Waspadai Dehidrasi Jika Mudik dengan Sepeda Motor

13 Juli 2015 09:22 / http://health.kompas.com / 5248x dilihat
JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pemudik yang pulang kampung dengan mengendarai sepeda motor. Mudik dengan sepeda motor sebenarnya tidak disarankan. Apalagi, jika motor ditumpangi lebih dari dua orang dan membawa muatan yang cukup banyak.

Selain harus memerhatikan keamanan saat berkendara, pemudik dengan sepeda motor juga harus menjaga kesehatannya. Risiko dehidrasi mengintai para pengendara sepeda motor yang berpuasa dalam perjalanan mudik.

"Pemudik yang menggunakan sepeda motor, ancaman defisiensi elektrolit menjadi lebih besar," ujar dokter Spesialis Gizi Klinik Tirta Prawita Sari saat ditemui pekan lalu.

Ancaman dehidrasi terjadi ketika harus berkendara di bawah terik matahari. Ditambah lagi situasi macet yang membuat perjalanan menjadi lebih lama.

Untuk itu, Tirta mengingatkan para pemudik yang berpuasa untuk minum sedikitnya dua gelas air putih saat sahur. Hindari makanan yang asin atau mengandung garam tinggi saat sahur seperti ikan asin, telur asin.

Makanan tinggi garam akan membuat Anda mudah merasa haus dan berujung pada dehidrasi. Saat berbuka puasa, kembali minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain air putih, baik juga mengosumsi air kelapa yang dikenal kaya elektrolit.

"Minum air kelapa satu gelas saja sudah terpenuhi (kebutuhan cairan). Minum pas buka puasa saja," jelas Tirta.

Menurut Tirta, dehidrasi tak bisa dianggap sepele. Dehidrasi yang parah bisa menggangu kesehatan ginjal, jantung, hingga mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan baik. (Dian Maharani / Bestari Kumala Dewi)

Berita Terbaru

14 Mar 2024
Anugerah BUMN 2024 Petrokimia Gresik Menjadi Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam Transformasi Digital
14 Maret 2024 08:40 / Komunikasi Korporat PG / 390x dilihat
11 Mar 2024
NPK Phonska Plus & Urea Petro Menjadi Merk yang Dipilih dan Direkomendasikan Petani
11 Maret 2024 08:26 / Komunikasi Korporat PG / 752x dilihat
07 Mar 2024
Menyambut Ramadan 1445h, Petrokimia Gresik Salurkan Bantuan Untuk Ratusan Tempat Ibadah dan Lembaga Sosial
07 Maret 2024 11:08 / Komunikasi Korporat PG / 480x dilihat