Rendahnya Gizi Balita Juga Menjadi Tantangan Ketahanan Pangan

17 Oktober 2016 13:46 / Humas PG / 5640x dilihat

PT Petrokimia Gresik (PG) menggelar seminar bertajuk "Menggagas Ketahanan Pangan dalam Era Globalisasi" di Wisma Kebomas PG, Senin (17/10/2016). Hadir sebagai pembicara Ketua Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia, Prof. Bustanul Arifin. Moderator seminar Sekretaris Perusahaan (Sesper) PG, Wahyudi.

Dalam seminarnya, Prof Bustanul Arifin menyampaikan tantangan pangan di masa mendatang tidak hanya pada aspek fisik saja atau supply and demand, tapi juga VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity) yang merupakan gambaran situasi bisnis saat ini, kemudian pola konsumsi pangan yang berubah. Tantangan lainnya adalah Indonesia masih terfokus pada pajale (padi, jagung, dan kedelai), selanjutnya rendahnya kualitas dan status gizi. Terakhir adalah masalah rantai nilai pangan.

Dari sejumlah tantangan itu, Prof. Bustanul Arifin menitikberatkan pada perubahan pola konsumsi, serta rendahnya kualitas dan status gizi balita.

Penulis 39 buku itu mengungkapkan pola konsumsi mulai berubah, ini terjadi secara global. Survei di Cina, saat ini anak-anak banyak diberikan makanan siap saji, termasuk juga snack.

Sedangkan, pemenuhan konsumsi pangan lain terutama protein dan vitamin di Indonesia sangat rendah, lebih rendah dibandingkan konsumsi pulsa dan rokok. Dampak dari dua tantangan itu adalah rendahnya tingkat gizi balita. Jumlah balita kurang gizi di Indonesia masih 20 persen. Ini akan berefek pada daya saing bangsa.

“Ketahanan pangan bukan hanya urusan supply dan demand, tapi juga urusan gizi balita. Jangan memperhatikan fisik, tapi juga kualitas. Harus dipaksa ada indikator baru dalam ketahanan pangan, tidak hanya berapa produksi beras, tapi juga kualitas, ketersedian protein dan lainnya,” tandasnya,

Direktur Pemasaran (Dirsar) PG, Meinu Sadariyo dalam sambutannya mengatakan, seminar ini diadakan untuk memberikan penyegaran, motivasi, serta stimulasi ide ketahanan pangan di PG. Ketahanan pangan menjadi isu strategi di era globalisasi.

“Suatu gagasan perlu dirumuskan agar ketahanan pangan bisa tercapai. Untuk itu di hari pangan dunia 16 Oktober 2016, PG memiliki peran dalam mewujudkan ketahanan pangan, maka kita adakan seminar menuju kemandirian pangan,” tandas Dirsar.

Setelah memberi sambutan, Dirsar langsung membuka seminar. Ikut hadir dalam seminar Direktur Keuangan (Dirkeu) PG, Pardiman; Direktur Produksi (Dirprod) PG, I Ketut Rusnaya; Direktut Teknik dan Pengembangan (Dirtekbang) PG, Arif Fauzan. Seminar ini diikuti pejabat grade I dan II PG.*/isp.-

Berita Terbaru

24 Mar 2024
Petrokimia Volleyball Academy Menjadi Tim Putri Pertama yang Menjuarai Nusantara Cup
24 Maret 2024 20:50 / Komunikasi Korporat PG / 760x dilihat
22 Mar 2024