Pentingnya Mandi Usai Olahraga

05 September 2013 07:28 / http://health.okezone.com / 4292x dilihat
Helmi Ade Saputra - Okezone

BEROLAHRAGA secara rutin dapat menjaga tubuh tetap bugar dan sehat sehingga sangat baik dalam menjaga kesehatan. Namun, mandi setelah melakukan aktivitas ini juga sangat penting. Apa alasannya?

Membersihkan diri usai aktivitas fisik memang sangat diperlukan. Selain menyegarkan tubuh yang sebelumnya penuh dengan keringat, mandi juga menyimpan manfaat sehat lainnya bagi kesehatan. Femalefirst memaparkannya untuk Anda.

Kebersihan

Ini merupakan alasan pertama dan terpenting. Keringat yang dihasilkan ketika berolahraga mungkin menjadi pertanda baik, namun mandi menjadi sangat penting karena ketika berolahraga dimungkinkan kita melakukan kontak dengan orang lain. Keringat akan bercampur dengan luka kecil atau lecet, sehingga perlu dibersihkan sesegera mungkin untuk mencegah infeksi. Bagi seorang perenang, mandi juga merupakan hal penting karena klorin dalam kolam renang akan merusak rambut dan kulit jika hanya dibersihkan menggunakan handuk.

Pemulihan

Mandi dapat membantu tubuh Anda pada masa pemulihan setelah olahraga berat. Sakit otot setelah sesi olahraga berat atau biasa disebut nyeri otot dapat dicegah dengan mandi air dingin menggunakan shower. Jika Anda berolahraga setiap hari atau lebih dari sekali dalam sehari, ini menjadi sangat penting. Hal ini karena membuat Anda dapat memulai sesi olahraga berikutnya tanpa terhalang nyeri otot, dan memungkinkan untuk mempertahankan intensitas sesi sebelumnya.

Menghilangkan lemak


Semua orang tahu bahwa olahraga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaya penurunan berat badan yang sehat, tetapi apakah Anda tahu bila mandi air dingin setelah olahraga dapat membantu penurunan berat badan juga?. Dengan mempertahankan suhu tubuh selama mandi air dingin, Anda bisa meningkatkan metabolisme tubuh sampai dengan 550 %. Hal ini berarti Anda membakar lebih banyak kalori hanya untuk tetap hangat

Kesehatan dan mood


Beberapa olahraga aktif mendorong mandi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari latihan mereka. Seperti kata pepatah, pikiran yang sehat ada tubuh yang sehat. Paparan air dingin juga menunjukkan dapat meningkatkan pasokan tubuh dari antioksidan yang disebut glutathione yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (ind)

http://health.okezone.com/read/2013/08/26/486/855655/pentingnya-mandi-usai-olahraga

Berita Terbaru

12 Aug 2022
Satu Tahun Bergulir, Program Mangga Petrokimia Gresik Berhasil Pulihkan Ekonomi Rakyat Tumbuh Lebih Cepat
12 Agustus 2022 12:00 / Komunikasi Korporat PG / 59x dilihat
11 Aug 2022
Cegah Krisis Pangan, Petrokimia Gresik Dorong Generasi Muda Terjun dan Optimalkan Produktivitas Pertanian
11 Agustus 2022 18:00 / Komunikasi Korporat PG / 56x dilihat
09 Aug 2022
Petrokimia Gresik Gelar One Day Promotion untuk Memperkuat Produksi Pertanian di 19 Provinsi
09 Agustus 2022 16:00 / Komunikasi Korporat PG / 56x dilihat
06 Aug 2022
Dorong Terciptanya Lingkungan Sehat di Delapan Desa/Kelurahan Sekitar Perusahaan
06 Agustus 2022 08:27 / Komunikasi Korporat PG / 61x dilihat