Makanan Lezat yang Bikin Awet Muda

10 Agustus 2015 09:32 / http://health.kompas.com / 6000x dilihat

KOMPAS.com - Anda bisa menghindari berbagai masalah kecantikan hanya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Mengonsumsi makanan sehat bukan hanya dapat membantu mengecilkan lingkar pinggang dan meningkatkan sistem imun tubuh, tapi juga mendapatkan manfaat nyata untuk kecantikan kulit seperti mencegah keriput, membuat rambut berkilau dan memperkuat kuku tak mudah patah.

“Makanan yang Anda konsumsi akan berefek langsung pada penampilan Anda dari hari ke hari dan memainkan peranan penting dalam menunjukkan usia Anda,” ujar Dr. Joshua Zeichner.

Pendekatan cerdas menurut Zeichner adalah membuat rencana yang mencakup keseluruhan kesehatan kulit dan rambut, dengan memenuhi kebutuhan nutrisi, mineral dan asam lemak, serta antioksidan yang sudah diketahui memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari tekanan lingkungan yang merusak. Berikut sepuluh makanan yang bisa dikonsumsi untuk membuat kulit Anda sehat dan awet muda.

Kopi

Secangkir kopi setiap pagi bukan hanya akan membuat Anda lebih bersemangat, tapi kopi juga memiliki kandungan bioaktif yang dapat melindungi kulit dari melanoma (kanker kelima yang paling banyak di Amerika Serikat), mnurt laporan terbaru dalam Journal of the National Cancer Institute. Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi kopi, berisiko lebih rendah terserang penyakit tersebut. Mereka yang minum empat cangkir kopi per hari berisiko 20 persen lebih rendah terkena melanoma ganas selama periode 10 tahun dibanding dengan mereka yang tidak minum kopi.

Semangka

Buah segar ini dipenuhi dengan likopen. Likopen merupakan antioksidan yang dibutuhkan untuk menghentikan aksi radikal bebas merusak sel tubuh dan sistem imun.

Para peneliti percaya bahwa semangka mengandung fitokimia 40 persen lebih banyak dari tomat mentah, ini setara dengan SPF 3, sehingga mengonsumsimnya bisa meningkatkan dosisi harian tabir surya Anda.

Delima

Biji delima dipenuhi dnegan antioksidan, vitamin C, yang bisa mencegah garis-garis kerut dan kulit kering dengan menetralisir radikal bebas. Sebuah studi diAmerican Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi mengurangi kemungkinan kekeringan dan keriput pada wanita. Selain itu kandungan anthocyanin di dalam buah delima membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat tampilan kulit lebih kencang.

Lobster

Seperti pada kerang, lobster memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengobati berbagai gangguan kulit, termasuk jerawat.

“Seng mempercepat pembaruan sel kulit,” ujar Dr. Whitney Bowe, asisten klinis professor dermatologi di Icahn School of Medicine, Mount Sinai. Itu sebabnya, seng adalah salah satu nutrisi yang terdapat dalam obat jerawat. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa orang dengan jerawat memiliki tingkat zinc yang lebih rendah dibanding mereka yang berkulit bersih.

Telur

Kuku tangan dan kaki diperkuat oleh protein, karena itu kekurangan protein dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh. ”Telur adalah sumber biotin, B kompleks yang menghasilkan asam amino dan membangun protein,” ujar Dr. Frank Lipman direktur Eleven-Eleven Wellness Center, New York City

Alpukat

Buah ini diperkaya oleh asam lemak omega 9 yang membantu menjaga kelembaban kulit, mempertahankan kelembaban di lapisan luar untk tetap lembut, kenyal dan lentur, ujar Bowe. (Bestari Kumala Dewi)

Berita Terbaru

14 Mar 2024
Anugerah BUMN 2024 Petrokimia Gresik Menjadi Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam Transformasi Digital
14 Maret 2024 08:40 / Komunikasi Korporat PG / 392x dilihat
11 Mar 2024
NPK Phonska Plus & Urea Petro Menjadi Merk yang Dipilih dan Direkomendasikan Petani
11 Maret 2024 08:26 / Komunikasi Korporat PG / 754x dilihat
07 Mar 2024
Menyambut Ramadan 1445h, Petrokimia Gresik Salurkan Bantuan Untuk Ratusan Tempat Ibadah dan Lembaga Sosial
07 Maret 2024 11:08 / Komunikasi Korporat PG / 481x dilihat