Halal Bihalal: Perkuat Silaturahmi Setelah Merayakan Idulfitri

09 Mei 2023 11:50 / Komunikasi Korporat PG / 1985x dilihat

Momen Idulfitri belum lengkap rasanya apabila belum bertemu dan bermaafan. Halal bihalal menjadi budaya untuk memfasilitasi silaturahmi dan bermaafan antar saudara, teman, dan kolega. Halal bihalal merupakan tradisi unik dalam budaya Indonesia yang memiliki makna mendalam. Istilah "halal" berarti sesuatu yang diperbolehkan dalam agama Islam, sementara "bihalal" merujuk pada saling memaafkan dan menghapuskan dendam atau ketegangan yang mungkin terjadi di antara individu.

Perayaan halal bihalal biasanya dilakukan sebagai momen yang penuh kegembiraan dan sebagai ajang mempererat tali silaturahmi. Halal bihalal menjadi waktu yang penting untuk menghadirkan suasana yang hangat, saling memaafkan, dan membangun hubungan harmonis di antar sesama. Hal inilah yang kemudian dilakukan oleh Direksi Petrokimia Gresik pada Senin (8/5/2023) dengan mengadakan tour halal bihalal untuk menyambangi seluruh departemen yang ada. Adapun halal bihalal dilakukan dengan tujuan agar dapat berinteraksi secara langsung dengan para karyawan untuk menghargai kontribusi mereka dalam mencapai keberhasilan perusahaan serta meningkatkan produktivitas karyawan.

Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan berkeliling dan bersalam-salaman dengan seluruh karyawan yang ada di kantor pusat Petrokimia Gresik. Setelah itu, Direksi melanjutkan perjalanan untuk menyambangi departemen yang berada di luar kantor pusat, seperti departemen pelayanan umum, departemen kemanan, departemen pengembangan SDM dan organisasi, departemen riset, departemen lingkungan, departemen K3, departemen produksi, departemen pengelolaan mitra produksi, departemen teknik dan bisnis, serta departemen-departemen lainnya. Tak lupa, Direksi juga berkunjung ke kantor Serikat Kerja Petrokimia Gresik (SKPG) untuk bersilaturahmi. Acara diakhiri dengan makan siang bersama seluruh Direksi anak perusahaan Petrokimia Gresik.

Halal bihalal menjadi sebuah momentum untuk memperkuat kerjasama antar departemen dan tim kerja di Petrokimia Gresik. Acara ini dapat menghilangkan batasan dan mendorong kolaborasi lintas divisi. Oleh karena itu, pelaksanaan Halal bihalal bukan hanya sekadar acara seremonial saja, tapi juga menjadi kesempatan baik dan berharga untuk memperkuat hubungan serta membangun sebuah sinergi yang baik antara manajemen dengan seluruh insan yang ada di Petrokimia Gresik.