LOGO DAN “TAGLINE” BARU PETROKIMIA GRESIK

15 Juli 2014 08:23 / Humas PKG / 12318

Oleh : Eko Setijono – Dep. Yankomduk

Ada yang berubah pada tampilan logo dan ‘tagline’ PT Petrokimia Gresik. Bentuk dasar logo berupa kerbau emas memang tidak berubah, namun tulisan PT Petrokimia Gresik telah berubah menjadi lebih singkat,“Petrokimia Gresik”. Jenis font huruf dan tata letaknya juga sedikit mengalami perubahan. Sementara ‘tagline’ yang selama ini ada banyak versi telah diformulasi menjadi satu kalimat “Memupuk Kesuburan, Menebar Kemakmuran”. Perubahan identitas perusahaan (corporate identity) ini sengaja dilakukan oleh manajemen PT Petrokimia Gresik sebagai salah satu upaya ‘penyegaran’ untukmenyuntikkan energi baru pada seluruh entitas perusahaan.

Bagi sebuah perusahaan,identitas perusahaan yang diwujudkan dalam bentuk logo dan tagline merupakan representasi visi, misi dan ideologi perusahaan. Pada sebuah logo dan tagline tergambar lengkap dan detil harapan dan mimpi yang akan diraih oleh seluruh stakeholder perusahaan. Meskipun mungkin sederhana, logo dan tagline merupakan simbol dari cita-cita besar yang ingin diwujudkan oleh pemilik dan para pengelola perusahaan. Para pengamat pemasaran bahkan mensejajarkan logo dan tagline perusahaan dengan lambang negara bagi sebuah negara. Artinya, logo dan tagline perusahaan merupakan salah satu bagian penting bagi perusahaan. Dengan prespektif ini maka perubahan logo dan penetapan “tagline”yang dilakukan manajemen PT Petrokimia Gresik juga menjadi salah satu tahapan penting dari dinamika perusahaan dalam mewujudkan cita-cita sebagai pengelola industri pupuk terkemuka.

Bukan sekedar itu, logo dan tagline perusahaan juga sekaligus bisa menjadi simbol merek bagi perusahaan (corporate brand). Dalam kompetisi pemasaran yang semakin ketat dengan jangkauan pasar yang semakin luas, keberadaan merek perusahaan menjadi salah satu aspek penting untuk memenangkan kompetisi. Merek perusahaan akan menjadi penopang utama keberhasilan penetrasi pasar dari seluruh merek produk yang dipasarkan. Gambaran nyata bisa dilihat pada merek Toyota sebagai merek perusahaan otomotif terkemuka (corporate brand), yang menjadi garansi sukses pemasaran untuk merek produk (product brand) Kijang Inova, Avanza, Camry, Yaris dan lainnya. Artinya, kekuatan merek perusahaan Toyota menjadi pilar utama keberhasilan penguasaan pasar untuk produk-produk yang dipasarkan.

Tentu tidak mudah membuat merek perusahaan menjadi kuat dan selalu menjadi kebanggaan konsumen. Dibutuhkan perjuangan panjang dan konsistensi tinggi untuk membangun merek yang kuat, yang mampu memikat para pelanggan dan calon pelanggan. Dari perspektif konsumen, merek yang tepercaya merupakan jaminan atas konsistensi kinerja suatu perusahaan yang menghasilkan produk terbaik, memberi manfaat optimal, serta memenuhi harapan konsumen. Merek juga merupakan janji kepada konsumen bahwa dengan hanya menyebut namanya, timbul harapan bahwa merek tersebut akan memberikan kualitas terbaik, kenyamanan, status dan pertimbangan ideal lain ketika konsumen melakukan pembelian.

Kita semua tentu berharap perubahan logo dan ‘tagline’ PT Petrokimia Gresik akan menjadi bagian penting dari upaya membangun merek perusahaan yang semakin kuat, agar produk PT Petrokimia Gresik semakin dicintai konsumen.


Berita Terbaru

Kunjungan President Director PT Cheil Jedang Indonesia
14 Nov 2019
Kunjungan President Director PT Cheil Jedang Indonesia
14 November 2019 10:11 / Humas PG / 22
Retender Jasa Distribusi Pupuk Menggunakan Kapal Laut
13 Nov 2019
Retender Jasa Distribusi Pupuk Menggunakan Kapal Laut
13 November 2019 15:08 / Humas PG / 40
Upacara Hari Pahlawan
11 Nov 2019
Upacara Hari Pahlawan
11 November 2019 10:47 / Humas PG / 89
Memperkuat Konsep Eco Masjid Nurul Jannah PG
08 Nov 2019
Memperkuat Konsep Eco Masjid Nurul Jannah PG
08 November 2019 14:17 / Humas PG / 142