Mudik Aman, Mudik Sehat, Mudik Nyaman

26 April 2022 15:52 / Komunikasi Korporat PG / 3179x dilihat

Mudik Aman dan Nyaman, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Apa kabar kampung halaman? Tentunya kita semua rindu, Apalagi lebih dari dua tahun pandemi Covid-19 menciptakan jarak antara para perantau dan keluarga di kampung halaman pada saat lebaran. Pada tahun 2022 ini setelah angka kasus pandemi menurun, pemerintah melonggrakan aturan pembatasan bepergian, sehingga menciptakan angin segar bagi para perantau yang hendak bertemu dengan keluarganya. Kementerian BUMN ikut mendukung dengan melaksanakan Program Mudik Gratis loh! Terhitung 25 BUMN berpartisipasi dengan mengalokasikan sebanyak 509 unit Bus dan 24 Kereta Api yang bakal menemani para perantau dimulai sejak tanggal 27 April sampai dengan 1 Mei 2022. Kementerian BUMN juga memastikan moda transportasi udara melalui maskapai Citilink dan Garuda Indonesia, siap memenuhi kebutuhan para pemudik dan keluarga dengan aman dan nyaman.

Walau sudah lama tidak mudik, jangan sampai jadi gugup dan tergesa-gesa dalam perjalanan, ya! Yuk, ikuti tips di bawah ini agar Mudik jadi Aman, Sehat, dan Nyaman!


Melakukan Vaksin Booster dan Mempersiapkan Aplikasi Peduli Lindungi

Antisipasi dalam mencegah keterlambatan ketika menaiki transportasi umum, atau menghindari antrian pengecekan surat tes negatif rapid antigen ataupun PCR, masih ada waktu kok untuk melakukan Vaksin Booster sesuai dengan peraturan perjalanan dari pemerintah. Dan untuk pemudik dengan usia 6-17 tahun dan telah menerima vaksin dosis kedua, dikecualikan terhadap kewajiban menujukkan hasil negatif rapid tes antigen. Eits, jangan lupa untuk selalu pastikan aplikasi Peduli Lindungi anda dapat digunakan dan berfungsi dengan baik, ya!


Pastikan Waktu Keberangkatan Transportasi Umum dan Cek Keamanan Kendaraan Pribadi

Jangan sampai karena terlalu gugup dan terlalu menggebu-gebu berangkat pulang, malah salah liat jadwal! Pastikan tanggal keberangkatan kalian, dan buatlah pengingat ataupun alarm di hp agar tidak terlewat. Begitu juga dengan yang berpergian dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan yang digunakan sudah siap dan aman digunakan. Simpan juga nomor-nomor penting yang peru disimpan saat berkendara di jalan tol. Seperti Call Center Jasa Marga, Kepolisian, maupun Ambulans. Pssst, jangan lupa bawa ban cadangan juga!


Membawa Barang Seperlunya dan Patuhi Protokol Kesehatan

Pandemi mengubah kebiasaan kita dalam hal kebersihan. Untuk menjaga kesehatan, kini protokol kesehatan juga perlu dijaga sehingga barang bawaan wajib juga bertambah, seperti membawa masker cadangan dan sanitizer harus selalu ada ketika berpergian. Ringkas barang bawaan sesuai kategori-nya masing-masing dan bawa seperlunya saja untuk mencegah hilang atau tercecernya barang milik kalian.


Make Yourself Comfortable!

Mudik Lebaran 2022, diprediksi bakal ramai banget, nih! Kita nggak akan tahu seberapa lama kemacetan akan terjadi ataupun jika ada keterlambatan keberangkatan pada moda transportasi umum. Tidak ada salahnya jika kita membawa bekal air minum ataupun makanan secukupnya untuk mengganjal perut yang krucuk-krucuk. Buat diri lebih nyaman dengan menggunakan pakaian yang ‘anti ribet’ dan cocok di segala cuaca (yang kemungkinan bakalan panas!).


Membawa Uang Tunai Secukupnya dan Menjaga Barang Berharga

Jika dahulu ketika sekolah kita bawa bekal makan siang, anak jaman sekarang udah bisa beli via ojek online kesayangan! Pastinya, mereka udah punya dompet digital masing-masing nih. Ngasih THR Lebaran bakal jauh lebih praktis secara digital tanpa perlu bawa amplop dan uang tunai kemana-mana dalam jumlah banyak. Hal ini juga berguna untuk meminimalisir kemungkinan buruk yang tidak kita inginkan. Begitu pula dengan aksesori yang kita bawa dan kita kenakan agar tetap berhat-hati dan tidak berlebihan ya, sobat! (*/MIR/WA)

Berita Terbaru

14 Mar 2024
Anugerah BUMN 2024 Petrokimia Gresik Menjadi Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam Transformasi Digital
14 Maret 2024 08:40 / Komunikasi Korporat PG / 392x dilihat
11 Mar 2024
NPK Phonska Plus & Urea Petro Menjadi Merk yang Dipilih dan Direkomendasikan Petani
11 Maret 2024 08:26 / Komunikasi Korporat PG / 752x dilihat
07 Mar 2024
Menyambut Ramadan 1445h, Petrokimia Gresik Salurkan Bantuan Untuk Ratusan Tempat Ibadah dan Lembaga Sosial
07 Maret 2024 11:08 / Komunikasi Korporat PG / 481x dilihat