4 Kebiasaan Sehat untuk Mencapai Berat Badan Ideal

23 Maret 2016 07:02 / http://health.kompas.com / 1057

KOMPAS.com - Tidak ada orang yang mau mengalami obesitas. Itu sudah pasti. Sayangnya, menurunkan berat badan hingga ke tahap ideal tidaklah semudah itu bagi banyak orang. Meski, ada juga orang yang nampaknya tidak kesulitan menurunkan bobot tubuh yang berlebih. Apa rahasianya?

Tak perlu menebak-nebak. National Weight Control Registry (NWCR) dan Global Healthy Weight Registry (GHWR) mengevaluasi kebiasaan sehat klien-klien mereka yang sukses menurunkan berat badan. Inilah kebiasaan mereka itu:
1. Mereka selalu sarapan
Sembilan dari 10 orang dewasa di GHWR yang sukses mencapai bobot ideal adalah mereka yang tidak pernah melewatkan sarapan, 78 perwen keberhasilan mereka ditentukan olrh kebiasaan baik ini.

Sarapan membantu mrngontrol nafsu makan berlebihan. Orang yang sarapan cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori dibanding orang yang tidak sarapan.

Pilih menu sarapan sehat seperti sereal atau oatmeal atau roti gandum utuh dengan potongan buah segar, telur atau dada ayam panggang/rebus tanpa kulit.

Temuan ilmiah yang dipublikasikan oleh Nutrition Research menyebutkan, orang yang sarapan oatmeal, memiliki berat badan dan ukuran lingkar pinggang lebih kecil dari yang tidak sarapan oatmeal.

2. Rutin menimbang berat badan
Berteman dengan timbangan dapat menjadi salah satu kunci keberhasilan penurunan berat badan. Bahkan 75% dari pendaftar NWCR menimbang berat badan setidaknya sekali seminggu.

Hal ini memungkinkan mereka untuk segera mengambil tindakan jika terlihat angka di timbangan bergerak naik atau stagnan.

Hasil dari percobaan klinis terbaru menunjukkan bahwa orang yang menimbang berat badan setidaknya lima hari perminggu, dapat menurunkan bobot sekitar tiga kali lebih banyak daripada yang tidak rutin menimbang berat badan.

3. Mereka Sering Berolahraga
Banyak studi menunjukkan bahwa diet berperan besar dalam program penurunan berat badan. Ini bukan berarti Anda tidak perlu olahraga.

Hampir 90 persen dari mereka yang berhasil mendapat berat ideal di NWCR, berolahraga sekitar 60 menit setiap hari, sepanjang minggu. Dan 42 persen klien GHWR yang berhasil menurunkan badan, rutin berolahraga lima hari dalam seminggu.

Jika Anda tidak berolahraga sama sekali, hasil penurunan berat badan tidak akan memuaskan. Otot-otot Anda akan kendur dan tidak efektif untuk membakar lemak.

4. Mereka tidak diet
Ini mungkin terdengar sulit dipercaya, tapi ini kebenaran. Mereka yang berhasil menurunkan berat badan, jarang diet. Di GHWR, 74 peserta program mengatakan mereka tidak pernah atau jarang diet.
Mereka fokus pada kualitas pilihan makanan mereka (seperti buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak dan biji-bijian), mendengarkan isyarat lapar dan kenyang yang disampaikan oleh otak dan lambung, membatasi waktu menonton TV (bersantai di depan TV terlalu lama bisa memicu keinginan ngemil), dan jarang jajan di luar. (Lily Turangan / Bestari Kumala Dewi)

Berita Terbaru

On Site Visit Evaluation SNI Award 2019
17 Sep 2019
On Site Visit Evaluation SNI Award 2019
17 September 2019 10:01 / Humas PG / 37
Move Forward Periode Agustus 2019
17 Sep 2019
Move Forward Periode Agustus 2019
17 September 2019 09:54 / Humas PG / 25
Pelelangan Bersama Jasa Distribusi Pupuk Menggunakan Angkutan Darat
16 Sep 2019
Pelelangan Bersama Jasa Distribusi Pupuk Menggunakan Angkutan Darat
16 September 2019 09:18 / Humas PG / 36
NPK Petro Nitrat Tingkatkan Panen Jeruk Siam Madu di Kab. Karo
12 Sep 2019
NPK Petro Nitrat Tingkatkan Panen Jeruk Siam Madu di Kab. Karo
12 September 2019 19:30 / Humas PG / 62