Petrokimia Gresik Gandeng TNI Realisasikan Bedah 48 Rumah Veteran

08 September 2015 10:21 / http://www.antarajatim.com / 5732x dilihat
"Komitmen realisasi itu kami tuangkan dalam perjanjian dengan Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Sumardi di Markas Kodam V/Brawijaya, Surabaya"
Surabaya, (Antara Jatim) - PT Petrokimia Gresik (PG) mengandeng TNI AD dalam hal ini Kodam V/Brawijaya merealisasikan bantuan bedah rumah kepada 48 veteran dari 28 kabupaten/kota di Jawa Timur, dalam rangka peringatan HUT ke-70 RI sekaligus program "BUMN Hadir Untuk Negeri".
"Komitmen realisasi itu kami tuangkan dalam perjanjian dengan Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Sumardi di Markas Kodam V/Brawijaya, Surabaya," ucap Dirut PT Petrokimia Gresik, Hidayat Nyakman, selaku kuasa dari Dirut PT Pupuk Indonesia Arifin Tasrif, di Surabaya, Senin.
Ia mengatakan, dalam koordinasi itu telah menyepakati beberapa hal di antaranya pihak Kodam V/Brawijaya wajib mengidentifikasi, mempersiapkan material, memperbaiki serta mengawasi jalanya proses bedah rumah.
"BUMN Hadir Untuk Negeri merupakan program peringatan HUT ke-70 RI yang diprakarsai oleh Kementerian BUMN, dan program ini melibatkan seluruh perusahaan BUMN di Indonesia," ucapnya.
Dikatakannya, sesuai hasil survei besaran biaya yang dibutuhkan untuk membedah rumah 48 veteran RI di 28 kabupaten/kota mencapai Rp2,4 miliar, dan 50 persen biaya telah dibayarkan kepada Kodam V/Brawijaya usai penandatanganan komitmen perjanjian.
"Untuk sisanya 50 persen, akan dibayarkan setelah bedah rumah selesai, dan dalam perjanjian ini, pihak Kodam V/Brawijaya wajib menyelesaikannya dalam waktu 1 bulan," kata Nyakman.
Sementara itu, kriteria penerima bantuan bedah rumah veteran meliputi rumah tidak layak huni, pejuang veteran masih hidup, serta memiliki kartu identitas Nomor Pokok Veteran (NVP).
Sedangkan daerah yang menerima bantuan meliputi Surabaya, Gresik, Bangkalan, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Pasuruan, Malang, Madiun, Magetan, Ngawi, Trenggalek, Bondowoso, Jember, serta Banyuwangi.
"Bantuan ini merupakan bentuk penghargaan perusahaan BUMN kepada para veteran RI yang dengan gagah berani telah berjuang mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan negara, dan dalam pembangunannya, Kodam V/Brawijaya akan melibatkan Kodim dan Koramil setempat," katanya.
Sebelumnya, Petrokimia Gresik juga telah menyerahkan bantuan itu secara simbolis kepada 48 veteran RI pada saat upacara HUT ke-70 RI di Stadion Petrokimia Gresik, Senin 17 Agustus 2015 lalu.
Sementara, sesuai arahan Kementerian BUMN, kegiatan "BUMN Hadir Untuk Negeri" terdiri dari jalan sehat, pemutaran film layar tancap, upacara peringatan HUT RI, perlombaan rakyat, bedah rumah veteran, bantuan fasilitas laboratorium SMK, program siswa mengenal nusantara, serta pameran industri.
Selain itu, Kementerian BUMN juga menunjuk PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai koordinator pelaksana untuk Provinsi Jawa Timur, selanjutnya menunjuk PT Petrokimia sebagai pelaksana teknis kegiatan.(Slamet Hadi Purnomo)

Berita Terbaru

24 Mar 2024
Petrokimia Volleyball Academy Menjadi Tim Putri Pertama yang Menjuarai Nusantara Cup
24 Maret 2024 20:50 / Komunikasi Korporat PG / 783x dilihat
22 Mar 2024