Petani Teladanku, Petani Pahlawanku

10 November 2022 10:30 / Komunikasi Korporat PG / 285x dilihat

Sosok yang memiliki peran yang sangat besar bagi kemajuan dan ketahanan bangsa Indonesia, bukan tokoh terkenal, bukan juga insan dengan jutaan pengikut di media sosial. Mereka adalah para Penyangga Tatanan Negara Indonesia, alias petani.

Dalam hiruk pikuk dunia saat ini, gelar pahlawan sudah selayaknya diberikan kepada sosok yang berjuang dengan gagah membela kepentingan bangsa mereka. Petani, adalah salah satunya. Seringkali tanpa kita sadari kebutuhan primer kita, yaitu makanan, tidak terlepas dari peran besar petani. Oleh karenanya, atas seluruh jasa dan usahanya, petani sangat layak untuk di nobatkan sebagai pahlawan pangan bangsa.

Menteri Peratanian Syahrul Yasin Limpo, pada acara Halalbihalal Idul Fitri 1443H pada 10 Mei 2022 di Gedung Sarana Olahraga (SOR) Tri Dharma, Petrokimia Gresik (PG), Jawa Timur menyampaikan bahwa selama dua tahun dihantam pandemi Covid-19, pertanian menjadi salah satu sektor yang terus tumbuh diantara banyak sektor lain yang terhambat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada triwulan II 2020, sektor pertanian berhasil tumbuh sebesar 16,24 persen. Lagi-lagi, sudah sepatutnya Petani menjadi pahlawan kita bersama.

Mendampingi Petani

Mewujudkan kedaulatan dan memenuhi kebutuhan pangan yang semakin meningkat setiap tahunnya bukanlah perkara yang mudah. Petani, tidak jarang mendapati berbagai tantangan mulai dari serangan hama hingga perubahan iklim yang semakin tidak menentu. Dalam hal ini, diperlukan sinergi dari berbagai pihak untuk turut mengawal dan bahu membahu membantu petani dalam menjaga kedaulatan pangan. Mulai dari menghadirkan solusi agroindustri, pendampingan, dan juga edukasi untuk menambah wawasan sekaligus menyejahterakan petani.

Petrokimia Gresik sebagai anak usaha Pupuk Indonesia, tidak hanya menyediakan berbagai produk pupuk untuk mengatasi berbagai permasalahan bercocok tanam, tetapi juga menghadirkan solusi agroindustri yang lengkap dari hulu hingga hilir mulai dari pembenah tanah, benih, pestisida dan obat tanaman, hingga pendampingan melalui mobil uji tanah yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Petrokimia Gresik bersama Pupuk Indonesia dan Kementerian BUMN juga menghadirkan program Program Makmur dan Agrosolutions, untuk membantu menyejahterakan petani melalui penyediaan permodalan, ketersediaan pupuk, pendampingan intens untuk peningkatan produktivitas, hingga mempertemukan off taker hasil panen, yang sedikit banyak telah meningkatkan taraf hidup petani.

Mendukung dan Mengapresiasi Petani

Adakah diantara kita yang pernah tidak menghabiskan makanan? Mungkin jarang terlintas di benak kita bahwa setiap makanan yang tersaji membutuhkan waktu yang lama dan usaha yang tidak sedikit untuk bisa sampai ke piring kita. Mulai dengan tidak menyisakan makanan, walaupun hal kecil dan terlihat sepele, kita telah menghargai setiap upaya yang telah dikerahkan para petani. Membeli produk sayur dan buah-buahan lokal, juga menjadi cara lain untuk bisa mendukung petani dalam kehidupan sehari-hari.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki caranya masing-masing dan sudut pandang tersendiri dalam memilih dan memaknai arti kata pahlawan. Tidak harus selalu dengan senjata ataupun pena, setiap hal-hal kecil bisa bermakna untuk mendeskripsikan pahlawan di era saat ini. Selamat Hari Pahlawan untuk seluruh Petani Indonesia! (MIR/WA/TRY)

Berita Terbaru

07 Dec 2022
Perluas Manfaat Program Makmur, Petrokimia Gresik Gandeng PT SGN Tingkatkan Produktivitas Tebu Nasional
07 Desember 2022 10:37 / Komunikasi Korporat PG / 54x dilihat
06 Dec 2022
Petrokimia Gresik Gerak Cepat Salurkan 1000 Paket Sembako untuk Korban Erupsi Gunung Semeru di Lumajang
06 Desember 2022 14:24 / Komunikasi Korporat PG / 78x dilihat
01 Dec 2022
30 Nov 2022
Petrokimia Gresik Raih Penghargaan Platinum Rank (Tertinggi) Di Ajang Asia Sustainability Reporting Rating Awards
30 November 2022 18:00 / Komunikasi Korporat PG / 121x dilihat