Napak Tilas Setengah Abad Petrokimia Gresik

30 Juli 2022 19:00 / Komunikasi Korporat PG / 118x dilihat

Cerita mengenai Petrokimia Gresik akan selalu terpatri dalam ingatan setiap Insan Petro. Rambut yang sudah memutih, dan langkah yang mulai melambat tidak menggoyahkan semangat para Insan Petro pendahulu. Pada rangkaian acara semarak 50 tahun Petrokimia Gresik bersama dengan jajaran Direksi purna, menapaki tilas dengan rute yang melewati Pabrik I hingga Pabrik III, dan para istri-istri yang melewati area perumahan beserta gedung PIKA PG pada Sabtu, 30 Juli 2022

Manis dan Pahit, Suka dan Duka di Petrokimia Gresik

Perjalanan singkat menapaki setiap wilayah pabrik, dimulai dari Pabrik I yang mencakup gedung lama dan pabrik Amonia Urea yang pertama di Petrokimia Gresik membawa kenangan tersendiri bagi generasi pendahulu yang mengalami jatuh-bangun dalam setiap prosesnya. Endarto, Direktur Utama Petrokimia Gresik periode 1990 - 1995 yang dahulu berusaha sekreatif mungkin agar Petrokimia Gresik tetap hidup.

“Karena pabrik ini kan waktu dibangun, materialnya sudah, sudah datang jauh sebelumnya sudah dari tahun 60-an, 1963, 1965, barang datang. Sedangkan produksinya kan tahun ’72, Urea. Makanya hari ulang tahunnya adalah 10 Juli itu adalah pada waktu urea pertama produksi. Bukan proyek-nya yang pertama, tapi produksinya yang pertama”, ungkapnya ketika menceritakan awal mula pendirian pabrik Amonia Urea I.

Segala jerih payah Endarto terbayarkan melihat perkembangan dan kemajuan seluruh pabrik Petrokimia Gresik saat ini, yang tidak hanya diperluas namun juga semakin maju dengan berbagai fasilitas yang berbasis digital.

Berfoto untuk Kenangan yang Baru

Tidak lengkap rasanya, jika pada suatu momen spesial tidak diabadikan dalam rangkaian foto bersama. Dalam Napak Tilas kali ini, seluruh Direksi Purna dan Jajaran Direksi Petrokimia Gresik saat ini juga melakukan foto bersama di beberapa spot foto pada area Petrokimia Gresik, mulai dari Pabrik I, Pabrik II, dan berakhirnya seluruh rangkaian Plant Tour di Gedung Graha Petrokimia Gresik bersama para istri Direksi.

Petrokimia Gresik, menyimpan sejuta memori bagi setiap Insannya. Perusahaan yang pada awal pendiriannya bernama Proyek Petrokimia Surabaya. Perjalanan Petrokimia Gresik sepanjang setengah abad, tidak terlepas dari sumbangsih para pendahulu yang terukir gemilang. Di usia genap 50 tahun ini, dengan semangat Beyond Infinity, Petrokimia Gresik terus tumbuh dan berkembang guna melanjutkan peran sebagai solusi bagi agroindusti dan penopang utama Ketahanan Pangan Nasional. (*/MIR/WA)

Berita Terbaru

04 Aug 2022
Petrokimia Gresik Hadirkan Tiga Produk Baru untuk Peningkatan Produktivitas Pertanian di Indonesia
04 Agustus 2022 14:52 / Komunikasi Korporat PG / 149x dilihat
03 Aug 2022
31 Jul 2022
Gebyar PETROPHORIA 50 Petrokimia Gresik
31 Juli 2022 12:33 / Komunikasi Korporat PG / 118x dilihat
30 Jul 2022
Napak Tilas Setengah Abad Petrokimia Gresik
30 Juli 2022 19:00 / Komunikasi Korporat PG / 118x dilihat