Think Safety Act Safely

21 Februari 2012 15:23 / Humas PKG / 808
Lomba poster K3 yang berlangsung di GOR Tri Dharma PT Petrokimia Gresik (PKG), Rabu (15/2) berlangsung gayeng. Sambil melukis, para peserta dihibur oleh alunan musik live bergenre pop, bosanova, jazz, dangdut, keroncong, dan campur sari yang dibawakan oleh penyanyi tamu maupun para penyanyi dadakan.
Lomba melukis berdurasi 3 jam yang pembukaannya dilakukan oleh Manager LK3, Nanang TS, ini diikuti oleh 64 orang karyawan PT Petrokimia Gresik dan anak perusahaan. Pelaksanaan lomba dibagi menjadi dua kategori, yaitu melukis secara manual diikuti oleh 54 peserta, dan 10 peserta lainnya memilih melukis dengan media komputer.
Dalam rangka pembudayaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di seluruh jajaran perusahaan serta mengisi kegiatan bulan K3 Nasional tahun 2012, PT Petrokimia Gresik menyelenggarakan kegiatan-kegiatan promotif dan edukatif melalui berbagai lomba K3.
Pelaksanaan lomba melibatkan semua pihak yang berkepentingan dengan kegiatan perusahaan, meliputi karyawan PT Petrokimia Gresik, Anak Perusahaan, Kontraktor, dan Subkontraktor, serta siswa dan mahasiswa yang sedang melakukan praktek kerja industri (prakerin) di PT Petrokimia Gresik.
Lomba yang dilaksanakan adalah jenis lomba yang dibutuhkan karyawan dan perusahaan dalam menghadapi kondisi darurat.Selain itu juga bersifat memberikan motivasi kepada karyawan agar berperilaku sehat.
Berbagai lomba tersebut adalah lomba pemadaman kebakaran (PMK) beregu 6 orang dengan komandan regu minimal Pejabat Eselon III, Breathing Aparatus (BA) beregu 2 orang, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) beregu 5 orang.
Sedangkan lomba perorangan meliputi Lomba Poster K3, Karya tulis, Kompetisi Pola Hidup Sehat
(PHS), dan Penunjang Pola Hidup Sehat (PPHS).
Pelaksanaan lomba dalam rangka K3 Nasional 2012 di PT Petrokimia Gresik ini secara resmi dibuka oleh Direktur Produksi (Dirprod) PT Petrokimia Gresik, Mulyono Prawiro di Fireground (6/2), dan akan berlangsung sampai bulan Maret 2012. Pembukaan secara resminya ditandai dengan penyerahan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) oleh Direktur Produksi kepada wakil TimPIKPG dan Tim Produksi II.Selain itu juga dimeriahkan oleh demo pemadaman kebakaran parit besar oleh Tim Kompartemen Pabrik II yang beranggotakan Pejabat Eselon I, II, III, demo PPGD oleh Tim SMAN 1 Manyar dan SMKN 1 Cerme, serta demo pemadaman kebakaran X-Maxtree oleh tim Departemen Pemeliharaan I.
Pada kesempatan tersebut,Dirprod, Mulyono Prawiro, menegaskan agar kita semua bersungguh – sungguh memperhatikan kondisi tempat kerja dan kaidah – kaidah K3, baik prosedural maupun operasional.
“Hal–hal yang belum standard safety harus segera dibenahi. Debu di pabrik harus kita minimalkan bahkan kalau bisa dihilangkan agar produktivitas dapat meningkat“, ujar Dirprod.
Lebih lanjut Dirprod mengingatkan bahwa perhitungan Jam Kerja Aman (JKA) PT Petrokimia Gresik juga melibatkan seluruh tenaga kerja, kontraktor dan subkontraktor PT Petrokimia Gresik.Untuk itu safety harus nomor satu sebelum kerja.
Mengenai pelaksanaan lomba, Dirprod mengharapkan harusnya tahun depan gaung K3 lebih besar lagi, “Supaya terekspose lebih luas, pembukaannya jangan di sini (Fireground) tetapi di GOR Tri Dharma saja ”, tegas Dirprod
Hasil lomba dalam rangka Bulan K3 Nasional 2012 di PTPetrokimia Gresik dengan jargon “Think Safety Act Safely“ ini sebagai berikut :
Lomba Poster K3 Komputerisasi : Juara I :Gita Bina-Kompartemen Riset, Juara II :Anis Sofyan – Dep. Cangun. Manual : Juara I :Didik – PT Petrosida , Juara II :Tunggul B – Dep. PPK, Juara III: Rudy A – Dep. PPK, Harapan I: Agus Anto – Dep. Pengelolaan Pelabuhan, Harapan II: Khoirul – Dep. Produksi III
Lomba PMK, BA, dan PPGD berlangsung di Fire ground tanggal 6 – 10 Februari 2012, diikuti oleh 48 regu, dengan hasil sebagai berikut :
Lomba PMK :Juara I, II, III masing – masing diraih oleh : Dep. Pemeliharaan III, Dep. Produksi II, Dep. Pemeliharaan I.
Harapan I : Dep. Produksi II A, Harapan II : Dep. PTPetrokimia Kayaku
Lomba BA :Juara I : Dep. Pemeliharaan I, Juara II : Dep. Produksi II B, Juara III A : Dep. Produksi II A
Harapan I : Dep. Personalia, Harapan II : Dep. Inspeksi Teknik
Lomba PPGD :Juara I : Dep. Pemeliharaan I,Juara II : Dep. Organisasi dan Prosedur, Juara III: K3PG
Harapan I : Dep. Produksi II A, Harapan II : Dep. Teknologi Informasi.
Lomba Karya Tulis K3, PHS, PPHS sampai berita ini ditulis masih dalam tahap penilaian. (Hartono)

Berita Terbaru

Petrokimia Gresik Boyong Lima Penghargaan Sekaligus Dalam Ajang APQO
17 Oct 2019
Petrokimia Gresik Boyong Lima Penghargaan Sekaligus Dalam Ajang APQO
17 Oktober 2019 17:05 / Humas PG / 23
Petrokimia Gresik Raih Platinum Dalam Perlindungan Konsumen
17 Oct 2019
Petrokimia Gresik Raih Platinum Dalam Perlindungan Konsumen
17 Oktober 2019 16:57 / Humas PG / 28
Petrokimia Gresik Jalin Kerja Sama Dengan Polda Jatim
11 Oct 2019
Petrokimia Gresik Jalin Kerja Sama Dengan Polda Jatim
11 Oktober 2019 14:01 / Humas PG / 79
Petrokimia Gresik Teken Kerja sama Dengan PEPI
10 Oct 2019
Petrokimia Gresik Teken Kerja sama Dengan PEPI
10 Oktober 2019 08:26 / Humas PG / 67