Tahun Ini Gresik Raih Adipura, 5 Adiwiyata dan Adiwiyata Mandiri

06 Juni 2012 09:50 / http://gresikkab.go.id/ / 2199x dilihat

Tahun ini Kabupaten Gresik memborong penghargaan di tingkat Nasional. Selain Adipura, ada 5 penghargaan Adiwiyata dan Adiwiyata Mandiri. Rencananya setelah dari Jakarta, penghargaan tersebut akan dikirap mengellingi kota pada hari rabu.

Menurut kepala Kantor Lingkungan Hidup Kab Gresik Ir. Tugas Husni Sarwanto, ada 34 kota sedang se Indonesia yang tahun ini mendapat Piala Adipura termasuk Kab Gresik. Peraihan Adipura ini tak lepas dari dukungan dan peran serta masyarakat yang sadar akan sampah di lingkungan masing-masing. Demikian juga peran serta ibu-ibu PKK sangat mendukung sekali, karena merekalah yang mempunyai pasukan paling banyak dan paling bawah, jadi keberhasilan meraih Piala Adipura bukan semata-mata dari Peran Pemerintah Daerah, tapi peran serta masyarakat yang sangat dominan.

Demikian juga Bank sampah yang telah tersedia di beberapa Desa/Kelurahan juga sebagai salah satu penyumbang keberhasilan Adipura. Untuk tahun ini selain Adipura juga ada 5 sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata yaitu SD Semen Gresik, SMPN I Gresik, SMPN 3 Gresik, SMA Kebomas dan SMK Semen Gresik, serta SD Petrokimia yang meraih Adipura Mandiri.

Sementara itu ketua TP PKK Kab Gresik Hj Maria Ulfa Sambari HR merasa senang karena kiprah selama ini mampu menghasilkan yang terbaik khususnya kebersihan di tingkat Desa/kelurahan, selama ini sosialisasi terkait dengan kesadaran kebersihan terus di dengungkan, mulai dari dasa wisma hingga di tingkat RT sampai di tingkat Desa/kelurahan, kami bersama ibu-ibu pengurus tak bosan-bosannya Turun ke bawah (Turba) untuk mejadi contoh, demikian juga di setiap pertemuan kami juga tak bosan-bosannya menyarahkan ibu-ibu untuk memerangi sampah, jangan membuang sampah sembarangan, buanglah sampah sesuai dengan jenisnya yaitu sampah Organik dan sampah an organik, beliau juga mengingatkan bahwa sampah bisa menjadi musuh dan sampah bisa juga dimanfaatkan. Untuk itulah manfaatkan sampah sesuai jenisnya, seperti sampah organik, untuk pupuk dan sampah an Organik bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tangan. Sekali lagi dengan keberhasilan Kab Gresik meraih Adipura, ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan semakin meningkat. (dwi)

http://gresikkab.go.id/

Berita Terbaru

25 Feb 2021
GEMA Petrokimia Gresik Raih Dua Gold Winner InMA 2021
25 Februari 2021 09:54 / Komunikasi Korporat PG / 78x dilihat
19 Feb 2021
Petrokimia Gresik Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Di Jombang dan Pati
19 Februari 2021 16:24 / Komunikasi Korporat PG / 95x dilihat
18 Feb 2021
Petrokimia Gresik Pastikan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Sesuai Ketentuan Pemerintah
18 Februari 2021 17:41 / Komunikasi Korporat PG / 179x dilihat
17 Feb 2021
Budi Wahju Soesilo Diangkat Menjadi DKU Petrokimia Gresik
17 Februari 2021 07:47 / Komunikasi Korporat PG / 208x dilihat