Detoks Tubuh dengan 7 Makanan Ini

21 Mei 2015 07:40 / http://health.kompas.com / 1390
KOMPAS.com - Setiap hari, tanpa disadari tubuh terpapar bahan kimia yang beracun, entah itu dari makanan yang dikonsumsi, losion pelembab kulit, hingga udara yang dihirup saat bernapas. Meski tubuh berusaha menjalankan tugasnya untuk bertahan dari berbagai racun, dalam jangka panjang, racun-racun tersebut akan merusak tubuh Anda. Karena itu, penting melakukan detoks dengan mengonsumsi makanan sehat. Berikut sumber makanan terbaik, untuk membantu membersihkan tubuh dari berbagai racun.

1. Rumput Laut

Rumput laut telah lama dikenal di negara-negara Asia sebagai sumber makanan bernutrisi dan bermanfaat sebagai obat. Tidak hanya diperkaya yodium dan kalium, rumput laut juga dipercaya meningkatkan fungsi hati, yang membantu tubuh melakukan detoksifikasi secara alami.

2. Jahe

Rempah serbaguna ini membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh. Jahe dikenal baik untuk memebersihkan pencernaan, penyembuh pilek, meredakan batuk, mengurangi rasa mual, dan memberi kehangatan pada tubuh. Tambahkan beberapa iris jahe segar ke dalam makanan, untuk menghilangkan racun serta mentralkan efek negatif dari makanan tak sehat yang dikonsumsi. Tak hanya itu, studi terbaru menunjukkan bahwa jahe juga dapat membantu menjaga nafsu makan.

3. Alpukat

Bukan hanya enak, alpukat juga mengandung banyak serat yang sangat bermanfaat. Dengan tercukupinya kebutuhan serat yang diperlukan tubuh, maka sistem pencernaan akan lebih sehat, sekaligus menghindarkan dari berbagai gangguan buang air besar seperti sembelit. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, asam lemak omega 9, sumber antioksidan, vitamin E, vitamin C serta kolagen.

4. Bit

Bisa dibilang, bit adalah sumber makanan terbaik untuk membantu detoksifikasi tubuh. Bit diperkaya dengan vitamin, mineral, termasuk magnesium, seng, dan kalsium. Buah bit juga dapat membantu mengatasi anemia. Karena kandungan zat besinya yang cukup tinggi, berguna untuk mengaktifkan kembali dan meregenarasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang bermanfaat bagi kesehatan sel-sel darah merah.

5. Nanas

Buah ini memiliki kandungan air yang melimpah di dalamnya. Perpaduan rasa manis asam membuat nanas terasa segar saat dikonsumsi. Kandungan antioksidan dalam buah nanas dapat menangkal berbagai radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kanker. Nanas juga kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, dan mangan.

6. Apel

Buah apel diperkaya dengan berbagai vitamin penting yang dibutuhkan untuk memperkuat tubuh. Apel juga mengandung pektin, sejenis serat yang diketahui membantu membersihkan kandungan metal di dalam tubuh, yang menumpuk akibat makanan dan lingkungan tidak sehat. Apel juga membantu menyingkirkan parasit pada usus, merawat kulit bermasalah, mengobati peradangan di kandung kemih dan mencegah gangguan fungsi hati. Konsumsi satu buah apel setiap hari akan membuat tubuh lebih sehat.

7. Kayu Manis

Anda mungkin jarang mengonsumsi rempah ini, tapi selain menambah aroma dan kelezatan makanan, kayu manis mengandung zat besi, kalsium dan mangan yang akan membantu tubuh mengonsumsi asam lemak dan menjaga kadar gula darah stabil. (Bestari Kumala Dewi)

http://health.kompas.com/read/2015/05/20/1741101/Detoks.Tubuh.dengan.7.Makanan.Ini

Berita Terbaru

On Site Visit Evaluation SNI Award 2019
17 Sep 2019
On Site Visit Evaluation SNI Award 2019
17 September 2019 10:01 / Humas PG / 37
Move Forward Periode Agustus 2019
17 Sep 2019
Move Forward Periode Agustus 2019
17 September 2019 09:54 / Humas PG / 25
Pelelangan Bersama Jasa Distribusi Pupuk Menggunakan Angkutan Darat
16 Sep 2019
Pelelangan Bersama Jasa Distribusi Pupuk Menggunakan Angkutan Darat
16 September 2019 09:18 / Humas PG / 36
NPK Petro Nitrat Tingkatkan Panen Jeruk Siam Madu di Kab. Karo
12 Sep 2019
NPK Petro Nitrat Tingkatkan Panen Jeruk Siam Madu di Kab. Karo
12 September 2019 19:30 / Humas PG / 62