Spotnya Terlalu Keren Untuk Dilewatkan

13 Oktober 2020 09:11 / Humas PG / 180x dilihat

Pada bulan Agustus 2020, Petrokimia Gresik (PG) memperluas Area Uji Aplikasi Produk Riset di Kebun Percobaan (Buncob) seluas 1,4 hektar, sehingga total luasnya saat ini mencapai sekitar 7,5 hektar. Area ini tidak hanya menjadi tempat implementasi komitmen PG untuk memperkuat arah pengembangan perusahaan berbasis riset, tapi juga bisa menjadi sarana agroekowisata bagi masyarakat sekitar. PG sebagai perusahaan solusi agroindustri berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya kalangan milenial tentang pentingnya pertanian yang berkelanjutan, untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional. Di area tersebut pengunjung dapat menikmati suasana kebun di tengah padatnya kota industri Gresik, sekaligus memperoleh edukasi mengenai beragam budidaya, khususnya tanaman.

Masyarakat tidak hanya merasakan pengalaman baru (new customer experience) di sana, tapi juga dapat menikmati fasilitas yang cocok untuk update status di media sosial (medsos).

Berikut ini spot menarik dan tentunya Instagramable yang bisa kalian nikmati di Area Uji Aplikasi Produk Riset Petrokimia Gresik, di Jalan Noto Prayitno, Gresik. (GEMA PG)

1. Glass House
Merupakan sarana untuk kegiatan penelitian uji aplikasi skala rumah kaca. Hijaunya dedaunan di sini membuat kita serasa di kebun yang sejuk. Glass house atau rumah kaca menjadi salah satu fasilitas bagi penelitian yang membutuhkan lingkungan terkontrol untuk menghasilkan data valid sebagai dasar uji aplikasi skala lapang.

2. Screen House
Terdapat 2 (dua) screen house atau rumah paranet yang berisi tanaman hortikultura bunga dan buah. Budidaya di screen house ini menggunakan pupuk Petro Nitrat, Phonska Plus dan pupuk organik cair Phonska Oca. Pasti menjadi spot yang cantik nan menarik saat semua tanaman berbunga dan berbuah.

3. Kolam Ikan
Terdapat kolam ikan hias dan ikan konsumsi di sini. Ikan hias yang dibudidayakan antara lain ikan koi. Sedangkan ikan konsumsi yang dibudidayakan adalah ikan mas, nila dan mujaer. Budidaya ikan ini menggunakan produk andalan probiotik Petrofish dan triple action, yaitu menumbuhkan pakan alami, meningkatkan kesehatan ikan, dan menekan pertumbuhan mikroba yang merugikan, sehingga memperbaiki kualitas air. Gemericik air dan mewahnya warna-warni dari ikan koi sangat cocok untuk Instastory.

4. Hidroponik
Terdapat 4 (empat) sistem hidroponik yang disiapkan di sini, yaitu Vertikal Hydroponic, Rakit Apung, Aquaponic, dan Dutch Bucket. Produk hidroponik yang tumbuh segar dan cocok untuk objek kamera itu dihasilkan dari budidaya dengan pupuk Petro Ponic yang mengandung unsur hara makro dan mikro untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman budidaya hidroponik.

5. Area Ternak
Di dalam kandang disiapkan kelinci yang lucu-lucu dan kalkun yang unik. Saat di sana, kalian pasti tidak menyadari jika sedang berada di Kota Gresik. Budidaya ternak ini menggunakan probiotik Petro Biofeed untuk rumansia dan Petro Chick untuk unggas yang dapat meningkatkan metabolisme saluran pencernaan, sehingga meningkatkan produktivitas dan menjaga kesehatan hewan ternak.

6. Area Tanaman Pangan
Area ini berisi tanaman padi dengan 3 (tiga) jenis padi yaitu Padi Basmati atau Long-grain Rice berasal dari daerah Asia Selatan, yang banyak digunakan pada masakan Arab dan India, kemudian padi yang toleran terhadap lahan rawa dan air menggenang, serta Padi Japonica atau Short-grain Rice (Beras Bulir Pendek) yang berasal dari Jepang. Hamparan padi yang masih jarang di Indonesia ini menambah keunikan spot ini.

7. Area Tanaman Hortikultura
Berisi aneka tanaman sayur dengan dua tipe sayuran, antara lain sayuran buah seperti tomat, terong, dan bunga kol. Kemudian sayuran daun seperti bayam, sawi, dan selada. Dijamin segar-segar dan menghadirkan suasana pegunungan.

8. Area Tanaman Buah Tahunan
Tanaman tahunan aneka buah seperti jambu, jeruk, srikaya, durian, pala, dan lainnya juga ada di sini loh. Semakin istimewa nih!

9. Petromart
Petromart merupakan gerai atau toko pertanian yang menjual secara retail produk pupuk non-subsidi dan produk pengembangan Petrokimia Gresik Group, seperti produk hayati, benih, produk olahan pangan, serta pestisida. Kalian bisa mendapatkan konsultasi pertanian di sini.

10. Mustikarasa Cafe & Resto
Terakhir yang menjadi salah satu andalan tempat ini adalah Mustikarasa Cafe & Resto. Tempat ini menjadi area untuk menikmati aneka olahan hasil kebun percobaan maupun signature dish setelah selesai mengunjungi Area Uji Aplikasi Produk Riset. Café dan resto ini unik karena menyajikan menu dari buku resep Presiden RI yang pertama, Soekarno, berjudul “Mustikarasa”.

Tempat ini terlalu keren untuk dilewatkan. Selain mendapatkan pengalaman baru, spotnya juga cocok untuk dibuat jeprat jepret kamera. Dijamin kalian lupa kalau sedang berada di Gresik.

Berita Terbaru

21 Oct 2020
Mentan SYL Temui Distributor Pupuk Petrokimia Gresik
21 Oktober 2020 12:45 / Humas PG / 119x dilihat
15 Oct 2020
Dirut Petrokimia Gresik Tinjau Kesiapan Gudang dan Kios
15 Oktober 2020 19:44 / Humas PG / 233x dilihat
14 Oct 2020
Undangan Prakualifikasi Proyek Pembangunan Gudang Urea Ekspor
14 Oktober 2020 04:45 / Humas PG / 199x dilihat
13 Oct 2020
Spotnya Terlalu Keren Untuk Dilewatkan
13 Oktober 2020 09:11 / Humas PG / 180x dilihat