Kontribusi Petrokimia Gresik dalam Memajukan Pendidikan di Indonesia

02 Mei 2023 11:41 / Komunikasi Korporat PG / 3462x dilihat

Setiap tanggal 2 Mei, Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional sebagai salah satu bentuk ungkapan pentingnya peran pendidikan dalam pembangunan bangsa. Pendidikan menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan masa depan sebuah negara. Melalui pendidikan, kita dapat membuka pintu menuju kemajuan, meningkatkan kualitas hidup, dan menciptakan kesetaraan sosial. Pendidikan juga merupakan kunci dalam menciptakan generasi penerus yang cerdas, kreatif, dan berdaya saing.

Namun, tantangan dalam dunia pendidikan tidaklah sedikit. Beberapa di antaranya adalah masalah kesenjangan akses pendidikan, kurangnya kualitas pendidikan, serta masalah pendanaan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya bersama dari berbagai pihak untuk terus meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pendidikan di Indonesia.

Melihat hal tersebut, Petrokimia Gresik berupaya untuk turut andil dalam memajukan pendidikan di Indonesia, beberapa diantaranya melalui program Bestro (Beasiswa Petrokimia Gresik) dan Beasiswa Petani Muda Indonesia. Program Bestro diberikan kepada siswa-siswa berprestasi di Kabupaten Gresik yang berasal dari keluarga kurang mampu pada jenjang Pendidikan S1 dan SMA/SMK, sedangkan Beasiswa Petani Muda Indonesia diberikan kepada siswa SMK kelas XI yang mengambil jurusan pertanian dan serumpunnya di Jawa Timur dengan syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Selain melalui program beasiswa, Petrokimia Gresik juga mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dengan membuka lowongan magang bagi mahasiswa tingkat akhir atau freshgraduate agar dapat belajar mengenai proses bisnis yang dimiliki oleh Petrokimia Gresik. Program magang ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiswa menjadi tenaga kerja yang handal dan terampil di masa depan. Selama program magang, para peserta akan diberikan kesempatan untuk bekerja di berbagai unit kerja, seperti unit produksi, teknik, keamanan, komunikasi, kesehatan dan lingkungan, serta administrasi dan keuangan. Para peserta juga akan diberikan pelatihan dan pembelajaran yang terstruktur dan didukung oleh para ahli di bidangnya. Adapun program magang yang tersedia di Petrokimia Gresik terbagi melalui empat jalur, yakni PMMB (Program Magang Mahasiswa Bersertifikat), MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), Prakerin (Praktek Kerja Industri), Program Magang Santri serta program magang reguler.

Proses magang yang berlangsung didukung dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini. Petrokimia Gresik meluncurkan Digital Learning Center (DLC) sebagai sarana penunjang proses pendidikan agar kualitas sumber daya yang ada semakin mumpuni. Tidak hanya para karyawan yang dapat menggunakannya sebagai sarana pembelajaran, mahasiswa magang juga diberi akses untuk mendapatkan sebuah kompetensi dari adanya DLC ini. Dengan adanya DLC, mahasiswa magang tidak perlu datang ke pabrik untuk melakukan praktik kerja industri secara langsung. Mereka bisa mendapatkan pengalaman magang yang riil melalui Enterprise University, Virtual Reality, Augmented Reality, dan 360 Plant Facility Learning.

Saat ini, DLC telah dilengkapi dengan adanya museum Phonska yang berisi mengenai bagaimana milestonepupuk Phonska, cara pembuatannya, kemudian alat-alat serta teknologi yang digunakan untuk mempercepat jalannya produksi ketika pupuk Phonska dibuat sebagai bahan pembelajaran tambahan. Museum Phonska diresmikan tepat pada ulang tahun ke-50 tahun sebagai wujud dari momen bersejarah bahwa Petrokimia Gresik merupakan perusahaan pelopor pupuk NPK pertama di Indonesia.

Tak hanya bagi siswa atau mahasiswa saja, Petrokimia Gresik melalui Unit Pengelola Zakat (UPZ) Baznas juga memberikan kepedulian pendidikan dengan membekali 1.000 guru Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) di Gresik. Para guru TPQ dilatih untuk mengembangkan kemampuan mengajar yang lebih baik, serta diberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai agama dan nilai-nilai Islam. Dalam hal ini, UPZ Baznas Petrokimia Gresik menggandeng beberapa lembaga pendidikan dan keagamaan di Gresik untuk bekerja sama dalam rangka membentuk kualitas sumber daya guru TPQ yang lebih kompeten.

Kontribusi Petrokimia Gresik diharapkan dapat membantu mencetak generasi penerus yang lebih berkualitas melalui peningkatan kualitas pengajar dan berkontribusi dalam memberi kemudahan aksesibilitas pendidikan. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat, terutama dalam upaya meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama.

Melalui Pendidikan, kita juga turut berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Semoga dengan semangat yang sama, kita dapat memajukan pendidikan di Indonesia dan menciptakan generasi penerus yang unggul. Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Berita Terbaru

08 Jun 2024
Peringati Hari Lingkungan Hidup, Petrokimia Gresik Komitmen Perangi Sampah Plastik
08 Juni 2024 07:53 / Komunikasi Korporat PG / 277x dilihat
04 Jun 2024
Petrokimia Gresik Hadirkan Program TJSL Solutif untuk Kesejahteraan Masyarakat yang Berkelanjutan
04 Juni 2024 08:33 / Komunikasi Korporat PG / 277x dilihat