GRESIK JUARA I LOMBA CIPTA MENU B2SA

16 Desember 2013 10:01 / http://gresikkab.go.id / 3085x dilihat

Kab Gresik akhirnya mampu menyisihkan 38 kab/kota se Jawa Timur pada lomba Cipta Menu tahun 2013 Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) kategori penyajian dan cita rasa, lomba tersebut dalam rangka memperingati hari pangan sedunia XXXIII, tema pelaksanaan lomba cipta menu tersebut “melestarikan pangan lokal dan resep khas Daerah melalui pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA).

Menurut Ketua TP PKK Kab Gresik Hj Maria Ulfa Sambari HR, menjelaskan kemenangan Gresik sebagai juara I lomba cipta Menu B2SA, bukan merupakan tujuan akhir, namun sebagai cambuk untuk menggali potensi Gresik lebih banyak lagi. Karena lomba tersebut di maksudkan untuk mendorong kreatifitas ibu-ibu dalam mengolah dan menyajikan menu keluarga sehari-hari yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

Kemenangan ini juga sebagai motivasi masyarakat agar mau mengkonsusmsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman, karena dengan mengkonsumsi makanan yang berkwalitas memiliki peran penting dalam membentuk sumber Daya Manusia yang berkualitas. Dalam pemenuhan konsumsi sehari-hari, seorang ibu memegang peran penting untuk menentukan dan menyiapkan menu. Untuk itu, seorang ibu harus memiliki pengetahuan agar dapat menyajikan menu yang berkwalitas.

Saya berharap dengan meraih juara I kategori penyajian dan cita rasa ini ibu-ibu mampu membangun Budaya keluarga dan masyarakat untuk mengkonsumsi aneka menu makanan khas Daerah sesuai prinsip B2SA antara lain melalui pemanfaatan hasil pekarangan. Mengangkat citra makanan khas Daerah agar dapat di gemari dan mampu bersaing dengan makanan Modern, dan mendorong meningkatkan kreativitas masyarakat dalam memilih, menentukan,menyusun dan menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal.

Daerah dengan potensi sumber daya alam yang melimpah memiliki kekayaan makanan khas Daerah yang cukup bervariasi dengan rasa spesifik dan banyak mengandung gizi. Aneka ragam makanan khas Daerah ini bila di kembangkan dengan baik dapat mendukung penganekaragaman pangan. Di sisi lain, konsumsi yang berkualitas memiliki peran penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk itu di harapkan bisa mendorong ibu-ibu untuk menyiapkan menu keluarga yang berkualitas dengan berbasis B2SA.B2SA adalah aneka rgam bahan pangan, baik sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral, yang bila dikonsumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan tidak tercermar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan. (dwi)

http://gresikkab.go.id/berita/12122013/gresik-juara-i-lomba-cipta-menu-b2sa.html

Berita Terbaru

06 Aug 2020
Petrokimia Gresik Terapkan Pembelajaran Digital Untuk Program Magang Mahasiswa
06 Agustus 2020 11:29 / Humas PG / 41x dilihat
03 Aug 2020
Rahmad Pribadi Dinobatkan Sebagai Top Leader On CSR Commitment 2020
03 Agustus 2020 16:26 / Humas PG / 103x dilihat
02 Aug 2020
Rahmad Pribadi : Petrokimia Gresik Dukung Penelitian Deteksi Virus Penyebab Covid-19
02 Agustus 2020 19:18 / Humas PG / 138x dilihat
02 Aug 2020
Idul Adha 1441 H
02 Agustus 2020 11:15 / Humas PG / 157x dilihat