Petrokimia Gresik Raih Sertifikat Industri Hijau

17 Desember 2019 09:06 / Humas PG / 357

PT Petrokimia Gresik menerima Sertifikat Industri Hijau (SIH) dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin). Penyerahan SIH dilakukan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenperin, Achmad Sigit Dwi Wahjono kepada Direktur Produksi (Dirprod) Petrokimia Gresik, I Ketut Rusnaya, pada acara Penganugerahan Penghargaan Industri Hijau, Rintisan Teknologi, Litbang Unggulan, Penyerahan Sertifikat Industri Hijau dan Pemenang Sarana Penelitian Industri Terapan (SPIRIT) Tahun 2019, di Kantor Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Senin (16/12/2019).

Kegiatan ini merupakan program dari Kementerian Perindustrian untuk mendorong industri menerapkan prinsip-prinsip dan standar industri hijau yg ramah lingkungan. Prinsip-prinsip tersebut mencakup efisiensi produksi untuk penggunaan bahan baku, bahan penolong, energi, air utilitas serta pengelolaan lingkungan hidup.

Sekjen Kemenperin, Achmad Sigit Dwiwahjono menyampaikan, seiring dengan semakin tingginya kepedulian pasar akan kelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan, maka saat ini industri hijau menjadi tuntutan pasar.

Penerapan konsep industri hijau bertujuan untuk mendorong berbagai perusahaan untuk terus meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi melalui penghematan biaya dan sumber daya alam.

PT Petrokimia Gresik telah mendapatkan SIH sejak tahun 2018 dan berlaku s/d tahun 2022. Di tahun 2019, Petrokimia Gresik melakukan surveillance SIH, dan berhasil mempertahankan SIH.

PT Petrokimia Gresik mendapatkan SIH, karena dalam proses produksinya telah melakukan efisiensi bahan baku dan bahan penolong, serta efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan, antara lain melakukan efisiensi penggunaan energi dan air, sehingga mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan tetap melestarikan fungsi lingkungan hidup, serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Dirprod Petrokimia Gresik, I Ketut Rusnaya mengatakan, sertifikasi industri hijau yang diraih ini harus menjadi pelecut semangat Insan Petrokimia Gresik untuk meningkatkan kinerja dengan lebih baik lagi. Menjadikan Petrokimia Gresik sebagai perusahaan solusi agroindustri yang semakin ramah lingkungan. Hartono

Berita Terbaru

Penggunaan Merek Dagang
21 Feb 2020
Penggunaan Merek Dagang
21 Februari 2020 11:03 / Humas PG / 50
Lomba K3 Masyarakat Sekitar Perusahaan
21 Feb 2020
Lomba K3 Masyarakat Sekitar Perusahaan
21 Februari 2020 10:03 / Humas PG / 36
Petrokimia Gresik Dukung Pelaksanaan Kartu Petani Berjaya di Lampung
19 Feb 2020
Petrokimia Gresik Dukung Pelaksanaan Kartu Petani Berjaya di Lampung
19 Februari 2020 19:11 / Humas PG / 65
Phonska Plus Mampu Dongkrak Produktivitas Padi Hingga 44% di Lampung Tengah
19 Feb 2020
Phonska Plus Mampu Dongkrak Produktivitas Padi Hingga 44% di Lampung Tengah
19 Februari 2020 19:00 / Humas PG / 51