Wujudkan SDM Unggul Melalui BESTRO

30 Desember 2019 14:30 / Humas PG / 715x dilihat

Komitmen PT Petrokimia Gresik untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar perusahaan diimplementasikan melalui berbagai program CSR. Salah satunya adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat sekitar melalui dunia pendidikan. Konsistensi pemberian bantuan Bea siswa Petro (BESTRO) adalah salah satu wujud nyata komitmen Petrokimia Gresik membentuk SDM Unggul. Program bantuan bea siswa full cover ini juga untuk mendukung kemajuan pendidikan di Kabupaten Gresik.

Beasiswa Petrokimia Gresik (BESTRO) diberikan sejak tahun 2012 untuk jenjang pendidikan S1 dan tahun 2014 untuk jenjang SMA/SMK. Penerima beasiswa S1 sejak tahun 2012 sebanyak 106 orang, dan untuk SMA/SMK sebanyak 197 orang. BESTRO khusus diberikan kepada siswa/siswi dari Kabupaten Gresik yang berprestasi namun dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Mereka adalah putra-putri warga masyarakat di sekitar perusahaan.

Bantuan beasiswa jenjang S1 diberikan maksimal selama 4 (empat) tahun, sedangkan SMA/SMK maksimal selama 3 (tiga) tahun atau sampai dengan kelulusan. Selain mendapatkan bantuan biaya pendidikan, penerima beasiswa juga akan dibekali dengan berbagai pelatihan untuk meningkatkan softskill.

Pendaftar BESTRO S1 dijaring dari siswa/siswi yang diterima di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan prodi terakreditasi A.

Untuk BESTRO SMA/SMK dijaring dari SMA/SMK dan MA di Kecamatan Gresik, Manyar, dan Kebomas. Yaitu SMAN 1 Gresik, SMAN 1 Kebomas, SMAN 1 Manyar, SMK PGRI 1 Gresik, SMA NU 1 Gresik, SMA NU 2 Gresik, SMK NU Gresik, SMA Yasmu Manyar, SMK Yasmu Manyar, dan SMA Muhammadiyah 1 Gresik.

Bantuan BESTRO S1 dan SMA/SMK angkatan 2019 diserahkan di Wisma Kebomas Gresik (23/12/2019). Penerima bantuan BESTRO Tahun 2019 sebanyak 10 mahasiswa S1 dari berbagai PTN, dan 25 siswa-siswi SMA/SMK di sekitar perusahaan. Total nilai bantuan BESTRO Tahun 2019 yang diberikan sampai dengan kelulusan senilai Rp1,9 Milyar. Sedangkan total keseluruhan bantuan BESTRO yang sudah diberikan oleh Petrokimia Gresik sejak tahun 2012 sampai dengan tahun 2019, sekitar Rp18,04 miliar.

Direktur Keuangan, Sumber Daya Manusia dan Umum PT Petrokimia Gresik , Dwi Ary Purnomo mewakili Direktur Utama, Rahmad Pribadi, menyampaikan bahwa bantuan BESTRO ini juga merupakan wujud adanya kerjasama dan sinergi yang baik antara Petrokimia Gresik dengan masyarakat sekitar. Dukungan masyarakat sekitar memiliki peran yang besar bagi kelancaran operasional Petrokimia Gresik yang bertransformasi bisnis menuju perusahaan solusi agroindustri. Sebagai anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), Petrokimia Gresik mengemban amanah mendukung terwujudnya ketahanan pangan nasional. Menurut Dwi, BESTRO merupakan langkah kecil yang Perusahaan lakukan untuk menjadi langkah besar, yaitu mendorong pendidikan bagi warga sekitar perusahaan. Dengan bekal pendidikan yang lebih baik, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup keluarga, dan dapat berkontribusi positif kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

“Bantuan BESTRO ini merupakan tugas kami untuk ikut meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar melalui dunia pendidikan, sehingga nantinya mampu berkontribusi lebih baik kepada keluarga, masyarakat, dan bangsa,” ujar Dwi.

