Produk Inovasi Kunci Branding Institusi PG

20 Maret 2017 10:44 / Humas PG / 2053

Direktur Teknik & Pengembangan (Dirtekbang) PT Petrokimia Gresik (PG), Arif Fauzan hadir sebagai narasumber di Rapat Koordinasi Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI di Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur pada Kamis, 16 Maret 2017.

Dalam kesempatan itu, Dirtekbang menyampaikan materi terkait upaya PG dalam maningkatkan branding institusi. Dimana branding institusi PG tidak terlepas dari produk-produk unggulan yang dimiliki.

PG pada tahun 2000 sangat sulit menjual NPK “Phonska” sehingga berbagai upaya dilakukan agar Phoska dapat dikenal dan menjadi branding utama PG. Upaya tersebut antara lain dengan memberi garansi pada sawah yang menggunakan pupuk NPK, selanjutnya bekerjasama dengan pengusaha benih, melakukan program kemitraan, Demonstrasi Plot (Demplot), dan juga melakukan gebyar diskon serta sosialisasi yang intens.

Proses pengenalan branding tersebut membuahkan hasil yang manis dimana NPK PG selalu berkembang hingga sekarang ini. Pada tahun 2003 hanya terjual sekitar 100.000 ton setahun, sekarang penjualan NPK mencapai 2,6 juta ton per tahun.

"Kini NPK Phonska dikenal oleh semua orang sehingga mendapatkan image 'Pupuk, Ya Petro," ujar Dirtekbang.

Tidak hanya itu hal serupa juga dilakukan PG saat launching produk organik yaitu Petroganik yang saat ini sudah memiliki ratusan mitra. Hal ini semakin memperkuat branding PG sebagai market leader di industri pupuk.

Pengembangan produk pupuk tidak luput dari pengembangan inovasi-inovasi riset yang dimiliki PG. Produk inovasi semakin meningkatkan branding perusahaan. Inovasi riset bergerak dari hulu hingga hilir.

Pada hulu inovasi riset telah melahirkan produksi benih pangan yaitu Petroseed, Hicorn, Hibrid. Pada tamanan holikultura antara lain Petrochilli, dan pada pangan olahan ada Fitrice.

Inovasi riset juga dilakukan pada Pupuk NPK, termasuk formulasi NPK. Selain itu juga pada produk hayati, seperti Petro Biofertil, decomposer Petro Gladiator. Probiotik untuk ternak yaitu Petro Fish, Petro Bio Feed dan Petro Chick serta riset-riset pestisida bersama anak perusahaan.

Di hilir PG juga memiliki Petromart untuk menjual produk-produk PG hingga diketahui para petani atau konsumen sehingga brand PG selalu dikenal.

Saat ini PG melakukan trobosan baru untuk mendiversifikasikan produk dari Pupuk NPK Phonska menjadi Pupuk NPK Phonska Plus yang menjadi branding NPK PG saat ini. Salah satu inovasinya dengan menambahkan Zn ke dalam Phonska yang berfungsi sebagai unsur yang mendukung pertumbuhan vegetatif dan pertumbuhan biji atau buah, dan memperkuat daya tahan tanaman terhadap hama penyakit.*/isp.-

Berita Terbaru

Penggunaan Merek Dagang
21 Feb 2020
Penggunaan Merek Dagang
21 Februari 2020 11:03 / Humas PG / 38
Lomba K3 Masyarakat Sekitar Perusahaan
21 Feb 2020
Lomba K3 Masyarakat Sekitar Perusahaan
21 Februari 2020 10:03 / Humas PG / 27
Petrokimia Gresik Dukung Pelaksanaan Kartu Petani Berjaya di Lampung
19 Feb 2020
Petrokimia Gresik Dukung Pelaksanaan Kartu Petani Berjaya di Lampung
19 Februari 2020 19:11 / Humas PG / 55
Phonska Plus Mampu Dongkrak Produktivitas Padi Hingga 44% di Lampung Tengah
19 Feb 2020
Phonska Plus Mampu Dongkrak Produktivitas Padi Hingga 44% di Lampung Tengah
19 Februari 2020 19:00 / Humas PG / 42