Perjelas subsidi, Kementan siapkan roadmap pupuk organik

03 Juli 2012 13:25 / http://www.bisnis.com / 4952x dilihat

Oleh Sepudin Zuhri

JAKARTA: Pemerintah tengah merancang peta jalan (roadmap) pupuk organik untuk memperjelas mekanisme subsidi yang selama ini seringkali menghadapi persoalan.

Komisi IV DPR dalam rapat kerja dengan Menteri Pertanian Suswono pekan lalu meminta agar subsidi pupuk organik dihentikan, karena tidak memberikan manfaat kepada petani.

Selain itu, pola pemberian bantuan yang dilaksanakan melalui Kementan agar dilakukan melalui penunjukan langsung (PSO), bukan melalui sistem tender.

Hal itu disebabkan sistem tender seringkali menyebabkan realisasi penyaluran bantuan tidak sampai ke petani pada tepat waktu. Sebagai contoh, akibat proses tender yang memakan waktu, realisasi penyaluran bantuan langsung itu sampai ke petani, setelah mereka melakukan tanam, sehingga bantuan menjadi sia-sia.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Sumardjo Gatot Irianto mengatakan pihaknya sedang membuat roadmap pupuk organik.

"Pupuk organik dimulai dengan pemberian gratis [kepada petani] melalui program Bantuan Langsung Pupuk (BLP) agar mereka aware [peduli]," ujarnya kepada Bisnis, hari ini.

Setelah petani peduli terhadap penggunaan pupuk organik, maka pola BLP itu dilanjutkan dengan pola subsidi pupuk organik, yaitu harga pupuk itu disubsidi, sehingga petani membeli dengan harga lebih murah.

Setelah pola subsidi pupuk organik dilakukan dalam periode tertentu, selanjutnya masuk dalam tahap komersial, yaitu sesuai mekanisme pasar. Petani diharapkan mampu memproduksi pupuk organik melalui Unit Pengolahan Organik (UPO) yang sudah mulai dilakukan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBN).

Untuk itu, pemerintah, katanya, sedang menetapkan daerah mana saja yang suadh menerima BLP serta berapa banyak petani yang sudah memperoleh pupuk organik bersubsidi.

Menurutnya, untuk mencapai tahap komersialisasi pupuk organik itu membutuhkan waktu sekitar 5 tahun atau 2-3 tahun. "2-3 tahun lagi untuk subsidi [pupuk organik]." (arh)

http://www.bisnis.com/articles/perjelas-subsidi-kementan-siapkan-roadmap-pupuk-organik

Berita Terbaru

14 Mar 2024
Anugerah BUMN 2024 Petrokimia Gresik Menjadi Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam Transformasi Digital
14 Maret 2024 08:40 / Komunikasi Korporat PG / 395x dilihat
11 Mar 2024
NPK Phonska Plus & Urea Petro Menjadi Merk yang Dipilih dan Direkomendasikan Petani
11 Maret 2024 08:26 / Komunikasi Korporat PG / 757x dilihat
07 Mar 2024
Menyambut Ramadan 1445h, Petrokimia Gresik Salurkan Bantuan Untuk Ratusan Tempat Ibadah dan Lembaga Sosial
07 Maret 2024 11:08 / Komunikasi Korporat PG / 481x dilihat