Sejuta Manfaat dalam Satu Gelas Teh Chamomile yang Jarang Diketahui!

07 Juli 2023 11:18 / Komunikasi Korporat PG / 38169x dilihat

Ingin merasakan sensasi minum teh yang membuat tubuh tenang dengan sejuta manfaat tersembunyi di dalamnya? Teh chamomile sepertinya dapat menjadi alternatif yang cocok untuk kamu. Ya, Teh chamomile merupakan minuman herbal yang terbuat dari bunga chamomile yang dikeringkan dan kemudian diseduh dengan air panas. Teh ini telah dikonsumsi selama berabad-abad sebagai obat alami untuk beberapa kondisi kesehatan. Banyak orang menikmati teh chamomile sebagai alternatif bebas kafein untuk menggantikan teh hitam atau hijau. Rasanya yang ringan dan juga manis membuat siapa saja yang mencobanya merasa ketagihan dan ingin meminumnya lagi dan lagi. Tak hanya itu, teh chamomile juga memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan. Apa saja?

1. Memperbaiki Kualitas Tidur

Salah satu manfaat paling terkenal dari teh chamomile adalah kemampuannya untuk meredakan masalah insomnia. Teh chamomile memiliki sifat sedatif alami. Sedatif merupakan zat yang memiliki sifat menenangkan, memoderasi, serta menenangkan kegugupan. Oleh karena itu, chamomile dapat membantu mengurangi kecemasan, mengendurkan otot, dan mempromosikan tidur yang lebih baik. Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 270 mg ekstrak chamomile dua kali sehari selama 28 hari memiliki 1/3 lebih sedikit waktu bangun di malam hari dan tertidur 15 menit lebih cepat daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

2. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Secara tradisional, teh chamomile digunakan untuk mengobati beberapa penyakit pencernaan. Khasiat anti-inflamasi (anti radang) chamomile membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan. Senyawa antispasmodik (pengendur otot saluran pencernaan) yang terkandung dalam chamomile juga dapat meredakan gejala gangguan pencernaan seperti kembung, sakit perut, mengurangi keasaman di lambung, hingga menghambat pertumbuhan bakteri penyebab tukak lambung. Selain itu, teh chamomile juga dapat menenangkan perut dan merelaksasi otot pencernaan sehingga baik dikonsumsi saat mual.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Teh chamomile dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Manfaat ini didukung oleh banyak penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh chamomile setiap hari setelah makan memiliki kadar gula yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan orang yang hanya minum air putih saja. Selain itu, teh chamomile juga berpotensi mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

4. Membantu Mengatasi Peradangan

Teh chamomile dapat membantu mengatasi eksim, iritasi kulit, penyembuhan luka, nyeri rheumatoid, bisul, asam urat, neuralgia, GERD, peradangan mata, wasir, kulit terbakar, serta penyakit ruam karena kandungan flavonoid yang dimiliki. Bahkan, aktivasi berbagai jenis sel sistem kekebalan yang dapat memperburuk peradangan bisa dihentikan hanya dengan mengonsumsi chamomile.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Teh chamomile mengandung senyawa antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Senyawa ini juga dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Sejumlah penelitian mengungkapkan, teh chamomile memiliki sifat pencegahan penyakit yang kuat. Sehingga, jika dikonsumsi secara rutin, teh chamomile dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat dari chamomile memang tak perlu diragukan lagi. Namun, ada beberapa kondisi yang mengharuskan sebagian orang lebih berhati-hati dalam mengonsumsi teh chamomile, yaitu anak-anak, ibu hamil dan menyusui, serta orang yang menderita penyakit hati atau ginjal. Oleh karena itu, hendaknya konsumsilah teh chamomile seperlunya, agar efek samping positif yang dihasilkan dapat tercerna secara optimal.

Sumber:

https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/chamomile-adalah/

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-teh-chamomile/

https://www.alodokter.com/manfaat-teh-chamomile-bisa-membantumu-tidur-nyenyak

https://www.liputan6.com/hot/read/5299739/10-manfaat-teh-chamomile-untuk-kesehatan-tenangkan-tubuh

https://www.merdeka.com/jabar/9-manfaat-teh-chamomile-untuk-tubuh-tingkatkan-kesehatan-pencernaan-hingga-kulit-kln.html

Berita Terbaru

08 Jun 2024
Peringati Hari Lingkungan Hidup, Petrokimia Gresik Komitmen Perangi Sampah Plastik
08 Juni 2024 07:53 / Komunikasi Korporat PG / 277x dilihat
04 Jun 2024
Petrokimia Gresik Hadirkan Program TJSL Solutif untuk Kesejahteraan Masyarakat yang Berkelanjutan
04 Juni 2024 08:33 / Komunikasi Korporat PG / 278x dilihat