8 Makanan Sakti Penyingkir Racun dari Dalam Tubuh

11 September 2015 08:47 / http://health.kompas.com / 2774x dilihat

KOMPAS.com - Detoksifikasi telah menjadi tren bagi banyak orang dan sering dilakukan di akhir minggu, setelah dari Senin hingga Jumat, pola makan sehat kita sering terganggu. Detoksifikasi berarti membersihkan tubuh dari endapan racun dan zat kimia berbahaya, akibat pola makan yang kurang sehat tadi.

Detoksifikasi tidak memerlukan proses yang rumit, cukup dengan makan makanan sehat yang dapat membantu membersihkan racun dan sampah di dalam tubuh. Inilah delapan makanan yang dapat Anda siapkan dari sekarang untuk detoks di akhir minggu nanti.

1. Alpukat

Alpukat sangat kaya antioksidan, salah satunya glutathione. Alpukatd dapat membersihkan tubuh dengan cara mengeluarkan zat kimia beracun ke luar dari dalam tubuh. Sehingga, tubuh terasa lebih sehat dan segar.

2. Cranberry

Buah ini bagus untuk mencegah infeksi saluran kemih dan menyingkirkan racun yang mengendap serta bersifat antibakteri.

3. Kubis

Menurut Food Fermentation Laboratory, U.S. Department of Agriculture, Agricultural Research Service, North Carolina State University, kubis sarat akan belerang yang penting untuk membantu menyingkirkan pestisida dan residu obat-obatan, yang bisa berbahaya jika mengendap di dalam tubuh.

4. Lemon

Lemon adalah buah kaya manfaat. Bisa digunakan untuk minuman atau perasaan airnya dapat menambah cita rasa masakan. Lemon banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat melindungi liver dan membersihkan zat-zat kimia berbahaya. Konsumsi lemon setiap hari akan meningkatkan derajat kesehatan Anda.

5. Brokoli

Jika Anda tidak suka brokoli, Anda harus mencobanya sekali lagi. Brokoli penuh dengan antioksidan yang dapat membersihkan tubuh Anda. Juga tinggi enzim yang dapat membantu sistem pencernaan Anda bekerja efisien. Brokoli mentah adalah yang terbaik karena nutrisi di dalamnya masih penuh, belum berkurang karena proses pemanasan.

6. Bawang putih

Seperti kubis, bawang putih juga kaya akan sulfur untuk membersihkan tubuh dari dalam. Bawang putih juga memiliki sifat antibiotik sehingga dapat membantu menyembuhkan peradangan. Ada banyak keuntungan jika Anda makan bawang putih secara teratur. Kini di pasaran sudah ada suplemen bawang putih. Tapi bawang putih segar tetaplah yang terbaik.

7. Jeruk keprok

Dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2013 disebutkan bahwa, buah yang punya nama grapefruit dalam bahasa Inggris ini dapat membantu membersihkan sistem pencernaan dan mencegah terbentuknya batu ginjal. Jeruk keprok juga rendah kalori, jadi pasti baik untuk diet Anda.

8. Biji bunga matahari

Inilah camilan yang benar-benar sehat, karena mampu mendetoksifikasi liver sehingga lebih sehat. Biji bunga matahari juga dapat membuang racun berbahaya yang beredar di dalam tubuh. Ditambah lagi, dapat mencegah penumpukan Kolesterol yang membahayakan jantung dan pembuluh darah. (Lily Turangan / Lusia Kus Anna)

Berita Terbaru

16 Jan 2021
Pupuk Indonesia Terus Percepat Distribusi ke Gudang dan Kios
16 Januari 2021 22:52 / Humas PG / 30x dilihat
14 Jan 2021
Petrokimia Gresik Himbau Petani Terapkan Pemupukan Berimbang
14 Januari 2021 17:16 / Humas PG / 78x dilihat
07 Jan 2021
Pupuk Indonesia Persiapkan Diri Menghadapi Musim Tanam
07 Januari 2021 16:24 / Humas PG / 192x dilihat
07 Jan 2021
Waspada Covid19 Klaster Keluarga
07 Januari 2021 16:17 / Humas PG / 126x dilihat