Berkomitmen Untuk Memberikan yang Terbaik

12 Juli 2012 11:27 / Humas PKG / 2274

Menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa adalah pilihan. Untuk itu, momen hari ulang tahun (HUT) ke 40 PT Petrokimia Gresik ini, mari kita bersama mengukuhkan komitmen dan tekad untuk terus meningkatkan kinerja dan kontribusi bagi perekonomian Indonesia. Pada tahun 2012, PT Petrokimia Gresik (PKG) mendapat tugas dari pemerintah untuk menyediakan pupuk subsidi sebanyak 5.468.920 ton atau meningkat sebanyak 1,6 juta ton dibandingkan pada tahun 2011. Meningkatnya tugas dan tanggung jawab dari pemerintah ini menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan pemerintah kepada PKG. Oleh karena itu, PKG harus mampu menjaga keberlanjutan perusahaan dengan terus memperbaiki kinerja, sekaligus memperkuat komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi negeri ini.

Demikian disampaikan oleh Direktur Utama (Dirut) PKG, Hidayat Nyakman, saat menjadi inspektur upacara HUT ke 40 PT Petrokimia Gresik yang dihadiri oleh Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, beserta Forpimda Gresik lainnya, Komisaris PKG Romulo Simbolon, Direksi dan mantan Direksi PKG, pengurus SKPG, PIKPG, Direksi Anak Perusahaan serta para undangan lainnya. Upacara yang berlangsung di stadion Tri Dharma PKG pada hari Selasa (10/7/12) ini diikuti lebih dari seribu karyawan / karyawati PKG dan Anak Perusahaan.

Pada kesempatan tersebut, Dirut mengajak kita semua untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas berkah dan rahmatNya jugalah, PT Petrokimia Gresik dengan segala pasang surutnya hingga kini di usianya yang ke 40 tahun tetap berdiri tegar, dan berkembang menjadi Pabrik Pupuk Terlengkap Di Indonesia. Di mana dalam perjalanannya, PKG terus melakukan berbagai terobosan inovatif sebagai upaya untuk mendukung kesuksesan pembangunan industri pertanian di tanah air.

PKG sukses melalui perjalanan di tahun 2011 dengan membukukan total asset perusahaan sebesar Rp 11,32 triliun, total nilai penjualan mencapai Rp 16,2 triliun, laba perusahaan setelah pajak Rp 1,075 triliun, dan tingkat kesehatan perusahaan mencapai skor 96 dengan kategori “Sehat AAA”.

Prestasi yang berhasil diraih oleh PKG pada tahun 2011, antara lain : memperoleh kriteria “Baik” dalam penilaian Key Performance Indicator (KPI), masuk peringkat “Good Performance” dalam penilaian Program Kinerja Ekselen yang diukur berdasarkan Malcom Baldridge Criteria for Excellence Performance (MBCfEP), meraih kategori “Baik” dalam penilaian Good Corporate Governance (GCG), Peringkat BIRU dalam penilaian PROPER tahun 2010-2011 yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Penghargaan Nihil Kecelakaan (zero accident) dari Bupati Gresik, Gubernur Jawa Timur, dan Kementerian Tenaga Kerja & Transmigrasi Republik Indonesia, dengan capaian 42,5 juta jam kerja aman tanpa kecelakaan. Memperoleh nilai kategori EMAS dalam pengelolaan manajemen K3 yang dilakukan oleh Komite Nasional Responsible Care Indonesia (KN-RCI). Terpilih sebagai Perusahaan PMDN Terbaik II pada Investment Award Perusahaan PMDN Pengprov. Jatim.

Dukungan semua pihak

Dirut mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan buah kerja keras, kedisiplinan, serta kesamaan visi antara karyawan dan manajemen dalam menjalankan program-program perusahaan sehingga tahun 2011 dapat kita lalui dengan baik. Pencapaian kinerja perusahaan selama ini juga tidak terlepas dari dukungan penuh seluruh stakeholders. Oleh karena itu, kepada pemerintah Kabupaten Gresik beserta segenap jajarannya, pimpinan dan anggota Forpimda, Ketua dan anggota DPRD, dan seluruh masyarakat Gresik, serta mitra kerja PKG, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian, bantuan dan partisipasinya dalam menciptakan situasi lingkungan yang kondusif dan sangat mendukung kelancaran operasional perusahaan.

Lebih lanjut Dirut mengharapkan agar pencapaian keberhasilan tersebut semakin memacu kita semua untuk lebih meningkatkan profesionalisme, integritas, serta komitmen kerja untuk terus melakukan continuous improvement sebagai upaya meningkatkan daya saing perusahaan.

Rangkaian upacara HUT ke 40 PKG ini meliputi pemberian penghargaan kesetiaan dan penghargaan prestasi kepada karyawan, pemberian penghargaan kepada pemenang lomba Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3), pelepasan karyawan purna tugas, dan pelantikan karyawan baru sebanyak 178 orang jenjang S-1 dan SLA. Acara pelantikan karyawan baru dilaksanakan dengan cara khas PT Petrokimia Gresik, yaitu dilakukan penyemprotan & pengguyuran kepada karyawan yang dilantik oleh pasukan pemadam kebakaran Petrokimia Gresik.

Selain itu juga dilakukan penyerahan bantuan yang meliputi : Bea Siswa Prestasi kepada 103 siswa SD, SMP dan SMU / SMK ; Bea Siswa Anak Asuh Serikat Karyawan Petrokimia Gresik (SKPG) kepada 357 anak, Bea Siswa Anak Asuh Persatuan Istri Karyawan Petrokimia Gresik (PIKPG) kepada 85 anak, dan Bea Siswa Anak Asuh BMT “Nurul Jannah” Petrokimia Gresik kepada 325 anak; bantuan Biaya Pendidikan bagi Panti Asuhan Yatim dan Pondok Pesantren kepada 35 lembaga; Bantuan pembangunan Sarana Pengelolaan sampah (bank Sampah) “ Meduran Bersatu” Desa Roomo; bantuan Pelestarian Alam (OBIT) kepada sekolah dan desa se-Kabupaten Gresik, yang sampai dengan bulan Juli 2012 sudah diserahkan sebanyak 50 ribu bibit pohon penghijauan; bantuan Pembangunan Makam Ngipik, dan bantuan pembuatan Sumur Resapan untuk Desa Suci dan Yosowilangon.

Pada acara ini Dirut PKG juga menyerahkan penghargaan Kinerja K3 Terbaik Kontraktor kepada PT Ume Persada Indonesia (UPI) yang diterima oleh Tanto, Manager UPI Gresik. (Hartono)

Berita Terbaru

On Site Visit Evaluation SNI Award 2019
17 Sep 2019
On Site Visit Evaluation SNI Award 2019
17 September 2019 10:01 / Humas PG / 61
Move Forward Periode Agustus 2019
17 Sep 2019
Move Forward Periode Agustus 2019
17 September 2019 09:54 / Humas PG / 52
Pelelangan Bersama Jasa Distribusi Pupuk Menggunakan Angkutan Darat
16 Sep 2019
Pelelangan Bersama Jasa Distribusi Pupuk Menggunakan Angkutan Darat
16 September 2019 09:18 / Humas PG / 43
NPK Petro Nitrat Tingkatkan Panen Jeruk Siam Madu di Kab. Karo
12 Sep 2019
NPK Petro Nitrat Tingkatkan Panen Jeruk Siam Madu di Kab. Karo
12 September 2019 19:30 / Humas PG / 73