Distributor 4 Pabrikan Pupuk ke IBM Bojonegoro

31 Mei 2013 13:49 / http://blokbojonegoro.com / 3863x dilihat
Reporter: Riska Irdiana

blokBojonegoro.com - Puluhan distributor dari empat pabrikan pupuk yang juga anak perusahaan PT Pupuk Indonesia Holding Company (Persero) atau PIHC, menggelar studi banding di Indo Baru Mandiri (IBM) di Desa Kedungbondo, Kecamatan Balen, Bojonegoro. Mereka berasal dari PT Pusri, PT Pupuk Kaltim, Iskandar Muda dan PT Kujang dan rata-rata berasal dari distributor pupuk yang dibawahi masing-masing pabrikan.

Studi banding Jumat (24/5/2013) berlangsung meriah, karena distributor yang hadir ingin mengetahui secara langsung bagaimana IBM yang dipimpin Zeria Umi Hanik itu bisa mempunyai pabrik pupuk organik yang memproduksi Petroganik. Apalagi dengan wilayah distribusi pupuk dari PT Petrokimia Gresik di enam kecamatan dipandang cukup berhasil.

"Kita ingin belajar dan melihat dari dekat, bagaimana proses dan mekanisme yang dijalankan distributor IBM di Bojonegoro. Termasuk melihat pabruk pupuk organik," kata salah seorang distributor asal Makasar.

Sementara itu perwakilan distributor IBM, Titis menjelaskan, selama ini pihaknya selalu menjadil kerjasama yang baik dengan kios resmi binaan dan kelompok tani. Bahkan, ada reward khusus kepada Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan Manteri Tani yang bagus setiap setahun dua kali.

"Dengan membangun sinergi, maka serapan pupuk ke petani sangat bagus. Sehinggat, kami selalu mendapat penghargaan dalam beberapa tahun belakangan ini," jelas Titis.

Belum lagi, berbagai program terus dilakukan dengan paket promosi yang baik. Sehingga, petani tertarik menerapkan pupuk berimbang saat masa tanam berlangsung. Itu sudah dilakukan sejak lama beserta kios dan pemangku kebijakan yang lain.

"Belum lagi pinjaman lunak yang kami terapkan dengan sistem pembayaran saat panet. Semua itu sangat memudahkan dan meringankan petani," jelasnya.

Staf Direksi PT PKG, Sri Purwaningsih menambahkan, kunjungan ini dalam rangka pembelajaran untuk program baru dari Pupuk Indonesia. Pabrikan pupuk dibawahnya diberikan amanat untuk menjalankan dan sejauh ini PT Petrokimia Gresik (PKG) yang sudah berjalan. Pembentukan cluster pangan ini sangat bagus untuk menjamin ketersediaan saat produksi maupun penjualan hasil dari petani.

"Teman-teman distributor yang dibawahi beberapa pabrikan ingin mengetahui secara langsung proses berjalannya cluster. Dan IBM di Bojonegoro salah satu yang sudah menjalankan," tambah Sri, panggilan akrabnya.

Setelah mendengar paparan di tempat pertemuan milik IBM, peserta studi banding menuju ke pabrik Petroganik yang lokasinya tak jauh dari kantor IBM. Mereka melihat proses pengolahan pupuk organik dari dekat dan ke penggilingan padi di Kecamatan Kedungadem yang dikelola IBM. [ana/mad]

Berita Terbaru

16 Jan 2021
Pupuk Indonesia Terus Percepat Distribusi ke Gudang dan Kios
16 Januari 2021 22:52 / Humas PG / 37x dilihat
14 Jan 2021
Petrokimia Gresik Himbau Petani Terapkan Pemupukan Berimbang
14 Januari 2021 17:16 / Humas PG / 86x dilihat
07 Jan 2021
Pupuk Indonesia Persiapkan Diri Menghadapi Musim Tanam
07 Januari 2021 16:24 / Humas PG / 201x dilihat
07 Jan 2021
Waspada Covid19 Klaster Keluarga
07 Januari 2021 16:17 / Humas PG / 133x dilihat