PIKPG Dukung Pola Hidup Bersih dan Sehat

17 September 2020 18:34 / Humas PG / 785x dilihat

Perkumpulan Istri Karyawan Petrokimia Gresik (PIKPG) melakukan kegiatan “Aksi Cleanup dan Pilah Sampah Dari Rumah”. Kegiatan yang dilakukan di Kantor PIKPG ini dalam rangka peringatan World Cleanup Day 2020. Implementasi Kegiatan yang selaras dengan Gerakan Indonesia bersih yang dilakukan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian BUMN – Ikatan Istri Pimpinan Badan Usaha Milik Negara (IIP BUMN) ini berdampak positif bagi keluarga besar PIKPG. Sebagai bagian dari IIP BUMN, PIKPG mengimplementasikan program tersebut melalui kegiatan “Aksi Cleanup dan Pilah Sampah Dari Rumah” yang dipimpin langsung oleh Ketua PIKPG, Atik Dwi Satriyo Annurogo.

Selain melibatkan pengurus dan anggota PIKPG, kegiatan pilah sampah juga bekerjasama dengan “Bank Sampah Meduran Bersatu (BSMB)”, yang merupakan binaan PT Petrokimia Gresik (PG).

Hasil pemilahan sampah seluruhnya diserahkan ke BSMB yang berdiri sejak tahun 2011 ini, untuk diolah lebih lanjut. Pemilahan sampah dilakukan sesuai jenis sampahnya, antara lain sampah kertas, logam, plastik, dan kaca. Kegiatan ini juga merupakan wujud komitmen PIKPG dalam mendukung Perusahaan (PG) yang mencanangkan pengurangan sampah plastik melalui program “Cerdas Berplastik”. Mengurangi konsumsi plastik bertujuan untuk mejaga lingkungan yang bersih, mengingat plastik membutuhkan waktu yang lama untuk penguraiannya.

Kegiatan pilah sampah pada Kamis pagi (17/09/20) ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi semua yang terlibat. Mulai menggunakan masker secara baik dan benar, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak. Selain menjaga lingkungan yang bersih, kegiatan ini juga mendukung kebiasaan dalam berpola hidup bersih, dan sehat, yang merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid 19.

GNIB dan WCD
Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) merupakan gerakan yang diprogramkan oleh Pemerintah Pusat yang bertujuan untuk memotivasi dan memberikan dorongan kepada masyarakat agar semakin peduli dalam membersihkan dan menyehatkan lingkungannya. GNIB atau yang lebih dikenal dengan Gerakan Indonesia Bersih ini diluncurkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), di Jakarta (28/04/2019).

Sedangkan World Cleanup Day (WCD) adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan secara global, dan serentak di seluruh dunia. Hari bersih-bersih dunia yang diperingati setiap tanggal 21 September ini bertujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah. Melalui WCD diharapkan dapat meningkatkan kepedulian kita semua terhadap permasalahan sampah, serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan bumi. WCD pertama pada 15 September 2018 berhasil dilakukan serentak di 157 negara, menyatukan 18 juta orang dari seluruh dunia, dan mengumpulkan 88.500 ton sampah. Berikutnya, WCD kedua pada 21 September 2019, berhasil dilakukan serentak di 180 negara, menyatukan 21,2 juta orang, dan mengumpulkan 100.000 ton sampah. (Doni AS/Hartono)

Berita Terbaru

15 Apr 2021
Jamin Akses Permodalan Petani, Petrokimia Gresik Gandeng BRI Dalam Program Agro Solution
15 April 2021 16:09 / Komunikasi Korporat PG / 70x dilihat
15 Apr 2021
Direktur Utama Petrokimia Gresik Blusukan Tinjau Dampak Gempa Di Lumajang
15 April 2021 10:44 / Komunikasi Korporat PG / 71x dilihat
12 Apr 2021
Penerapan Manajemen Risiko di Petrokimia Gresik Membuahkan Penghargaan Nasional
12 April 2021 14:01 / Komunikasi Korporat PG / 102x dilihat
12 Apr 2021
Petrokimia Gresik Optimalkan Peran Pertanian Gresik Melalui "Demplot Dambaan" Phonska OCA Di 21 Titik
12 April 2021 10:39 / Komunikasi Korporat PG / 134x dilihat