Dunia Sepakat Industri Pupuk Harus Disubsidi

11 November 2013 13:12 / http://www.metrotvnews.com / 6735x dilihat

Metrotvnews.com, Nusa Dua: Produsen pupuk dunia masih berharap menerima subsidi dari pemerintah dalam rangka mengawal ketahanan pangan domestik. Berbeda dengan Indonesia, Pemerintah China dan India masih memberikan subsidi porsi besar kepada sektor pertanian mereka.

"Ini masalah ketahanan pangan. India memilih kebijakan yang fokus pada low input ke petani dan low output ke konsumen, tapi tetap mensejahterakan petani," kata Dirjen Asosiasi Produsen Pupuk India Satish Chander dalam konferensi tahunan International Fertilizer Association (IFA) di Nusa Dua, Bali, Rabu (6/11).

Pada konferensi IFA kali ini, isu subsidi bagi industri pupuk dan sektor pertanian menjadi bahasan utama. Perwakilan India, China, Pakistan, Bangladesh, termasuk Indonesia sepakat perlu adanya keberpihakan negara dalam mengawal ketahanan pangan.

Satish menjelaskan keberpihakan India terhadap industri pupuk dilakukan sejak 1985 dengan memasukan industri pupuk sebagai industri strategis yang dikontrol pemerintah. Alasannya, produksi dan distribusi pupuk tidak dapat diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar. Pemberian subsidi dipahami sebagai cara untuk tetap menjaga mekanisme pasar, namun memberi perlindungan bagi petani dan konsumen.

"Teori sederhananya, harga eceran tertinggi (HET) pasti lebih rendah dari harga riil pupuk di tingkat petani. Selisih antara harga HET yang ditetapkan dan harga delivery pupuk ini lah yang disubsidi," papar Satish. (Tjahyo Utomo)

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/11/06/2/192877/Dunia-Sepakat-Industri-Pupuk-Harus-Disubsidi

Berita Terbaru

06 Apr 2024
Mudik Asyik Bersama BUMN 2024, Petrokimia Gresik Berangkatkan 200 Pemudik ke Empat Rute di Jawa Timur
06 April 2024 21:35 / Komunikasi Korporat PG / 243x dilihat
03 Apr 2024