Pupuk ZA Subsidi Kini Berwarna Orange

04 Maret 2013 11:28 / Humas PKG / 9763x dilihat

Berbagai upaya untuk mempersempit ruang gerak

penyelewengan pupuk subsidi terus dilakukan. Setelah memberi warna pink pada pupuk Urea subsidi, kini PT

Petrokimia Gresik (PKG), sebagai satu-satunya produsen pupuk ZA subsidi di

Indonesia, menginisiasi pewarnaan orange

pada pupuk ZA. Hal ini dilakukan untuk

membedakan antara pupuk ZA subsidi dan ZA non subsidi, sehingga akan

mempermudah pengawasannya.

Acara peluncuran dan sosialisasi pupuk ZA subsidi dengan warna orange kepada perwakilan kios, distributor, petani, dinas pertanian, wartawan, dan unit terkait berlangsung di Wisma Kebomas, Sabtu (23/2). Sosialisasi pupuk ZA orange ini antara lain dihadiri oleh Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Sumarjo Gatot Irianto, Deputi Kementerian BUMN Bidang Industri Primer, M Zamkhani, Direktur Industri Kimia Dasar Kementerian Perindustrian, F Tony Tanduk, Dirut PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) Arifin Tasrif, Dirut PKG Hidayat Nyakman, Dirut Pusri Palembang, Musthofa, dan Direktur Pemasaran PIHC, Koeshartono.

Dirut PKG Hidayat Nyakman menyebutkan bahwa penyaluran pupuk ZA subsidi perlu diawasi agar kuantum yang disalurkan sesuai dengan peraturan pemerintah, dimana pada tahun 2013 PKG ditugaskan untuk memproduksi dan menyalurkan 1 juta ton ZA subsidi kepada petani di seluruh Indonesia. Dengan adanya pewarnaan, diharapkan penyimpangan pupuk ZA subsidi dapat ditekan. “Penyimpangan pupuk ZA bersubsidi ke pasar non-subsidi selama ini diindikasikan akibat tidak adanya perbedaan fisik butiran antara pupuk subsidi dan non-subsidi,” ujarnya.

Secara teknis, PKG akan memasang alat pewarnaan ini di pabrik, dan nantinya di Distribution Center (DC) yang ada didaerah-daerah. “Saat ini PKG memiliki 6 Distribution Center yang tersebar di Indonesia. Namun yang akan kami pasang alat pewarna ini hanya di 5 tempat yaitu Cigading, Banyuwangi, Medan, Lampung dan Makasar, masing-masing akan dipasang 2 unit,” tambah Dirut PKG Hidayat Nyakman. (Edri/Hartono)


Berita Terbaru

10 Jul 2020
Petrokimia Gresik Raih Dua Penghargaan Anugerah BUMN 2020
10 Juli 2020 16:47 / Humas PG / 45x dilihat
10 Jul 2020
Rahmad Pribadi : Petrokimia Gresik Menuju Related Diversified Industry
10 Juli 2020 12:40 / Humas PG / 52x dilihat
08 Jul 2020
Petrokimia Gresik Anggarkan Rp41,8 Miliar Untuk Bantu UMKM Di Tahun 2020
08 Juli 2020 09:00 / Humas PG / 56x dilihat
06 Jul 2020