PG Masuk Nominasi ‘LIPI Science-Based Industrial Innovation Award 2017’

23 Agustus 2017 10:25 / Humas PG / 5347x dilihat

Tim Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengunjungi PT Petrokimia Gresik (PG), Selasa 22 Agustus 2017. Kedatangan tim LIPI rangka verifikasi dan kunjungan lapangan ‘LIPI Science-Based Industrial Innovation Award 2017’.

Direktur Teknik & Pengembangan (Dirtekbang) PG, Arif Fauzan dalam sambutannya menyampaikan, program riset PG terbesar dibandingkan dengan perusahaan lain di satu grup PT Pupuk Indonesia. Target riset, harus bisa menciptakan produk inovasi tiap tahunnya.

“Semoga kunjungan Dewan Juri memberikan semangat bagi PG, karena kami selalu menjunjung tinggi inovasi. Tanpa inovasi PG tidak akan sebesar sekarang ini. Kami melakukan lompatan di bidang inovasi, dalam rangka menambah revenue, yang ujung-ujungnya menambah profit dan kesejahteraan karyawan,” ungkap Dirtekbang.

Tata nilai perusahaan PG menempatkan inovasi pada poin kedua. PG selalu membuatkan ‘panggung’ bagi para innovator, baik itu inovasi produk maupun inovasi proses. ‘Panggung’ tersebut adalah konvensi inovasi yang digelar tiap tahunnya. PG juga berupaya menjadikan inovasi sebagai sebuah budaya di setiap karyawan PG.

Prof. Hariyono, salah satu Dewan Juri menyampaikan selamat kepada PG karena berhasil menjadi saah satu nominasi dari program award yang diadakan LIPI. Ada parameter dan proses panjang sehingga menjadiakan PG masuk nominasi. Hampir satu tahun Dewan Juri melakukan pengamatan, baik dari jauh, maupun dari dekat.

”Dewan Juri mendapatkan pesan dari inisiator award, dalam hal ini LIPI. Salah satu misi LIPI adalah ikut serta memajukan industri di Tanah Air. Program ini merupakan salah satu upaya LIPI dalam memajukan industri di Indonesia,” ujar Prof. Hariyono.

Kunjungan Dewan Juri ke PG juga dalam rangka ‘memetik’ pelajaran. Salah satunya visi yang tidak ter-publish, dimana bagi PG inovasi adalah revenue. Hal ini disampaikan Prof. Hariyono jarang didengar di industri lain.

“Ini adalah bahasa lain yang menempatkan inovasi sebagai suatu hal yang penting. Jadi kehadiran kami di PG kali ini menurut bahasa kami, kami ingin belajar, ingin mengetahui bagaimana ceritanya PG bisa semaju ini. Dari sanalah kami dapat merangkum dan menjadikan cerita lain untuk dipraktikkan di industri lainnya,” ujarnya.

Persentasi terkait inovasi dan riset PG disampaikan langsung oleh Dirtekbang.*/isp.-

Berita Terbaru

24 Mar 2024
Petrokimia Volleyball Academy Menjadi Tim Putri Pertama yang Menjuarai Nusantara Cup
24 Maret 2024 20:50 / Komunikasi Korporat PG / 790x dilihat
22 Mar 2024