokimia Gresik Diganjar Apresiasi
05 November 2019 16:07 / Humas PG / 164