Dwi berharap kepada para penerima BESTRO agar memanfaatkan beasiswa ini dengan sebaik-baiknya, fokus menyelesaikan pendidikan. Dwi juga berpesan kepada penerima BESTRO untuk rajin berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agar dimudahkan dalam menuntut ilmu, selalu menghormati kedua orang tua dan guru, serta serius dalam berusaha / tidak mudah menyerah untuk meraih kemajuan.

Dalam acara penyerahan bantuan BESTRO Tahun 2019 ini juga dilaksanakan pelepasan secara simbolis penerima BESTRO S1 angkatan 2015 yang telah selesai menempuh pendidikan di perguruan tinggi oleh Dwi Ary Purnomo.

Perwakilan penerima BESTRO S1 angkatan 2015 , Ridhotul Islam berpesan kepada para penerima beasiswa untuk fokus dalam menempuh studi. “Bantuan dari Petrokimia Gresik ini sangat bermanfaat sehingga kita tidak perlu memikirkan biaya pendidikan. Gunakan kesempatan ini untuk bersekolah sebaik mungkin, dan mengembangkan diri dengan berbagai kegiatan, agar nantinya kita bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar, seperti Petrokimia Gresik yang tidak henti menebar manfaat ke masyarakat sekitar perusahaan,” ungkap lulusan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini.

Acara penyerahan bantuan BESTRO Angkatan ke-7 untuk jenjang S1, dan Angkatan ke-6 untuk SMA/SMK ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik, UPT Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Gresik, Kepala Sekolah SMA/SMK/MA sekitar perusahaan, guru BK, dan orang tua murid.

Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dispendik Gresik, Kasdari, S.Pd, MM, mengapresiasi Petrokimia Gresik yang secara konsisten memberikan bantuan beasiswa, baik melalui Bestro atau program lainnya. Menurut Kasdari, yang dilakukan ini merupakan perhatian yang luar biasa dari Petrokimia Gresik terhadap kemajuan SDM, dan dunia Pendidikan, khususnya di Gresik.

“Petrokimia Gresik telah berkontribusi dalam menciptakan SDM Unggul dan sudah memikirkan bagaimana Indonesia kedepan semakin maju. Petrokimia Gresik tidak hanya memikirkan kejayaannya secara internal saja tapi juga keluar. Untuk itu marilah kita doakan agar Petrokimia Gresik secara keseluruhan selalu mendapat berkah dan lindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala, sehingga semakin jaya,” ujarnya.

Penerima BESTRO S1, Muhammad Arief Anugrahan yang berkuliah di Universitas Brawijaya Malang, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan beasiswa yang diterima “Saya berterimakasih kepada Petrokimia Gresik yang sudah menerima saya untuk mendapatkan bantuan BESTRO S1. Sebelumnya saya juga mendapatkan bantuan BESTRO SMA dan mendorong saya untuk berprestasi semasa sekolah. Dengan bantuan BESTRO sampai lulus S1 nanti saya bisa berkuliah dengan tenang, dan fokus untuk bisa lulus dengan predikat cumlaude”, ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Humas SMK NU Gresik menyampaikan apresiasi penuh kepada Petrokimia Gresik yang sudah ikut memajukan dunia Pendidikan di Kabupaten Gresik. Diharapkan bantuan dan kerjasama ini terus berlanjut, karena memiliki manfaat dan berkah yang sangat besar bagi kemajuan SDM Indonesia. Anggun Soraya/Hartono

Berita Terbaru

28 May 2020
NPK Phonska Plus Dongkrak Produktivitas Hingga 60% Di Gorontalo
28 Mei 2020 12:45 / Humas PG / 125x dilihat
22 May 2020
Petrokimia Gresik Serahkan Bantuan 12 Ribu Paket Beras Melalui Pemprov Jatim
22 Mei 2020 19:50 / Humas PG / 239x dilihat
20 May 2020
Bantuan Untuk Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan
20 Mei 2020 16:48 / Humas PG / 254x dilihat
20 May 2020
Edukasi Tepat, Produktivitas Meningkat
20 Mei 2020 16:15 / Humas PG / 186x dilihat