BUPATI AJAK WARGA PERKOTAAN BERKEBUN

28 Maret 2014 13:54 / http://gresikkab.go.id / 1514

Pemukiman memilki kecenderungan berkembang tanpa memperhatikan dampak-dampak yang ditimbulkan, seperti kepadatan serta mengabaikan jaringan-jaringan utilitas penting. Untuk menghindarinya Pemerintah Kabupaten Gresik merancang program yang bertujuan untuk menyelamatkan perkotaan dari dampak kemajuan zaman khususnya yang berdampak pada kehidupan manusia yaitu dengan Program Urban Farming. Program ini sudah di luncurkan sejak tahun lalu di beberapa wilayah perkotaan, tadi pagi Bupati Gresik mencanangkan Program Urban Farming di Kelurahan Sidorukun dengan di tandai penanaman 2000 bibit dan pohon bantuan dari PJB dan Petrokimia Gresik. Progran tersebut ternyata mendapat respon positif dari warga Perumahan, mereka dengan semangat langsung melakukan penanama baik di lokasi maupun di halaman rumahnya.

Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto menjelaskan,kenapa perlu adanya urban farming atau berkebun di perkotaan hal ini karena wilayah perkotaan cenderung kurang bersih udaranya akibat kendaraan dan polusi industri, ruang hijau kurang karena berkembangnya pemukiman /perumahan dan berkurangnya lahan atau ruang untuk penghijauan dan resapan air .dipihak lain disadari oleh kita semua akan kebutuhan udara yang bersih, hidup sehat dan kenyamanan dalam lingkungan hidup kita. untuk itu salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah dengan bercocok tanam/berkebun disekitar rumah masing masing penduduk yang ada diperkotaan.
Dengan berkebun atau bercocok tanam maka disamping kita memperoleh udara yang segar (karena tanaman siang hari menyerap gas karbon atau co2 dan menghasilkan oksigen atau o2) , juga kegiatan berkebun dapat dijadikan rekreasi keluarga. apalagi kalau yang ditanam selain bunga-bungaan juga sayuran, buah-buahan dan tanaman obat untuk keluarga, maka hal ini dapat mengurangi belanja harian berupa sayuran, buah maupun obat-obatan yang artinya juga menambah penghasilan untuk itu saya harapkan kepada pengurus RT/RW, tim penggerak pkk baik tingkat kelurahan maupun kecamatan serta penyuluh pertanian dapat mendorong dan memotivasi warga kota untuk melaksanakan bercocok tanam/berkebun di pekarangan masing-masing bagaimana dengan warga yang tidak memiliki lahan pekarangan, Bupati menjelaskan, program urban farming ini tidak mengenal tidak punya lahan, artinya sudah ada cara atau metode yang akan diberikan kepada warga oleh kader pkk yang telah dilatih bagaimana berkebun pada lahan yang terbatas yaitu yang dikenal dengan tanam dalam pot baik sayuran maupun buah-buahan dan juga bertanam secara vertikultur, nanti akan dibimbing oleh kader urban farming dan penyuluh pendamping saya mengharap program ini berjalan sesuai yang diharapkan untuk itu saya minta kerjasama semua pihak yang terkait baik skpd, tp pkk kabupaten dan juga perusahan /industri yang ada di wilayah gresik, kebomas dan manyar saya minta ikut berpartisipasi untuk itu dalam pelaksanaan program saya mengharap sinkronisasi program dan sinergi yang baik antar pihak yang terkait dengan pembinaan dan pengendalian program urban farming ini sinkronisasi dan sinergitas dalam pelaksanaan tersebut sangat dibutuhkan agar kegiatan berjalan dan didukung oleh partisipasi semua pihak yang terkait, tegas Bupati.

Sementara itu Kepala Bapeluh Kab Gresik Ir. Labat Wibowo melalui Kabag Humas Pemkab Gresik Agus Setya Prambudi, menjelaskan bahwa Program Urban Farming ini merupakan program uji coba yang diterapkan di 4 Kecamatan Kota yaitu, Kec, Gresik, Kebomas, Manyar dan Driyorejo. Dulu program Bapeluh hanya di fokuskan pada Pedesaan, namun berkat perkembangan zaman program tersebut di coba di terapkan di perkotaan. Program ini tidak hanya terfokus pada penghijauan namun sudah meluas di sektor pertanian, Perkebunan dan Perikanan. Diharapkan kedepan program ini bisa meringankan atau meminimalkan kebutuhan untuk rumah tangga bisa di pasok lewat penanaman bibit Produktif tersebut. (dwi)

http://gresikkab.go.id/berita/25032014/bupati-ajak-warga-perkotaan-berkebun.html

Berita Terbaru

Penghargaan SMK3 dan P2HIV-AIDS Dari Gubernur Jawa Timur
15 Jan 2020
Penghargaan SMK3 dan P2HIV-AIDS Dari Gubernur Jawa Timur
15 Januari 2020 09:26 / Humas PG / 63
Kunjungan DPRD Kabupaten Banyuwangi
14 Jan 2020
Kunjungan DPRD Kabupaten Banyuwangi
14 Januari 2020 08:41 / Humas PG / 59
Petrokimia Gresik Raih Penghargaan PROPER Hijau
08 Jan 2020
Petrokimia Gresik Raih Penghargaan PROPER Hijau
08 Januari 2020 19:30 / Humas PG / 88
Petrokimia Gresik Raih Proper Hijau
08 Jan 2020
Petrokimia Gresik Raih Proper Hijau
08 Januari 2020 17:02 / Humas PG / 134