Bea Siswa S-1 Full Cover Untuk Siswa Berprestasi

09 Februari 2012 10:48 / Humas PKG / 61
Kegiatan bimbingan belajar (Bimbel) 15 siswa yang lolos seleksi tahap pertama Petrokimia Education Care yang berlangsung di Ganesha Operation kemarin (06/02) berjalan lancar. Bimbel sebagai persiapan untuk mengikuti ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ini memang wajib diikuti oleh 15 siswa tersebut, mulai 25 Januari 2012 sampai dengan H-2 pelaksanaan SNMPTN.
Petrokimia Education Care adalah salah satu program peduli pendidikan yang dicanangkan oleh Petrokimia Gresik (PKG) pada tahun 2012. Program ini diluncurkan sebagai wujud komitmen perusahaan untuk ikut meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar pabrik, melalui sektor pendidikan.
Program pemberian bea siswa S-1 ini ditujukan kepada siswa SMA kelas XII yang berprestasi namun dari keluarga kurang mampu, agar mereka dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan demikian, nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai bekal kerja yang hasilnya dapat menopang kebutuhan ekonomi keluarga. Sehingga ada peningkatan taraf hidup dan upaya untuk memutus rantai kemiskinan dapat diwujudkan. Kegiatan ini adalah bagian dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dikelola oleh Dep. KBL PKG. Program ini berlangsung atas kerja sama perusahaan dengan pihak sekolah.
Soft opening Petrokimia Education Care ini dilakukan oleh Dep. KBL PKG di ruang Seroja pada tanggal 19 Januari 2012. Pada kesempatan ini PKG mengumumkan 15 siswa yang berhasil lolos seleksi tahap pertama yang meliputi seleksi administrasi oleh pihak sekolah, wawancara orang tua dan siswa calon penerima bea siswa, serta survei lapangan oleh PKG. 15 siswa tersebut masing- masing 5 siswa dari SMAN 1 Gresik, SMAN 1 Manyar, dan SMAN 1 Kebomas. Selanjutnya 15 siswa ini mendapatkan bimbingan belajar sebagai persiapan mengikuti ujian SNMPTN. Semua biaya bimbel dan ujian SNMPTN ditanggung oleh PT. Petrokimia Gresik.
Seleksi Ketat
Saat mengikuti SNMPTN, 15 siswa calon penerima bea siswa S-1 ini diarahkan untuk memilih jurusan yang ada di lima Perguruan Tinggi Negeri, yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).
Jika berhasil lolos SNMPTN di PTN tersebut, mereka akan mendapatkan bea siswa S-1 full cover dari PT. Petrokimia Gresik (PKG), antara lain meliputi biaya akomodasi serta fasilitas pendukung perkuliahan. Keberlangsungan pemberian bea siswa S-1 ini dengan ketentuan pencapaian IP dan IPK minimal 3 (tiga) per semester dengan kehadiran lebih dari 80 %. Bea siswa akan diberikan selama 8 (delapan) semester untuk jurusan non Kedokteran dan 12 (dua belas) semester bagi yang kuliah di Fakultas Kedokteran.
Manager KBL Petrokimia Gresik, Dupi Madya Ardiono, menegaskan bahwa calon penerima bea siswa ini telah melewati seleksi yang sangat ketat. Mereka terpilih bukan karena memiliki kedekatan dengan pihak internal perusahaan.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Gresik, Suyatno, berharap agar program ini terus ada dan bertambah besar jumlahnya. “Ini adalah amanat sekaligus tantangan bagi anak-anak,”ujarnya. ( Hartono)

Berita Terbaru

Pelelangan Bersama Jasa Distribusi Pupuk Menggunakan Angkutan Darat
16 Sep 2019
Pelelangan Bersama Jasa Distribusi Pupuk Menggunakan Angkutan Darat
16 September 2019 09:18 / Humas PG / 19
NPK Petro Nitrat Tingkatkan Panen Jeruk Siam Madu di Kab. Karo
12 Sep 2019
NPK Petro Nitrat Tingkatkan Panen Jeruk Siam Madu di Kab. Karo
12 September 2019 19:30 / Humas PG / 56
Petrokimia Gresik Komitmen Capai Proper Emas
06 Sep 2019
Petrokimia Gresik Komitmen Capai Proper Emas
06 September 2019 08:34 / Humas PG / 101
Raih Dua Penghargaan di Anugerah Humas Indonesia 2019
02 Sep 2019
Raih Dua Penghargaan di Anugerah Humas Indonesia 2019
02 September 2019 09:34 / Humas PG / 154