Meneg BUMN Rini Soemarno Panen Raya di Lamongan

21 Mei 2015 14:27 / http://beritajatim.com / 2987x dilihat
Lamongan (beritajatim.com) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Kamis (21/5/2015), melakukan panen raya di Desa Wonokromo, Kecamatan Tikung, Lamongan.

Dalam panen raya tersebut Meneg BUMN Rini Soemarno juga didampingi Bupati Lamongan Fadeli, dan Direktur Produksi PT Petrokimia Gresik (PG), Nugroho Christijanto serta Direktur SDM dan Umum, Irwansyah.

Dihadapan sejumlah gabungan kelompok tani (Gapoktan). Mantan Menperindag di era Presiden Megawati mendengarkan aspirasi maupun keluhan petani saat panen tiba.

"Petani di Lamongan masih butuh banyak pupuk bersubsidi. Selain itu, permasalahan pengairan dari 12 waduk yang ada sebagian besar sudah bersedimen tinggi karena kurang perhatian pemerintah pusat," ujar Bupati Lamongan Fadeli.

Ia menambahkan, terkait dengan masalah itu. Pemkab Lamongan
berharap melalui Kementrian BUMN pengerukan waduk yang bersedimen bisa dilakukan. Langkah ini diambil supaya bisa menampung air lebih besar. Sehingga, petani bisa panen dua kali.

"Pemerintah menargetkan kami 990 ribu ton gabah kering. Dari target itu, kami mampu merealisasikan 1,02 juta ton dengan produktivitas rata-rata 1,8 ton per hektarnya," tambahnya.

Menanggapi hal ini, Meneg BUMN Rini Soemarno mengatakan, dirinya menyambut apresiasi kerja keras petani Lamongan yang bisa menghasilkan panen dengan jumlah tinggi.

"Saya sangat apresiasi dengan kerja keras petani Lamongan dan kalau bisa terus ditingkatkan. Terkait banyaknya waduk yang bersedimen tinggi, kami segera berkordinasi dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) untuk menindaklanjuti," paparnya.

Rini Soemarno juga menuturkan, untuk menghasilkan panen yang melimpah. Kementriaannya meminta dukungan PT Petrokimia Gresik agar petani secara nasional bisa menghasilkan 7 ton per hektarnya.

"Saya minta bantuan agar PIHC selaku holding-nya pabrik pupuk segera melakukan terobosan agar hasilnya bisa maksimal," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Produksi PT Petrokimia Gresik (PG), Nugroho Christijanto terkait dengan permintaan Meneg BUMN Rini Soemarno menyambut positif. Sebab, pada prinsipnya sebagai perusahaan yang mengawal ketahanan pangan siap membantu peningkatan hasil panen petani.

"Kami tidak hanya menghasilkan pupuk saja tapi PG juga terus melakukan inovasi demi menghasilkan hasil panen yang melimpah," pungkasnya. [dny/ted]

Berita Terbaru

15 Apr 2021
Jamin Akses Permodalan Petani, Petrokimia Gresik Gandeng BRI Dalam Program Agro Solution
15 April 2021 16:09 / Komunikasi Korporat PG / 52x dilihat
15 Apr 2021
Direktur Utama Petrokimia Gresik Blusukan Tinjau Dampak Gempa Di Lumajang
15 April 2021 10:44 / Komunikasi Korporat PG / 55x dilihat
12 Apr 2021
Penerapan Manajemen Risiko di Petrokimia Gresik Membuahkan Penghargaan Nasional
12 April 2021 14:01 / Komunikasi Korporat PG / 86x dilihat
12 Apr 2021
Petrokimia Gresik Optimalkan Peran Pertanian Gresik Melalui "Demplot Dambaan" Phonska OCA Di 21 Titik
12 April 2021 10:39 / Komunikasi Korporat PG / 112x dilihat