PKG Melaunching 4 Produk Baru

28 Juni 2013 14:01 / Humas PKG / 4917x dilihat

Direktur Utama PT

Petrokimia Gresik (PKG) Hidayat Nyakman, tadi pagi (28/6/13) membuka secara

resmi Petro

Agrifood Expo (PAE) 2013. Pembukaan ini dihadiri jajaran Direksi dan

pejabat eselon I dan II PKG, Pengurus

PIKPG, Pengurus SKPG, Direksi Anak Perusahaan, Kepala UPT Pengawasan &

Sertifikasi Benih Jawa Timur, Forpimda dan Kepala UPT Dinas terkait Kabupaten

Gresik serta undangan lainnya.

PAE 2013 yang berlokasi di Kebun Percobaan, Kompartemen Riset PKG, Jalan Notoprayitno ini akan berlangsung selama 3 (tiga) hari pada tanggal 28-30 Juni 2013. PAE dalam rangka HUT PT Petrokimia Gresik ke 41 ini dibuka mulai pukul 8 pagi sampai dengan jam 4 sore. Kegiatan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh karyawan PKG dan masyarakat Gresik sebagai sarana wisata agro bersama keluarga, dengan melihat langsung beberapa fasilitas riset yang tersedia di buncob PKG. Selain itu juga dapat dijadikan ajang pertukaran informasi tentang teknologi dalam dunia pertanian.

Peserta PAE 2013 sebanyak 52 stand, terdiri dari Dinas Pertanian Kabupaten Gresik, PKG beserta Anak-anak Perusahaan, Kelompok Tani binaan PKG, petani binaan distributor PKG, dan perusahaan swasta yang bergerak di bidang produk pertanian dan olahan.

Dalam sambutannya, Dirut PKG Hidayat Nyakman mengatakan bahwa penyelenggaraan PAE ini sudah menjadi kalender rutin tahunan PKG, berkaitan dengan peringatan HUT perusahaan. Tujuannya adalah untuk mengekspose hasil-hasil kegiatan riset dan uji coba aplikasi produk PKG agar lebih dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama bagi petani dan peminat pertanian.

Pada kesempatan ini, Dirut PKG Hidayat Nyakman juga melaunching 4 produk baru hasil kegiatan riset PKG, yaitu Petrochili varietas KLG 13 dan KLG 18, Fit Rice, NPK Kebomas khusus untuk tembakau, dan Petro Kalsipalm pupuk mikro majemuk untuk tanaman kelapa sawit. Petrochili adalah produk benih cabe merah unggul dengan kualitas terjamin. Sedangkan Fitrice adalah beras fungsional dengan indeks glikemik rendah, sehingga cocok bagi penderita diabetes, dan membantu diet bagi penderita obesitas.

Dirut menyampaikan bahwa kegiatan riset di PKG selain ditujukan pada inovasi dan pengembangan varian jenis pupuk anorganik dan organik, juga melakukan pengembangan probiotik untuk ternak dan perikanan, benih tanaman pangan dan hortikultura, serta pengolahan hasil tanaman. “ Hal ini dikarenakan PT Petrokimia Gresik selalu berusaha untuk mendiversifikasi bidang usahanya agar mencakup seluruh sub sistem dalam kegiatan pertanian”, ungkapnya.

PKG sebagai produsen pupuk terlengkap di Indonesia mempunyai kewajiban moral untuk melakukan edukasi kepada petani tentang cara budidaya tanaman yang baik, serta pentingnya pemupukan yang dilakukan secara tepat dan benar (pemupukan berimbang). Sosialisasi pemupukan berimbang dilakukan di berbagai daerah, disertai dengan demplot uji coba aplikasi pupuk. “Program-program yang digagas pemerintah dalam upaya peningkatan ketahanan pangan seperti GP3K menjadi perhatian kami, guna meningkatkan hasil yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani”, tegas Dirut.

Rangkaian kegiatan PAE 2013 meliputi bazar aneka hasil pertanian, unggulan, perkebunan, produk olahan, saprodi pertanian, tanaman hias, pameran produk, sarasehan, serta konsultasi gratis bidang pertanian, perikanan, peternakan, pupuk dan pemupukan berimbang. Serta produk-produk hasil inovasi yang telah dihasilkan oleh PT Petrokimia Gresik.

Pengguntingan rangkaian bunga oleh ibu Direktur Komersil PKG Dwi Hartiningrum Nugroho Purwanto menandai pembukaan PAE 2013 ini. (Hartono)


Berita Terbaru

12 Aug 2022
Satu Tahun Bergulir, Program Mangga Petrokimia Gresik Berhasil Pulihkan Ekonomi Rakyat Tumbuh Lebih Cepat
12 Agustus 2022 12:00 / Komunikasi Korporat PG / 59x dilihat
11 Aug 2022
Cegah Krisis Pangan, Petrokimia Gresik Dorong Generasi Muda Terjun dan Optimalkan Produktivitas Pertanian
11 Agustus 2022 18:00 / Komunikasi Korporat PG / 56x dilihat
09 Aug 2022
Petrokimia Gresik Gelar One Day Promotion untuk Memperkuat Produksi Pertanian di 19 Provinsi
09 Agustus 2022 16:00 / Komunikasi Korporat PG / 56x dilihat
06 Aug 2022
Dorong Terciptanya Lingkungan Sehat di Delapan Desa/Kelurahan Sekitar Perusahaan
06 Agustus 2022 08:27 / Komunikasi Korporat PG / 61x dilihat