Terima Dua Penghargaan Sekaligus

22 Februari 2017 09:17 / Humas PG / 1542x dilihat

PT Petrokimia Gresik (PG) mendapatkan dua penghargaan sekaligus dari Gubernur Jawa Timur (Jatim). Penghargaan tersebut diserahkan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf kepada General Manager (GM) Teknologi PG, Anis Ernani di Gedung JX International, Jl. Ahmad Yani Surabaya, tanggal 21 Februari 2017.

Penghargaan pertama diberikan kepada PG atas prestasinya melaksanakan Program Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3). Selama periode 19 Juni 2015 - 31 Oktober 2016, PG telah mengumpulkan 28.709.412 jam kerja tanpa kecelakaan kerja (zero accident).

PG juga mendapatkan penghargaan atas kerja keras dan komitmennya dalam penerapan konsep 5R Manajemen Tata Graha kategori Workshop dan Perkantoran. Konsep ini merupakan pondasi peningkatan mutu dan produktivitas perusahaan.

Sebanyak 578 perusahaan di Jatim menerima penghargaan dari Gubernur bersama PG. Dari Gresik sendiri ada 75 perusahaan mendapat penghargaan K3 dan meraih zero accident award. Serta ada 7 perusahaan yang juga meraih apresiasi Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3).

Wakil Bupati Gresik, Moh. Qosim dalam rilis yang disampaikan Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, berharap agar keselamatan kerja serta zero accident betul-betul tercapai tak hanya sekadar penghargaan. Ia juga menginginkan penerapan budaya K3 di seluruh perusahaan akan menciptakan tempat kerja yang aman dan meningkatkan produktivitas yang pada akhirnya menunjang daya saing.

Dikutip dari www.lensaindonesia.com, Kepala Disnakertrans Jatim, Sukardi mengatakan penganugerahan ini sebagai bentuk motivasi bagi pemangku kepentingan seperti kepala daerah dan stakeholder (industri, perusahaan) untuk membangun hubungan industrial yang lebih baik di masa depan.

“Penganugerahan ini menunjukkan komitmen Pemprov Jatim dalam menciptakan suasana kondusif di dunia industri,” urainya.

Tak hanya itu, pemberian apresiasi ini merupakan salah satu upaya dari Pemprov Jatim mengurangi kemiskinan dan mengurangi pengangguran. Untuk itu, Disnakertrans Jatim terus melakukan upaya peningkatan K3, pelatihan, pemagangan dalam dan luar negeri, penciptaan lapangan kerja, serta penciptaan hubungan harmonis antara perusahaan dan karyawannya.

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf mengapresiasi perusahaan yang telah menerapkan K3 hingga tercapai zero accident. Menurutnya dengan memberlakukan K3 ini membuktikan bahwa suatu perusahaan memiliki peran penting dalam menjaga produktivitas karyawan. Bila perusahaan menerapkan K3 dengan baik, maka produktivitas karyawan juga akan meningkat. Ini berarti, perusahaan tersebut akan mencapai target dan meraih kesuksesan.

“Acara penganugerahan ini sangat penting, untuk mengapresiasi perusahaan yang sudah menerapkan manajemen K3 maupun hal lainnya dengan baik. Dari total 38.368 perusahaan di Jatim, belum semuanya menerapkan prosedur ini dengan baik. Untuk itu saya mengajak pimpinan perusahaan untuk lebih memperhatikan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan karyawan,” kata Gus Ipul (sapaan akrab Wagub) dalam acara Penganugerahan Gelar Ketenagakerjaan 2017.*/isp.-

Berita Terbaru

11 Aug 2020
Bangkitkan UMKM Dengan Bantuan Modal dan Pendampingan Komprehensif
11 Agustus 2020 20:48 / Humas PG / 20x dilihat
10 Aug 2020
Phonska Oca Dukung Sektor Pertanian Memajukan Perekonomian Nasional
10 Agustus 2020 21:34 / Humas PG / 46x dilihat
07 Aug 2020
Lomba Memperingati HUT RI ke-75 Bersama Kementerian BUMN
07 Agustus 2020 14:47 / Humas PG / 96x dilihat
06 Aug 2020
Petrokimia Gresik Terapkan Pembelajaran Digital Untuk Program Magang Mahasiswa
06 Agustus 2020 11:29 / Humas PG / 179x dilihat