PG Masuk Nominasi ‘LIPI Science-Based Industrial Innovation Award 2017’

23 Agustus 2017 10:25 / Humas PG / 2336x dilihat

Tim Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengunjungi PT Petrokimia Gresik (PG), Selasa 22 Agustus 2017. Kedatangan tim LIPI rangka verifikasi dan kunjungan lapangan ‘LIPI Science-Based Industrial Innovation Award 2017’.

Direktur Teknik & Pengembangan (Dirtekbang) PG, Arif Fauzan dalam sambutannya menyampaikan, program riset PG terbesar dibandingkan dengan perusahaan lain di satu grup PT Pupuk Indonesia. Target riset, harus bisa menciptakan produk inovasi tiap tahunnya.

“Semoga kunjungan Dewan Juri memberikan semangat bagi PG, karena kami selalu menjunjung tinggi inovasi. Tanpa inovasi PG tidak akan sebesar sekarang ini. Kami melakukan lompatan di bidang inovasi, dalam rangka menambah revenue, yang ujung-ujungnya menambah profit dan kesejahteraan karyawan,” ungkap Dirtekbang.

Tata nilai perusahaan PG menempatkan inovasi pada poin kedua. PG selalu membuatkan ‘panggung’ bagi para innovator, baik itu inovasi produk maupun inovasi proses. ‘Panggung’ tersebut adalah konvensi inovasi yang digelar tiap tahunnya. PG juga berupaya menjadikan inovasi sebagai sebuah budaya di setiap karyawan PG.

Prof. Hariyono, salah satu Dewan Juri menyampaikan selamat kepada PG karena berhasil menjadi saah satu nominasi dari program award yang diadakan LIPI. Ada parameter dan proses panjang sehingga menjadiakan PG masuk nominasi. Hampir satu tahun Dewan Juri melakukan pengamatan, baik dari jauh, maupun dari dekat.

”Dewan Juri mendapatkan pesan dari inisiator award, dalam hal ini LIPI. Salah satu misi LIPI adalah ikut serta memajukan industri di Tanah Air. Program ini merupakan salah satu upaya LIPI dalam memajukan industri di Indonesia,” ujar Prof. Hariyono.

Kunjungan Dewan Juri ke PG juga dalam rangka ‘memetik’ pelajaran. Salah satunya visi yang tidak ter-publish, dimana bagi PG inovasi adalah revenue. Hal ini disampaikan Prof. Hariyono jarang didengar di industri lain.

“Ini adalah bahasa lain yang menempatkan inovasi sebagai suatu hal yang penting. Jadi kehadiran kami di PG kali ini menurut bahasa kami, kami ingin belajar, ingin mengetahui bagaimana ceritanya PG bisa semaju ini. Dari sanalah kami dapat merangkum dan menjadikan cerita lain untuk dipraktikkan di industri lainnya,” ujarnya.

Persentasi terkait inovasi dan riset PG disampaikan langsung oleh Dirtekbang.*/isp.-

Berita Terbaru

08 Jul 2020
Petrokimia Gresik Anggarkan Rp41,8 Miliar Untuk Bantu UMKM Di Tahun 2020
08 Juli 2020 09:00 / Humas PG / 45x dilihat
06 Jul 2020
04 Jul 2020
Petrokimia Gresik Tingkatkan Produktivitas Pertanian Di Gorontalo
04 Juli 2020 19:53 / Humas PG / 85x dilihat
03 Jul 2020
Penurunan Harga Gas Bumi Perkuat Daya Saing Petrokimia Gresik
03 Juli 2020 19:13 / Humas PG / 117x dilihat