Investasi Jangka Panjang Agribisnis

22 Juli 2018 15:39 / Humas PG / 1128

Jambore Petani Muda 2 PT Petrokimia Gresik Tahun 2018 (JPM 2) pada

hakekatnya ingin menggali potensi calon-calon petani muda dari para siswa SMK

Pertanian se-Indonesia. Tujuannya untuk mempersiapkan regenerasi petani. Hal

tersebut disampaikan oleh Direktur Pemasaran (Dirsar) PG, Meinu Sadariyo pada

saat acara penutupan JPM 2 di Wisma Kebomas, 20 Juli 2018.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para siswa beserta guru pembimbingnya, yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri Jambore Petani Muda 2. Mudah-mudahan tali silaturahmi dengan kami tetap terjalin,” ucap Dirsar.

Diharapkan makalah inovasi yang telah dipresentasikan oleh masing-masing SMK dapat diimplementasikan menjadi usaha agribisnis di daerahnya masing-masing.

JPM 2 digelar oleh PG selama 3 (tiga) hari, 19-21 Juli 2018. Diikuti oleh 42 siswa SMK dan 21 guru pendamping dari 21 SMK Pertanian yang karya inovasinya berhasil lolos seleksi. Secara keseluruhan ada 130 karya inovasi pertanian yang diterima panitia dari SMK Pertanian di 43 Kabupaten dan 14 provinsi.

Pendorong Semangat
Kegiatan JPM 2 yang dilaksanakan dalam rangka HUT ke-46

PG dan HUT ke-73 RI ini secara resmi dibuka oleh Direktur Utama (Dirut) PG,

Nugroho Christijanto di Wisma Kebomas, 19 Juli 2018. Dirut menceritakan bahwa jambore ini dulunya

berangkat dari sarasehan petani yang setiap tahun diadakan oleh PG. “Dalam Jambore kita bisa bertemu dengan

peserta yang memiliki kesamaan ide, niat dan tujuan. Petrokimia Gresik

memfasilitasi kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan berkenaan

dengan regenerasi petani,” ujar Dirut.

Dilibatkannya pelajar SMK Jurusan Pertanian dalam JPM 2 ini, agar selain mereka mendapatkan ilmu pertanian di sekolah juga bisa memperoleh pengalaman dan inspirasi dari perspektif lain, sehingga bisa membentuk karakternya. Harapannya, lulusan SMK Pertanian ini mau menjadi pengusaha pertanian.

“Ini harus menjadi perhatian semua pihak, karena kecenderungan generasi muda di Indonesia untuk terjun ke dunia pertanian semakin lama semakin turun. Mudah-mudahan dengan apa yang dilakukan oleh Petrokimia Gresik ini bisa memberikan masukan kepada seluruh pemangku kepentingan, khususnya para pelaku di bidang pertanian untuk bisa memikirkan dan merumuskan bagaimana ke depan regenasi petani ini bisa dilakukan dengan baik,” kata Dirut.

JPM 2 ini diharapkan oleh Dirut bisa menjadi pendorong semangat semua pihak agar menghasilkan generasi muda penerus keberlangsungan sektor pertanian. “Kami menyadari, tidak mungkin satu event ini bisa menyelesaikan seluruh permasalahan. Tapi in syaa Allah dari puzzle-puzzle kecil ini kita bisa merangkai menjadi satu-kesatuan yang utuh. Harapaannya ini bisa menjadi pendorong semangat semua pihak agar menghasilkan regerasi muda, penerus keberlangsungan sektor pertanian,” ujar Dirut.

Untuk menginspirasi para peserta, PG mengundang beberapa alumni Jambore Petani Muda I. Diharapkan pengalaman alumni bisa menjadi inspirasi dan pengalaman bagi peserta Jambore Petani Muda II tahun ini.

“Belajar pada yang sukses itu perlu, tapi jangan lupakan untuk belajar dari yang gagal. Karena dari yang gagal itulah Anda bisa belajar banyak bagaimana cara bangkit, dan in syaa Allah menjadi sukses,” pesan Dirut

Tema “Memotivasi dan Berinovasi” yang diusung dalam JPM 2 ini, menurut Dirut adalah pesan kepada seluruh generasi muda di Indonesia untuk terus belajar dan berinovasi, agar mereka dapat menjadi insan yang bisa memberikan solusi bagi sektor pertanian dan agroindustri Indonesia di masa depan.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian pada Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Gunawan Yulianto mengapreasi PG karena secara berkelanjutan melakukan investasi jangka panjang, yaitu regenerasi petani. Menurutnya, kegiatan yang sangat penting ini sejalan dengan program Kementerian Pertanian. Hartono

Juara JPM 2

Juara 1 : SMKN Metro, Lampung Tengah. Juara 2 : SMKN 1 Mojosongo, Boyolali Jawa Tengah. Juara 3 SMKN 2 Bagor, Nganjuk

Juara Harapan 1 : SMKN 1 Naggulan Kulonprogo. Juara Harapan 2 : SMKN1 Wae Ri’l, Manggarai, Juara harapan 3 : SMKN 2 Teluk Keramat, Sambas

Presenter Terbaik : SMK PP Geger Kalong, Bandung. Yel-yel Terbaik : SMKN Pertanian Batu XX, Simalungun. Tim dengan kostum terbaik : SMKN Lubuk Basung, Agam

Berita Terbaru

Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Program Vokasi
21 Jan 2020
Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Program Vokasi
21 Januari 2020 13:57 / Humas PG / 42
Pembukaan Bulan K3 Nasional di Petrokimia Gresik
20 Jan 2020
Pembukaan Bulan K3 Nasional di Petrokimia Gresik
20 Januari 2020 15:55 / Humas PG / 67
Kerjasama Dengan Petrosida Gresik
20 Jan 2020
Kerjasama Dengan Petrosida Gresik
20 Januari 2020 15:44 / Humas PG / 48
Penghargaan SMK3 dan P2HIV-AIDS Dari Gubernur Jawa Timur
15 Jan 2020
Penghargaan SMK3 dan P2HIV-AIDS Dari Gubernur Jawa Timur
15 Januari 2020 09:26 / Humas PG / 122