Rombongan Siswa Mengenal Nusantara Berkunjung ke PG

04 Agustus 2016 23:22 / Humas PG / 1074

Sebanyak 20 pelajar Kelas XI Sekolah Menengah Umum (SMU) sederajat asal Sulawesi Tenggara berkunjung ke PT Petrokimia Gresik (PG), Kamis (4/8/2016). Kedatangan pelajar itu dalam rangka program Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2016. Rombongan disambut di Ruang Seroja.

Wahyudi, Sekretaris Perusahaan (Sesper) PG dalam sambutannya berharap para pelajar yang berkunjung ini bisa mengenal PG dengan baik, serta memahami kota Gresik secara umum.

"Kesempatan SMN ini adalah pengalaman yang sangat baik. Tolong dimanfaatkan semaksimal mungkin," ujar Sesper.

Sesper memberikan pembekalan singkat mengenai sejarah PG. Sekaligus menginformasikan jika PG dianggap sebagai pioner dalam Research Based Company atau perusahaan berbasis riset.

"Segala informasi tolong digali semaksimal mungkin. Apalagi nanti apa yang diperoleh adik-adik pelajar ini dijadikan sebagai laporan," kata Sesper.

Selain itu, Sesper juga menjelaskan singkat terkait Gresik, dimana Gresik dikenal sebagai Kota Industri dan Kota Religius.

Selain itu, Sesper berpesan, agar para pelajar yang hadir memiliki jiwa pemberani. Khususnya berani bertanya ketika ada yang kurang dipahami. Karena Indonesia sering kalah dalam kompetisi tingkat internasional lantaran kurang berani.

Pimpinan Rombongan, Ahmad Yunan menyampaikan, SMN tahun ini Sulawesi Tenggara mendapat kesempatan untuk datang dan mengenal potensi yang ada di Jawa Timur, salah satunya di Gresik dan Petrokimia Gresik.

"Nanti apa yang didapat para pelajar ini akan disampaikan kepada teman-temannya di sekolahnya masing masing," ujar Pimpinan Rombongan.

Pelajar yang hadir ini adalah perwakilan dari 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara. Satu kabupaten/kota diwakili satu atau dua pelajar. Mereka dipilih melalui serangkaian tes.

Sebanyak 18 pelajar dari sekolah umum, dua lainnya dari Sekolah Luar Biasa (SLB). Pelajar ini didampingi lima pendamping. Dua guru untuk mendampingi siswa SLB, dua untuk pelajar lainnya, serta satu perwakilan dari Dinas Pendidikan Sulawesi Tenggara.

Para peserta SMN selanjutnya mendengar presentasi seputar PG dari Departenmen Corporate Social Responsibility (CSR) PG, kemudian diskusi. Setelah itu, rombongan juga diajak keliling ke pabrik PG serta ke Kebun Percobaan (Buncop) PG. Para pelajar juga diajak berkunjung ke makam Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim.

SMN 2016 adalah angkatan kedua. Pelaksanaan kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia.

Tujuan dari program ini untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara, melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan.*/isp.-

Berita Terbaru

Pelelangan Bersama Jasa Distribusi Pupuk Menggunakan Angkutan Darat
16 Sep 2019
Pelelangan Bersama Jasa Distribusi Pupuk Menggunakan Angkutan Darat
16 September 2019 09:18 / Humas PG / 6
NPK Petro Nitrat Tingkatkan Panen Jeruk Siam Madu di Kab. Karo
12 Sep 2019
NPK Petro Nitrat Tingkatkan Panen Jeruk Siam Madu di Kab. Karo
12 September 2019 19:30 / Humas PG / 51
Petrokimia Gresik Komitmen Capai Proper Emas
06 Sep 2019
Petrokimia Gresik Komitmen Capai Proper Emas
06 September 2019 08:34 / Humas PG / 97
Raih Dua Penghargaan di Anugerah Humas Indonesia 2019
02 Sep 2019
Raih Dua Penghargaan di Anugerah Humas Indonesia 2019
02 September 2019 09:34 / Humas PG / 150