Emerging Industry Leader

17 Januari 2013 10:01 / Humas PKG / 3580x dilihat
Menjelang akhir tahun 2012 kemarin, PT Petrokimia Gresik (PKG) berhasil meraih prestasi yang sangat membanggakan pada ajang bergengsi Indonesian Quality Award (IQA) 2012 yang mengusung tema “Membangun Kinerja Ekselen Untuk Menghadapi Mega Persaingan Global”. Setelah lima tahun berturut-turut menduduki peringkat “Good Performance”, pada IQA 2012 ini, PKG sukses menaikkan peringkatnya, dan ditetapkan sebagai perusahaan berpredikat “Emerging Industry Leader”. Torehan prestasi yang luar biasa ini membuktikan bahwa Produsen Pupuk Terlengkap dan Terbesar di Indonesia ini sangat berkomitmen terhadap pentingnya kualitas, melalui terobosan-terobosan inovatif yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan.

Trophy penghargaan sebagai perusahaan Emerging Industry Leader diserahkan oleh Ketua Dewan Pembina IQA Foundation, Bacelius Ruru, kepada Direktur Utama PKG, Hidayat Nyakman, di Jakarta, pada bulan Nopember 2012. Trophy penghargaan tersebut adalah simbol keberhasilan keluarga besar PKG dalam membangun kinerja perusahaan yang ekselen. Prestasi ini diakui banyak kalangan sebagai lompatan luar biasa karena untuk mencapainya dibutuhkan banyak kriteria dan persyaratan. Bahkan sejak pertama kali IQA diselenggarakan pada tahun 2005, baru empat perusahaan di Indonesia yang berhasil meraih predikat ini.

Indonesian Quality Award (IQA) adalah bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasis Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE) atau “Kriteria Baldrige”. MBCfPE digunakan sebagai alat untuk mendiagnosa kinerja organisasi/perusahaan secara menyeluruh. Umpan balik dari hasil diagnosa tersebut akan digunakan untuk menuntun perusahaan memperbaiki kinerjanya menuju performa ekselen.

Peserta dalam penghargaan ini adalah organisasi atau perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis, non-bisnis, kesehatan, pendidikan, baik swasta maupun pemerintah. Tidak hanya di Indonesia, sekitar 76 negara di dunia juga telah mengadopsi Kriteria Baldrige untuk digunakan sebagai standar dalam penilaian kinerja berdasarkan kriteria kinerja ekselen organisasi/perusahaan.

Keikutsertaan PKG dalam ajang penilaian kualitas berbasis “Kriteria Baldrige” selama delapan tahun sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2005, menunjukkan komitmen kuat manajemen terhadap pencapaian visi perusahaan, yaitu menjadi produsen pupuk dan produk kimia lainnya yang berdaya saing tinggi dan produknya paling diminati konsumen.

Dengan meningkatnya level perusahaan menjadi “Emerging Industry Leader”, PKG telah menunjukkan diri sebagai perusahaan dengan kinerja tinggi/ekselen yang bisa diandalkan menjadi benteng pertahanan dari serbuan kompetitor dan pasar bebas.

Hasil Kerja Keras Bersama
Selain meraih predikat Emerging Industry Leader, prestasi membanggakan yang diukir oleh PKG pada tahun 2012 adalah penghargaan Industri Hijau dari Pemerintah Republik Indonesia, karena telah menerapkan efisiensi sumber daya yang meliputi bahan baku, bahan penolong, serta energi ramah lingkungan. Pada BUMN Award 2012, PKG menyabet Peringkat II Kategori Inovasi Produk Agrikultur BUMN Terbaik, serta ditetapkannya PKG sebagai Perusahaan Terpercaya dalam Program Riset dan Pemeringkatan Corporate & Perception Index 2011 oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG).

Raihan prestasi demi prestasi tersebut adalah hasil kerja keras jajaran manajemen dan seluruh karyawan PT Petrokimia Gresik. Untuk itu, layak untuk dibanggakan, dipertahankan bahkan ditingkatkan ke level yang lebih tinggi lagi. Bravo PT Petrokimia Gresik ! (Edri/Hartono)

Berita Terbaru

14 Jan 2021
Petrokimia Gresik Himbau Petani Terapkan Pemupukan Berimbang
14 Januari 2021 17:16 / Humas PG / 43x dilihat
07 Jan 2021
Pupuk Indonesia Persiapkan Diri Menghadapi Musim Tanam
07 Januari 2021 16:24 / Humas PG / 167x dilihat
07 Jan 2021
Waspada Covid19 Klaster Keluarga
07 Januari 2021 16:17 / Humas PG / 109x dilihat
06 Jan 2021
Mekanisme Penyampaian Dokumen Secara Elektronik
06 Januari 2021 17:05 / Humas PG / 142x dilihat