Program Pendidikan Paket C Kerjasama PG dan Kartar 257 Roomo Dibuka

31 Januari 2017 08:03 / Humas PG / 3272x dilihat

PT Petrokimia Gresik (PG) kembali menggelar Program Pendidikan Kejar Paket C untuk warga Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Acara yang merupakan kerjasama PG dengan Karang Taruna (Kartar) 257 Desa Roomo dibuka di Balai Desa setempat, pada 27 Januari 2017.

Kepala Desa (Kades) Roomo, Rusdiyanto dalam sambutannya mengatakan, PG sudah dua kali menyelenggarakan program ini di Roomo. Program pertama dibuka mulai bulan November 2015 hingga Mei 2016 dan meluluskan 38 peserta didik.

Dari lulusan itu, sepuluh diantaranya memanfaatkan ijazah Paket C untuk melamar pekerjaan, dan lima lulusan lagi melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

"Masyarakat Roomo sangat terbantu dengan program PG ini, sebab beberapa masih kesulitan biaya pendidikan. PG membantu masyarakat mendapatkan ijazah setara pendidikan tingkat atas," tandasnya.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ijazah ini bisa digunakan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi.

"Di Roomo banyak sekali perusahaan berdiri. Untuk melamar sebagai tenaga kerja dibutuhkan ijazah minimal setara SMA. Nah, ijazah ini membantu masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih mensejahterakan," ujarnya.

Kades berpesan kepada peserta didik yang baru, agar memanfaatkan program ini sebaiknya. Disiplin untuk mengikuti setiap kegiatan belajar, sehingga ilmu dan ijazah yang didapatkan benar-benar bermanfaat.

Perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Kecamatan Manyar, Purwaji mengatakan, kegiatan belajar Program Pendidikan Paket C periode dua ini sudah dimulai sejak November 2016 lalu. Warga Belajar akan mengikuti ujian pada tanggal 10 sampai 13 April 2017 mendatang.

"Sebelumnya banyak yang malu dan ragu-ragu untuk mengikuti Program Pendidikan Paket C, tapi lambat laun mereka mengerti manfaat dari Paket C. Untuk peserta program periode ini ada 41 warga belajar," ujarnya.

Ia menyampaikan terimaksih karena PG melalui kegiatan ini mendukung program pemerintah pendidikan minimal SMA sederajat.

Sekretaris Perusahaan (Sesper) PG, Wahyudi saat meresmikan pembukaan program ini mengaku bangga karena ijazah dari Program Paket C periode pertama bermanfaat untuk melamar pekerjaan maupun melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Sesper berharap untuk warga belajar periode ini yang melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi semakin banyak lagi.

Jika seseorang memiliki pendidikan lebih tinggi, maka peluang untuk berkontribusi juga semakin banyak lagi. Jabatan atau karier yang strategis biasanya berbanding lurus dengan jenjang pendidikan.

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar manusia, dan memiliki peranan penting bagi kehidupan semua. PG merupakan perusahaan yang sangat peduli dengan pendidikan. Program PG ingin memutus rantai kemiskinan melalui peningkatan pendidikan, salah satunya program Beasiswa Petrokimia Gresik (Bestro).

"Siswa lulusan SMA yang berprestasi tapi tidak memiliki biaya untuk kuliah, maka diberi beasiswa full cover oleh PG," ujar Sesper.

Bahkan salah satu lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang menerima Bestro saat ini ada yang sudah bekerja di PG, tentu dengan mengikuti tes seperti lainnya. Lulusan Bestro tidak harus bekerja di PG, tapi bisa di perusahaan lainnya.*/isp.-

Berita Terbaru

18 Jan 2021
Wakil Bupati Gresik Saksikan Penyuntikan Vaksin Covid 19 Untuk Nakes di RSPG
18 Januari 2021 11:53 / Humas PG / 21x dilihat
16 Jan 2021
Pupuk Indonesia Terus Percepat Distribusi ke Gudang dan Kios
16 Januari 2021 22:52 / Humas PG / 54x dilihat
14 Jan 2021
Petrokimia Gresik Himbau Petani Terapkan Pemupukan Berimbang
14 Januari 2021 17:16 / Humas PG / 93x dilihat
07 Jan 2021
Pupuk Indonesia Persiapkan Diri Menghadapi Musim Tanam
07 Januari 2021 16:24 / Humas PG / 208x dilihat