Latih Pemuda, Upaya PG Minimalkan Pengangguran

21 November 2017 15:42 / Humas PG / 2135x dilihat

Bertempat di ruang kelas gedung Departemen Pengembangan SDM PT Petrokimia Gresik (PG), para pemuda yang tergabung dalam karang taruna di delapan desa/kelurahan sekitar perusahaan hadir untuk mengikuti acara pembukaan pelatihan servis AC. Pelatihan yang diusung oleh PG bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja ini dimulai pada tanggal 21 November 2017 dan akan berakhir pada 8 Desember 2017 mendatang.

Acara dibuka secara resmi oleh GM Umum PG, Dwi Tjahjo Juniarto. “Dengan menyiapkan tenaga terampil, khususnya di bidang jasa servis AC, kami berharap dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran bagi masyarakat di wilayah sekitar perusahaan,” terangnya.

Pelatihan ini merupakan salah satu program CSR perusahaan dalam mengembangkan kemampuan masyarakat, dalam hal ini karang taruna. Manager CSR, Sugito Siswojo, melalui laporannya menerangkan bahwa peserta pelatihan ini berjumlah 20 orang yang berasal dari 8 (delapan) desa/kelurahan di sekitar perusahaan. “Peserta terdiri dari delapan desa/kelurahan yang berada paling dekat dengan perusahaan, diantaranya Kelurahan Sukorame, Kroman, Karangturi, Roomo, Ngipik, Karangpoh, Tlogopojok dan Lumpur,” jelasnya.

Para peserta tidak hanya mendapat pelatihan, namun juga mendapat hibah peralatan kerja untuk masing-masing desa/kelurahan dan kesempatan magang. Dinas Tenaga Kerja juga akan memberikan sertifikat untuk seluruh peserta pelatihan. Sertifikat ini nantinya dapat dijadikan modal untuk membantu dalam mendapatkan pekerjaan.

Kepala Bidang Pelatihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik, Dyah Prasasti Saptorini, turut hadir dalam acara tersebut. “Pelatihan ini nantinya akan dilaksanakan selama 15 hari. Seluruh peserta juga didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan, sebagai salah satu langkah antisipasi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Camat Gresik, Nurul Puspita Wardani, ikut hadir dan memberikan sambutannya. Ia berpesan agar hasil pelatihan nantinya harus bisa dimanfaatkan dan diaplikasikan langsung di dunia kerja. “Apalagi nanti akan mendapat hibah dari Petrokimia Gresik, silakan dimanfaatkan secara maksimal dan jangan lupa untuk mentransfer ilmu yang telah didapat ke teman-teman anggota karang taruna yang lain,” terangnya.

Setelah resmi dibuka pada hari ini, para peserta didampingi oleh Lembaga Pelatihan Kerja dan Dinas Tenaga Kerja akan melanjutkan pelatihan dengan pemberian materi dan praktek yang bertempat di Balai Latihan Kerja Kabupaten Gresik. Ria Hermila/isp.-

Berita Terbaru

21 Jan 2021
Petrokimia Gresik Salurkan Bantuan CSR Bestro Full Cover Rp1,7 Miliar
21 Januari 2021 11:25 / Humas PG / 70x dilihat
20 Jan 2021
Petrokimia Gresik Dorong Distributor Tebus Pupuk Bersubsidi
20 Januari 2021 12:33 / Humas PG / 92x dilihat
19 Jan 2021
Luncurkan Program Agro Solution, Petrokimia Gresik Tanam Perdana Jagung Di Lombok Timur
19 Januari 2021 17:38 / Humas PG / 87x dilihat
18 Jan 2021
Wakil Bupati Gresik Saksikan Penyuntikan Vaksin Covid 19 Untuk Nakes di RSPG
18 Januari 2021 11:53 / Humas PG / 86x dilihat