PG Gelar Pelatihan ’Managing Your People’

31 Januari 2017 07:52 / Humas PG / 3642x dilihat

PT Petrokimia Gresik (PG), dalam hal ini Kompartemen SDM menyelenggarakan pelatihan ’Managing Your People’ bagi pejabat dan anak perusahaan. Hadir sebagai pembicara Pungki Purnadi. Acara dibuka di JW Marriott Hotel Surabaya pada 30 Januari 2017.

GM SDM PG, Rudi Nur Tjahya dalam laporannya menyampaikan, pelatihan ini terdiri dari dua angkatan. Diikuti pejabat Grade I dan II PG sebanyak 65 orang, beserta Direksi anak perusahaan.

“Angkatan I mendapatkan pelatihan pada 30 Januari 2017, sedangkan angkatan II tanggal 31 Januari 2017,” ujarnya.

Direktur SDM & Umum PG, Rachmad Pribadi saat memberikan sambutan menilai pelatihan ini sangat penting, sebab seluruh pejabat adalah manager bagi lingkungannya masing-masing. Jadi tidak mungkin semua rencana di Direktorat SDM & Umum yang bersifat kebijakan korporat bisa berjalan lancar tanpa ada dukungan dari pejabat yang berinteraksi langsung dengan timnya.

“Harus ada pemahaman yang sama, bagaimana pentingnya mengelola SDM yang baik. Harapannya, pengelolaan SDM yang optimal ini bisa mendukung tercapainya visi dan misi perusahaan,” ujar Direktur SDM & Umum.

PG mengalami perubahan yang drastis di lingkungan bisnis maupun strategisnya. Lingkungan strategis yang dimaksud adalah arah kebijakan pemerintah, apalagi selama ini PG banyak menerima tugas PSO.

“Subsidi akan diubah, dari subsidi produk menjadi subsidi konsumen. Jika tadinya subsidi dilewatkan produsen, nanti akan diberikan langsung kepada konsumen. Ini akan mempengaruhi market fundamental,” tandas Direktur SDM & Umum.

Saat ini, pasar PG adalah sejumlah apa yang disalurkan, yaitu alokasi yang sudah ditentukan pemerintah. Jika subsidi dihapus, maka tidak ada besaran pasar yang fix.

Merespon perubahan itu, Direktorat SDM & Umum melakukan sejumlah perubahan yang dianggap penting, diantaranya reorganisasi, kemudian program yang menyentuh perubahan culture melalui Petro Muda Masuk Desa (PMMD). Program itu dilakukan tahun 2016.

Tahun 2017, Direktur SDM & Umum menginginkan adanya perubahan lagi, yaitu sinkronisasi pengelolaan SDM, karena PG memiliki beberapa anak perusahaan.

“Pelatihan ini digelar untuk memberikan pemahaman mengenai pengelolaan SDM yang baik,” kata Direktur SDM & Umum.*/isp.-

Berita Terbaru

15 Apr 2021
Jamin Akses Permodalan Petani, Petrokimia Gresik Gandeng BRI Dalam Program Agro Solution
15 April 2021 16:09 / Komunikasi Korporat PG / 54x dilihat
15 Apr 2021
Direktur Utama Petrokimia Gresik Blusukan Tinjau Dampak Gempa Di Lumajang
15 April 2021 10:44 / Komunikasi Korporat PG / 56x dilihat
12 Apr 2021
Penerapan Manajemen Risiko di Petrokimia Gresik Membuahkan Penghargaan Nasional
12 April 2021 14:01 / Komunikasi Korporat PG / 86x dilihat
12 Apr 2021
Petrokimia Gresik Optimalkan Peran Pertanian Gresik Melalui "Demplot Dambaan" Phonska OCA Di 21 Titik
12 April 2021 10:39 / Komunikasi Korporat PG / 114x dilihat