Meningkatkan Kompetensi Karang Taruna Binaan PG

05 Oktober 2016 09:37 / Humas PG / 2877x dilihat

Sekali lagi PT Petrokimia Gresik (PG) menunjukkan eksistensinya kepada masyarakat sekitar perusahaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR). Kegiatan community development dilaksanakan dengan pelatihan kewirausahaan untuk pemuda / karang taruna di wilayah ring I.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu (4/10) bertempat di gedung Pengembangan SDM PG, dan secara resmi dibuka oleh Wahyudi, Sekertaris Perusahaan (Sesper) PG. Dalam kesempatan ini hadir Camat Gresik, Camat Manyar dan Lurah/ Kepala Desa Ring I perusahaan serta tim dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Gresik sebagai pemateri.

Pelatihan dan pendampingan kewirausahaan diikuti 8 karang taruna dari setiap desa ring I. Karang taruna di wilayah ring I ada 4 kelurahan yang sudah memiliki badan usaha koperasi dan sisanya belum mempunyai. Kegiatan ini juga sebagai stimulan untuk karang taruna yang akan mendirikan badan usaha koperasi. “Kegiatan ini sebagai motivasi dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi kalangan muda” ujar Sesper PG. Memberdayakan pemuda untuk berkarya dalam bidang usaha salah satu cara untuk mengurangi penggangguran di wilayah desa/ kelurahan dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Kedepan badan usaha koperasi milik karang taruna desa sekitar ring I akan dijadikan rekanan PT Petrokmia Gresik, seperti 4 karang taruna yang sudah memiliki badan usaha koperasi seperti, Kelurahan Tlogopojok, Kelurahan Lumpur, Desa Roomo dan Kelurahan Ngipik. Bidang usaha yang digeluti antara lain jasa borongan tenaga kerja, pengadaan barang, konveksi, advertising.

Acara yang dilaksanakan selama 8 hari dengan materi pengembangan usaha yang ada di wilayah tersebut dan sistem pelaporan keuangan dan sistem perpajakan secara benar sesuai kaidah akuntansi. Materi juga akan dibedakan untuk karang taruna yang sudah memiliki badan usaha dan yang belum.

Diakhir pelatihan peserta pelatihan akan diajarkan usaha di bidang kuliner. Menggandeng PT Bogasari, mengajarkan tentang pembuatan dan pengembangan usaha bakery. Kegiatan ini bisa sebagai contoh usaha yang akan digeluti para peserta pelatihan. dun / isp.-

Berita Terbaru

16 Jan 2021
Pupuk Indonesia Terus Percepat Distribusi ke Gudang dan Kios
16 Januari 2021 22:52 / Humas PG / 42x dilihat
14 Jan 2021
Petrokimia Gresik Himbau Petani Terapkan Pemupukan Berimbang
14 Januari 2021 17:16 / Humas PG / 89x dilihat
07 Jan 2021
Pupuk Indonesia Persiapkan Diri Menghadapi Musim Tanam
07 Januari 2021 16:24 / Humas PG / 204x dilihat
07 Jan 2021
Waspada Covid19 Klaster Keluarga
07 Januari 2021 16:17 / Humas PG / 136x dilihat