Dua Siswa SMAN I Manyar Sabet Juara Robotik Internasional

18 November 2014 09:56 / http://www.bangsaonline.com / 2262
GRESIK (bangsaonline) - Dua siswa SMAN I Manyar, Aldion Harlystia Putra siswa kelas XI MIA 4 dan Calvin Janita Bastama kelas XI MIA 6 berhasil menyabet juara internasional dari hasil karyanya robot the dexter yang berjudul plowing and watering robot dengan menyabet Certificate of Excellence Tehnical Award In Creative Category Challenge pada lomba the 16th International Robot Olympiad (IRO) Competition, di Beijing China yang diselenggarakan pada 5 – 9 Nopember 2014.

Mereka bertandang ke kantor Bupati-Wabup Gresik, Sambari Halim Radianto-Wakil Bupati Gresik di ruang kerjanya, Senin (17/11/2014). Mereka membawa piala, medali dan sertifikat yang didapat dengan diantar oleh guru pembimbing, Endang Susi Kurniawati dan Kepala Sekolah, Abdul Gofur dan Kepala Dinas Pendidikan Gresik M Nadlif.

Aldion dan Calvin berhasil menyabet juara setelah berhasil menyisihkan 1.800 peserta dari 200 negara se dunia. Dua siswa asal SMA Negeri I Manyar tersebut merupakan perwakilan tim Jawa Timur dari Kontingen Indonesia. “Satu tim terdiri dari tiga orang, dua orang dari SMAN I Manyar dan satu anggota yang lain dari Kota Pasuruan,” ujar Aldion usai bertemu Bupati dan Wabup.

Menurut Aldion, untuk bisa memenangkan juara tersebut, timnya hanya mengeluarkan biaya Rp 12 juta. Padahal peserta lain menghabiskan biaya hingga ratusan juta rupiah.

Ditambahkan Aldion, untuk bisa memenangkan lomba, timnya berupaya meyakinkan anggota dewan juri yang terdiri dari 4 orang. Mereka yang berasal dari China, Korea, India dan Perancis. Ketua Dewan Juri Jong-Hwankim Profesor yang merupakan President International Robot Olympiad Commitee asal Korea saat itu, menurut Aldion hanya menanyakan singkat, apa yang kamu buat ? " Kami menjelaskan se detail mungkin mulai dari latar belakang, perencanaan robot serta bagian-bagian robot yang saya buat,” terang Aldion.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan dua pelajar SMAN I Manyar tersebut." Kami mengapresiasi prestasi international kedua siswa tersebut yang telah mengharumkan nama Kabupaten Gresik di mata dunia. Kami akan membantu memfasilitasi apabila saatnya nanti mereka masuk pada perguruan tinggi,” kata Bupati.

Wabup Moch Qosim berpesan agar Aldion dan Calvin semakin meningkatkan kualitas yang dimilikinya. “Kami meminta Aldion dan Calvin memperdalam kualitas dalam berbahasa Inggris. Karena dengan lancar berbahasa Inggris akan lebih memudahkan berkomunikasi dengan dunia International,” pesannya.
editor : nisa
wartawan : syuhud almanfaluty

Berita Terbaru

On Site Visit Evaluation SNI Award 2019
17 Sep 2019
On Site Visit Evaluation SNI Award 2019
17 September 2019 10:01 / Humas PG / 18
Move Forward periode Agustus 2019
17 Sep 2019
Move Forward periode Agustus 2019
17 September 2019 09:54 / Humas PG / 12
Pelelangan Bersama Jasa Distribusi Pupuk Menggunakan Angkutan Darat
16 Sep 2019
Pelelangan Bersama Jasa Distribusi Pupuk Menggunakan Angkutan Darat
16 September 2019 09:18 / Humas PG / 33
NPK Petro Nitrat Tingkatkan Panen Jeruk Siam Madu di Kab. Karo
12 Sep 2019
NPK Petro Nitrat Tingkatkan Panen Jeruk Siam Madu di Kab. Karo
12 September 2019 19:30 / Humas PG / 59