Waspadai Dehidrasi Jika Mudik dengan Sepeda Motor

13 Juli 2015 09:22 / http://health.kompas.com / 2657x dilihat
JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pemudik yang pulang kampung dengan mengendarai sepeda motor. Mudik dengan sepeda motor sebenarnya tidak disarankan. Apalagi, jika motor ditumpangi lebih dari dua orang dan membawa muatan yang cukup banyak.

Selain harus memerhatikan keamanan saat berkendara, pemudik dengan sepeda motor juga harus menjaga kesehatannya. Risiko dehidrasi mengintai para pengendara sepeda motor yang berpuasa dalam perjalanan mudik.

"Pemudik yang menggunakan sepeda motor, ancaman defisiensi elektrolit menjadi lebih besar," ujar dokter Spesialis Gizi Klinik Tirta Prawita Sari saat ditemui pekan lalu.

Ancaman dehidrasi terjadi ketika harus berkendara di bawah terik matahari. Ditambah lagi situasi macet yang membuat perjalanan menjadi lebih lama.

Untuk itu, Tirta mengingatkan para pemudik yang berpuasa untuk minum sedikitnya dua gelas air putih saat sahur. Hindari makanan yang asin atau mengandung garam tinggi saat sahur seperti ikan asin, telur asin.

Makanan tinggi garam akan membuat Anda mudah merasa haus dan berujung pada dehidrasi. Saat berbuka puasa, kembali minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain air putih, baik juga mengosumsi air kelapa yang dikenal kaya elektrolit.

"Minum air kelapa satu gelas saja sudah terpenuhi (kebutuhan cairan). Minum pas buka puasa saja," jelas Tirta.

Menurut Tirta, dehidrasi tak bisa dianggap sepele. Dehidrasi yang parah bisa menggangu kesehatan ginjal, jantung, hingga mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan baik. (Dian Maharani / Bestari Kumala Dewi)

Berita Terbaru

20 Jul 2021
Petrokimia Gresik Gelontorkan Rp682 Juta, Salurkan Hewan Kurban Untuk Sekitar Perusahaan
20 Juli 2021 16:00 / Komunikasi Korporat PG / 70x dilihat
15 Jul 2021
Akun Resmi Petrokimia Gresik
15 Juli 2021 09:00 / Komunikasi Korporat PG / 236x dilihat
12 Jul 2021
Hadirkan Solusi Untuk Petani, Petrokimia Gresik Luncurkan Tiga Produk Baru
12 Juli 2021 09:00 / Komunikasi Korporat PG / 194x dilihat